SEO: apa itu SEO?

Pengertian SEO ?

SEO yang memiliki kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah strategi digital marketing yang bertujuan untuk menampilkan website atau blog Anda di posisi teratas hasil pencarian google untuk kata kunci (keyword) pilihan Anda. Hal ini bertujuan agar Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna search engine google

Fungsi SEO?

Fungsi SEO adalah meningkatkan trafik website secara pelan tapi pasti. Ya, SEO tidak hanya menawarkan keuntungan dari sisi brand awareness bagi pemilik website saja, tetapi membawa trafik organik yang dapat dipertahankan dan layak di mata Google.

Situs web yang dioptimasi tidak selamanya langsung mendapatkan trafik yang tinggi. Perlu berbagai macam pengerjaan yang terhitung pelik tapi seru. Dalam melakukan optimasi SEO, tidak hanya menentukan keywords mana yang ingin dioptimasi tetapi juga harus melihat siapa target market dari produk perusahaan, konten yang ingin berikan, manfaat user, dsb. Kalau sudah begini, berarti sudah saatnya masuk ke dalam pembahasan cara kerja dari SEO.

Cara Kerja SEO

Ada lima poin utama dalam cara kerja SEO, yaitu:

1. Crawling

Crawling dari mesin pencari dilakukan untuk mengumpulkan berbagai informasi dari setiap halaman website atau blog tersebut. Mesin pencari Google tentunya selain mempunyai algoritma juga memiliki crawler atau spider juga.

2. Indexing

Indexing dilakukan untuk membuat indeks seluruh informasi dari setiap halaman atau page suatu website lalu disimpan ke dalam database mesin pencari.

3. Processing

Processing adalah proses ketika orang orang mengetik satu kata kunci (keyword) di mesin pencari. Kemudian Google akan melakukan processing untuk membandingkan kata kunci yang dimasukkan pengguna internet dari setiap halaman website yang sudah tersimpan dalam database.

4. Calculating Relevancy

Calculating Relevancy menjadi proses cara kerja selanjutnya karena ketika orang sudah memasukkan kata kunci yang ingin dicari, mesin pencari akan mulai melihat website mana yang paling relevan. Tentunya dari setiap halaman yang sudah terindeks oleh crawler.

5. Retrieving Result

Retrieving Result adalah hasil yang paling relevan dari kata kunci yang sudah dimasukkan. Anda pasti sudah akrab dengan hal ini karena hasil itulah yang muncul di layar dengan berbagai website paling relevan dengan keyword tersebut.

Proses untuk mendapatkan peringkat yang baik untuk dapat muncul di halaman pertama google secara organik pun bukan perkara mudah karena tidak hanya harus mengetahui algoritma Google saja. Anda juga harus sering membuat konten dengan kaidah SEO yang baik. Kalau sudah melakukan teknik SEO yang baik, sudah seharusnya dalam hasil pencarian Google, halaman website Anda bisa masuk.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.