BAHAYA – BAHAYA PENGGUNAAN WIFI PUBLIK

Internet merupakan suatu teknologi yang dizaman sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Internet dirasa sangat penting untuk mendukung aktivitas keseharian. Bukan hanya itu, sekarang muncul alat untuk mempermudah koneksi internetpun sudah banyak disekitar kita, contohnya WIFI. WIFI adalah wireless fidelity yang merupakan jaringan standar yang dipakai untuk jaringan lokal atau diarea tertentu. Jarak cakupan wifi beragam, jangkauan wifi pada umumnya mencapai 22 meter.

Penggunaan internet pastinya beragam seperti browsing, main game, bermedia sosial, sampai melakukan transaksi jual beli, namun dibalik kegunaan WIFI yang beragam, ada bahaya dibalik itu, contohnya yaitu penggunaan wifi public, banyak sekali tempat-tempat umum yang menyediakan koneksi WiFi gratisan, mulai dari cafe, hotel, hingga bandara, semuanya sudah menyediakan fasilitas ini. Tapi sebagai pengguna WiFi publik, tentu saja harus sedikit berhati-hati karena koneksi menggunakan WiFi publik tidak sepenuhnya aman. Sambungan wifi publik rentan dimasuki hacker sehingga data dan informasi pribadi dapat diambil atau perangkat atau gadget dapat dengan mudah terkena virus.

Berikut hal – hal yang sebaiknya jangan dilakukan Ketika sedang mengakses jaringan wifi publik, yaitu :

  1. Mengakses M-BANKING

hacker selalu punya cara yang cerdas dan canggih untuk membobol informasi dari mereka yang menggunakan wifi gratis. Dengan menggunakan wifi publik akan dapat membahayakan keamanan dari informasi keuangan.

  • Berbelanja di e-commerce dengan memasukkan data kartu kredit

Berbelanja di e-commerce menggunakan WiFi public tidak salah, tapi sebaiknya metode pembayarannya via ATM atau minimarket saja. Hindari melakukan pembayaran di e-commerce dengan menggunakan kartu kredit saat sedang memakai koneksi WiFi publik.

  • Login email atau akun media sosial

 ID dan password login email harus dijaga kerahasiaannya. Saat menggunakan WiFi publik sebaiknya hindarilah melakukan login ke akun email, tentu saja hal ini untuk mencegah pencurian dan penyalahgunaan data pribadi.

  • Mengakses data kantor

Data-data kantor juga merupakan salah satu yang harus kamu jaga kerahasiaannya kan? Kamu sudah tahu dong kalau WiFi publik sangat rawan pencurian data? Untuk menghindari penyalahgunaan data-data kantormu yang seharusnya rahasia itu, tentu saja sebaiknya kamu tidak menggunakan WiFi publik saat mengaksesnya. Tidak hanya hacker yang harus kamu waspadai saat kamu mengakses data kantor di tempat umum.

  • Download aplikasi

Mendownload aplikasi menggunakan WIFI publik juga bisa bikin laptop atau ponsel terkena virus, Untuk urusan download lebih baik menggunakan jaringan yang jelas atau kuota milik sendiri.

Berikut cara aman menggunkan wifi publik dari Ahli

Menurut Yerry ada sejumlah cara agar aman:

1. Tidak asal connect ke Wifi, terutama saat berada di area publik. Pastikan hanya terkoneksi ke jaringan yang benar. Dia menyarankan untuk mencermati nama wifi sebelum terhubung.

2. Pakai aplikasi VPN Menurut Yerry, cara ini terbilang aman. Aplikasi ini akan mengacak IP dan membungkus kiriman pesan-pesan yang dikirim ke internet. “Pakai saja VPN yang gratis, baca reviewnya sebelum menginstall,” tutur Yerry.

3. Untuk transaksi keuangan seperti akses ke tabungan, aplikasi bayar online, atau bahkan online shop, sebaiknya tidak menggunakan wifi gratis. Jika terpaksa, pastikan menggunakan VPN.

“Tanpa VPN pesan yang kita kirim lewat wifi akan terbaca seperti surat tanpa amplop alias transparan,” kata Yerry.

Sumber :

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/21/150000465/bahaya-asal-pakai-wifi-gratis-di-publik-ini-cara-aman-dari-ahli?page=all

https://www.idntimes.com/tech/trend/indra/6-aktivitas-yang-mending-gak-kamu-lakukan-saat-pakai-wifi-umum

Link Youtube terkait artikel diatas :

Nama : Claudia Kintani Audi

NIM: 7101420055

ROMBEL : Literasi digital dan kemanusian, Hari Rabu, jam 13.00

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.