Inovasi Teknologi untuk Kelestarian Lingkungan

Saat ini, masalah lingkungan merupakan suatu tantangan yang serius. “Terhadap tantangan lingkungan yang kita hadapi, kita gunakan sains untuk dijadikan manfaat bagi pembangunan Indonesia sehingga berbagai masalah diatasi, banjir bisa diatasi, sumber energi bisa diatasi, dan segala macam dengan pola menggunakan sains dan teknologi,” kata mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Kependudukan itu, kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 6 Januari 2020.

Dalam menghadapi permasalahan lingkungan ini sangat diperlukan SDM unggul yang mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan, menciptakan dan menggunakan teknologi dan inovasi, disertai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Perkembangan teknologi pembangunan abad sekarang sangatlah pesat sehingga menuntut manusia harus lebih ketat memilih dan mengolah bahan bangunan sesuai dengan teknologi yang ada. Perkembangan teknologi modern tidak bisa dihindari dalam kehidupan. Teknologi modern merupakan sebuah inovasi yang diciptakan untuk memudahkan melakukan segala macam aktivitas. Fenomena ini dapat memberikan dampak terhadap kelestarian lingkungan.

Lingkungan hidup adalah jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang ditempati. yang mempengaruhi kehidupan manusia beserta tingkah perbuatannya. Lingkungan hidup sebagai semua benda dan kondisi termasuk manusia dan perbuatannya yang terdapat dalam ruang tempat manusia berada dan mempengaruhi hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya (UUD, 2009: 1-3).

Penggunaan teknologi bukan hanya sekedar mengetahui proses penggunaannya saja, melainkan harus mengetahui prinsip penggunaan teknologi tepat guna. Menjaga lingkungan yang asri, bersih dan tentunya membawa dampak sehat untuk semua elemen masyarakat memang sutu hal yang tidak mudah namun perlu dilakukan.

Bukan hanya menjaga dan merawatnya, namun perlu adanya keselarasan antara lingkungan dan penggunaan teknologi bagi lingkungan. Kemajuan teknologi akibat dari kemajuan cara berpikir manusia terus berkembang sehingga menghasilkan pemikiran yang mampu menjadikan suatu konsep yang menguntungkan bagi manusia maupun lingkungan.

Inovasi teknologi dapat dijadikan salah satu solusi untuk pemecahan masalah lingkungan yang terjadi. Bukan hanya untuk memecahkan masalah, namun juga bisa untuk mencegah terjadinya masalah pada lingkungan. Inovasi teknologi yang dapat digunakan untuk kelestarian lingkungan yaitu inovasi teknologi ramah lingkungan.

Salah satu contoh inovasi teknologi ramah lingkungan yaitu teknologi ramah lingkungan dalam pembangunan, seperti pemilihan bahan bangunan ramah lingkungan, konstruksi hijau sistem bangunan yang ramah lingkungan dan teknologi tepat guna bagi sistem bangunan. Contoh lain inovasi teknologi untuk kelestarian lingkungan yaitu perkembangan teknologi informasi lingkungan dan inovasi teknologi dibidang pertanian.

Teknologi Ramah Lingkungan dalam Pembangunan

Penggunaan bahan bangunan dalam proses pembangunan biasa menggunakan bahan yang berasal dari alam. Namun saat ini, telah ada untuk membuat bumi ini tetap hijau, lestari dan berkelanjutan, misalnya dengan tidak menebang pohon sembarangan, melakukan gerakan menanam 1000 pohon, membuang sampah pada tempatnya dengan memisahkan sampah yang terurai dan tidak terurai serta melakukan daur ulang material. Penggunaan bahan material sangat berperan besar dalam pelaksanaan konstruksi bangunan yang ramah lingkungan.

Aplikasi dari bangunan ramah lingkungan biasanya disebut juga dengan konstruksi hijau (green construction), yakni pada tahap perencanaan terlihat pada beberapa desain konstruksi yang memperoleh award sebagai desain bangunan yang hemat energi, yaitu sistem bangunan yang didesain agar mengurangi pemakaian listrik untuk pencahayaan dan tata udara. Selain itu berbagai terobosan baru dalam dunia konstruksi juga memperkenalkan berbagai material struktur yang saat ini menggunakan limbah sebagai salah satu komponennya, seperti pemakaian flyash, silica fume pada beton siap pakai dan beton pra cetak. Selain itu terobosan sistem pelaksanaan konstruksi juga memperkenalkan material yang mengurangi ketergantungan dunia konstruksi pada pemakaian material kayu sebagai perancah.

Konsep konstruksi berkelanjutan menekankan peningkatan efisiensi dalam penggunaan air, energi, dan material bangunan mulai dari desain, pembangunan, hingga pemeliharaan bangunan.

Teknologi Informasi Lingkungan

Secara umum, manfaat teknologi informasi yaitu memudahkan dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi. Kegunaan akan teknologi informasi dapat dirasakan manfaatnya bila TI dikelola dengan cara yang baik dan bertanggung jawab. Apabila TI dapat dikelola dengan baik, TI dapat membantu menyelesaikan permasalahan lingkungan. Misalnya dengan mengakses cara pemeliharaan lingkungan melalui salah satu program teknologi infomasi.

Inovasi teknologi dibidang Pertanian

Bidang pertanian merupakan salah satu sumber kerusakan lingkungan apabila menggunakan bahan-bahan kimia yang menyebabkan cemaran lingkungan. Cemaran pestisida maupun logam berat di lahan pertanian bisa diminimalisasi melalui inovasi teknologi yang inovatif dan ramah lingkungan seperti urea berlapis arang aktif/biochar, biochar-kompos, biopestisida, fitoremediator, Filter inlet outlet, alat deteksi cepat residu pestisida (PURP), dan lain-lain. biochar atau arang aktif digunakan untuk mengikat atau menyaring kontaminan terlarut dalam air baik berupa kontaminan organik maupun anorganik serta pengotor lainnya. Bahan pembuatan biochar berasal dari limbah pertanian seperti sekam padi, tongkol jagung, tempurung kelapa, tandan kosong kelapa sawit, dan lain-lain. Penggunaan arang aktif sebagai filter lebih tinggi kemampuan serapan kontaminannya dibandingkan dengan biochar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 2 = 3