Mengkonfigurasi Akses Point Untuk Akses Internet Dan Setting Agar Berfungsi Sebagai VPN Server

Kelompok 5
1. Ikhsan Rahmatdhanu 4612421007
2. Yassar Ghinata 4612421010
3. Annisa Fitria Nurdina 4612421019
4. Helmy Firdyastro 4612421033
5. Bela Sisilia 4612421048

Perkembangan teknologi telah membantu dan memudahkan banyak pekerjaan manusia. Keberadaan teknologi juga telah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari kita semua. Semua bidang kehidupan manusia telah menggunakan teknologi sebagai basis untuk melaksanakan pekerjaannya. Mulai dari bidang kesehatan yang telah memanfaatkan kecerdasan buatan atau Artifical Intellegence (AI) dalam perawatan kesehatan pasiennya. Bidang bisnis yang telah memunculkan adanya e-commerce sehingga pelanggan dapat berbelanja dengan mudah dari rumah. Juga bidang-bidang kehidupan lainnya yang telah menerapkan teknologi yang ada.

Selain itu keberadaan internet juga menjadi penunjang penggunaan teknologi yang ada. Tanpa adanya internet yang memadai, perangkat-perangkat teknologi yang ada tidak akan dapat dipergunakan dengan maksimal. Maka dari itu, perangkat teknologi yang ada dan internet yang memadai adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Contoh dari pentingnya internet adalah ketika seorang pekerja tidak dapat datang ke kantor secara langsung dan harus menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin, maka ia dapat mengerjakannya dari manapun asalkan di tempat tersebut terdapat akses internet. Dalam kasus seperti itu seorang karyawan dapat menggunakan VPN kantor untuk mengakses data perusahaan saat bekerja jarak jauh.

Maka dari itu, kami akan memberikan sedikit tutorial dari bagaimana membangun sebuah VPN server dengan menggunakan access point. Berikut alat dan cara untuk membuat jaringan VPN kantor menggunakan akses point.

Alat-Alat yang diperlukan:

  1. Perangkat Laptop
  2. Router Mikrotik
  3. Adapter Router Mikrotik
  4. 2 Kabel LAN
  5. IP Public
Router Mikrotik
Kabel LAN
Adapter Router

Sebelum memasuki penjelasan mengenai langkah-langkah dalam mengkonfigurasi access point dan membuat VPN server, kami akan menjelaskan mengenai beberapa hal lain yang harus disiapkan. Selain itu, kamu juga akan memberikan penjelasan mengnai fungsi dari hal-hal tersebut.

Access Point

Access Point merupakan sebuah perangkat yang membuat Wireless Local Area Network, atau WLAN, yang biasanya digunakan di kantor atau gedung yang besar. Access point terhubung ke router kabel dan switch melalui Ethernet kabel. Alat ini digunakan untuk memproyeksikan sinyal Wi-Fi ke area yang telah ditentukan.

VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah sebuah jaringan komputer dimana koneksi antar perangkat memanfaatkan jaringan publik sehingga hanya memerlukan koneksi internet di masing-masing situs. VPN menciptakan jalur yang aman dari dalam gedung ke seluruh web. VPN dirancang untuk melindungi pengguna secara online. Perpindahan data melalui jaringan VPN dienkripsikan, sehingga akses aman melalui koneksi publik dan melindungi data dari peretasan yang tidak sah.

PPTP (Point to Point Tunnel Protocol)

Point to Point Tunnel Protocol merupakan salah satu service yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan VPN. Koneksi PPTP terdiri dari Server dan Client. Mikrotik RouterOS dapat berfungsi baik sebagai server maupun client atau bahkan keduanya.

Topologi

Pada contoh kali ini akan menggunakan topologi sebagai berikut. Terdapat perangkat server berupa router dengan IP 172.16.1.0/24 dan laptop sebagai perangkat client dengan IP 10.1.1.2.

Konfigurasi PPTP Server

Setelah mengetahi beberapa perlengkapan yang diperlukan, sekarang kami akan menjelaskan secara singkat bagaimana cara mengkonfigurasi access point dan membuat sebuah VPN server. Namun sebelum itu, kita harus menyiapkan sebuah software yang bernama WinBox untuk mengkonfigurasi router mikrotik yang kita pakai.

Enable PPTP Server – Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan PPTP server. Buka aplikasi WinBox yang sudah kita download sebelumnya. Lalu masuk pada menu PPP > Interface > PPTP Server. Gunakan profile “Default-encryption” agar jalur VPN terenkripsi.

Secret – Pada tahap ini, kita bisa menentukan username dan password untuk proses autentikasi client yang akan terkoneksi ke PPTP server.

Local Address – adalah alamat IP yang terpasang pada router (PPTP Server) setelah link PPTP terbentuk.

Remote Address – adalah alamat IP yang akan diberikan kepada Client setelah link PPTP terbentuk.

Mobile Client Client PPTP tidak harus menggunakan Router. Sebuah perangkat dari Remote Client dapat terkoneksi VPN ke Router.

Konfigurasi PPTP Client

Setelah mengkonfigurasi PPTP server, selanjutnya kita akan mengkonfigurasi PPTP pada pihak client. Sebelum itu pastikan jika perangkat yang dijadikan sebagai client dapat mengakses internet.

Langkah 1 – Masuk pada menu Network an Sharing Center.

Langkah 2 – Masuk pada menu VPN dan akan muncul VPN yang sudah dibuat.

Langkah 3 – Masuk pada menu Advanced options pada VPN yang kita buat.

Langkah 4 – Setelah memasuki menu Advanced options lakukan edit pada Connection properties. Ubah nama VPN, server address, dan password sesuai dengan apa yang sudah di setting pada PPTP server.

Langkah 5 – Setelah mengatur connection properties kita dapat langsung melakukan connecting pada VPN yang sudah dibuat. Selanjutnya VPN sudah dapat digunakan.

Untuk mengetahui langkah-langkah dalam mengkonfigurasi Access Point dan membuat VPN Server, kalian dapat menonton video tutorial yang sudah kelompok kami buat melalui link dibawah ini. Semoga apa yang dibuat oleh kelompok kami bermanfaat dan dapat membantu permasalahan dalam mengkonfigurasi access point dan membuat VPN server.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 56 + = 57