Pemanfaatan Goodreads dalam Meningkatkan Komunitas Literasi

Ketika mengetikkan satu judul buku di kolom pencarian google, sering kali kita menemui alamat www.gooreads.com di hasil pencarian teratas. Lantas platform apakah sebenarnya goodreads ini? Goodreads pada dasarnya adalah situs jaringan sosial yang mengkhususkan pada katalogisasi buku. Bagi sebagian orang yang belum paham, mungkin banyak yang mengira goodreads adalah situs untuk membaca buku secara online. Nyatanya goodreads bahkan tidak menyediakan ‘buku’ itu sendiri di dalamnya, terkecuali buku yang sudah menjadi public demand contohnya seperti Romeo and Juliet dan Pride and Prejudice yang bisa kita download dari goodreads dalam bentuk e-book.


Fitur yang paling menonjol dari goodreads adalah sumber informasi dari hampir semua judul buku yang pernah ada mencakup cover, versi, sinopsis, juga beragam ulasan dari para pembaca. Selain memberi ulasan, para pengguna juga bisa mengunggah informasi judul buku yang tidak tersedia di amazon.com sebagai sumber utama bagi tiap informasi buku yang tersedia di goodreads.


Di kolom my books para pengguna bisa mengatur ‘bookshelf’ dengan mengunggah daftar buku dan mengelompokkanya berdasarkan genre, buku yang sudah dibaca, atau buku yang ingin dibaca. Bookshelf ini nantinya akan ditampilkan di profil pengguna yang juga menampilkan informasi pribadi dan deretan buku favorit pengguna tersebut.


Situs yang tersedia dalam bentuk web page dan app ini juga mempunyai fitur layaknya sosial media lain seperti friend, group, maupun discussion. Goodreads memungkinkan para penggunanya yang merupakan para penulis dan pembaca buku dari seluruh dunia untuk saling terhubung. Kita bisa menambahkan teman untuk mengetahui update buku apa yang sedang dibaca, review atau komentar terbaru apa yang diberikan dan mendapatkan pembaharuan pemberitahuan di halaman utama secara up to date. Kita juga bisa mencari pengguna lain yang mempunyai referensi atau selera bacaan yang sama dengan menggunakan fitur compare book yang tentunya akan memudahkan kita dalam mencari referensi buku yang akan dibaca selanjutnya. Dengan mengetahui update progres pengguna lain kita bisa semakin termotivasi untuk semakin banyak membaca buku.


Melalui fitur group para pengguna bisa memanfaatkannya sebagai sarana menemukan komunitas sefrekuensi. Para pengguna bisa memfilter pencarian group berdasarkan genre yang diminati seperti romance, fiction, literature dan lain-lain. Di dalam group tersebut para pengguna bisa saling merekomendasikan buku juga menanggapi maupun membuka diskusi terkait topik tertentu.


Goodreads juga mengadakan beberapa even seperti Goodreads Book Challenge dan Goodreads Choice Awards. Dengan adanya Goodreads Book Challenge para pengguna bisa menargetkan berapa banyak buku yang harus dibaca dalam setahun dan mengupdate seberapa banyak kita telah menyelesaikannya. Bersama dengan pengguna lain kita bisa lebih temotivasi untuk menyelesaikan tantangan tersebut.
Setiap tahun goodreads mengadakan voting untuk memilih buku terbaik yang medapat perhatian paling banyak pada tahun tersebut. Voting dilakukan secara bertahap sesuai kategori buku. Para pengguna bisa menyumbangkan suara untuk buku yang dinilai menarik dan patut diapresiasi.


Dengan berbagai fitur yang bisa dinikmati, goodreads memberi kenyamanan bagi para penggunaanya khususnya para penikmat buku untuk masuk sepenuhnya dalam dunia perbukuan. Jika di dunia nyata jarang menemui orang lain dengan ketertarikan yang sama, maka dunia maya menjadi jalan lainnya. Walau hanya secara virtual, tapi interaksi semacam ini sangat berarti.

Syarifah Nur Halima – 2201421059

https://youtu.be/23QsKFY0TEM

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 6 + = 15