Membangun Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Literasi Digital

Literasi Digital merupakan kemampuan untuk memahami sebuah informasi, mampu berpikir inovatif dan kritis jika dihadapkan dengan sebuah informasi baru yang diterima dari sebuah forum, artikel, web, atau komunitas tertentu. Literasi digital merupakan program yang diharapkan dapat menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis dan kreatif.

            Namun, sangat sedikit dari masyarakat yang tahu tentang apa itu literasi digital dan pentingnya mengetahui tentang literasi digital. Seruan literasi digital masih sangat asing ditelinga masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka yang tidak mempedulikan etika dalam bertukar informasi didunia maya. Anggapan bahwa bersosial media itu adalah sebuah hiburan, lantas banyak dari masyarakat yang tidak memperhatikan norma dan aturan-aturan dalam bersosial media.

            Salah satu tantangan tersulit bangsa ini adalah membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi digital. Tidak bisa dianggap remeh, faktanya banyak kasus-kasus pelanggaran UU ITE yang berangkat dari kurangnya pemahaman masyarakat mengenai Literasi Digital. Bahkan hal ini juga bisa mengancam kesatuan bangsa. Maka dari itu perlu adanya edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya literasi digital. Pemerintah bisa ikut bekerja sama dengan stasiun TV, portal berita, dan sebagainya untuk ikut menyerukan dan memberi pemahaman terhadap masyarakat mengenai literasi digital. Dengan adanya edukasi dan sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih cermat dalam mengolah suatu informasi yang mereka dapatkan, serta tidak mudah termakan oleh isu provokatif, hoaks atau penipuan yang berbasis digital. Membangun budaya literasi butuh banyak peran aktif masyarakat didalamnya karena hal itu sangat penting untuk mengukur keberhasilan literasi digital di Indonesia.

Link Video Youtube : https://youtu.be/RKuZtew0qFg

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 18 = 26