Mendorong Kreativitas Masyarakat dengan UMKM bidang Pangan Berupa Telur Asin

Kreativitas masyarakat saat ini memang sangat penting, terutama pada era revolusi industri seperti sekarang. Generasi muda dan juga masyarakat harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan tuntutan ekonomi yang terjadi. Oleh karena itu kemampuan dan kreatifitas sangat dibutuhkan agar kita dapat bertahan di era revolusi industri ini. Salah satu contoh bentuk kreatifitas masyrakat di bidang ekonomi yaitu UMKM Telur Asin Otara yang berada di Kecamatan Gunungpati Kabupaten Semarang.

Kalian pasti tidak asing lagi dengan olahan telur bebek yang telah di vermentasi. Olahan tersebut bernama Telur Asin. Telur asin merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Brebes. Meskipun demikian, olahan tersebut telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan tiap daerah produksi memiliki ciri-ciri masing-masing. Di Semarang lebih tepatnya di Kelurahan Sekaran terutama Dusun Banaran, terdapat beberapa warga yang melakukan usaha kecil (Mikro) dirumah masing-masing yaitu pembuatan “Olahan Telur Aneka Rasa” atau telur asin Otara. Kualitas olahan yang dihasilkan dapat diandalkan dan sudah rendah kolesterol.

Sumber: fimela.com

Oalahan terur asin aneka rasa atau otara ini bersifat perorangan, dari wawancara dengan narasumber yaitu pengrajin telur asin yang ada di Kampung Otara tersebut, masih di lingkup keluarga yang telah diwariskan oleh keluarganya (turun temurun). Meskipun masih bersifat perorangan, dalam proses pembuatannya, pengrajin telur asin memanfaatkan warga setempat untuk membatu proses pembuatan olahan telur asin tersebut.

Keberhasilan dari pemasaran usaha sering kali tidak luput dengan berbagai tantangan yang telah di hadapi. Meskipun demikian, perkembangan usaha dari telur asin otara ini mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini disebabkan beberapa faktor pendukung seperti tidak adanya saingan bisnis (pengrajin telur asin) di sekitar kampung tersebut, produk olahannya tidak mengalami penurunan omset di setiap situasi tertentu, memiliki klien atau komsumen tetap dalam pemasarannya dan lainnya. Dalam promosi dan pemasaran kreatifitas dan juga kemampuan masyarakata dalam memasarkan produk sangat ditekankan. Terutama dalam pengemasan produk. Desain produk yang unik dapat menarik minat konsumen untuk mencoba dan membeli produk ini. Kemajuan teknologi juga dapat dimanfaatkan sebagai media dalam promosi dan pemasaran. Dengan memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi sehingga banyak konsumen yang tertaik untuk membeli produk ini.

Dengan mendorong kreatifitas masyarakat dengan kegiatan usaha, kemandirian masyarakat juga lebih terjamin dalam urusan ekonomi. Selain itu meningkatakan kreatifitas masyarakat dengan pelatihan dan juga pembinaan juga dapat memajukan kesejahteraan, hal ini karena masyarakat yang telah terampil akan dapat memulai usahanya sendiri sesuai dengan minat dan juga ide masing-masing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 27 − 25 =