Pemanfaatan Electronic Word of Mouth sebagai Strategi Terkini pada E-commerce Shopee

Shopee merupakan sebuah platform belanja online yang memberikan kemudahan konsumen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Platform ini cukup populer di Indonesia karena kemudahan-kemudahan yang telah diberikan untuk melakukan transaksi jual-beli produk. Dari remaja hingga dewasa sudah dapat melakukan pembelian produk hanya melalui aplikasi Shopee pada gadget. Produk yang dipesan akan sampai ke alamat konsumen rata-rata hanya membutuhkan waktu 2-4 hari. Produk yang dijual pada platform shopee dapat dijangkau seluruh Indonesia. Hal ini mendorong adanya strategi terkini yang disebut Electronic Word of Mouth (e-wom).

Electronic word of mouth adalah salah satu strategi marketing untuk memasarkan suatu bisnis dari mulut ke mulut melalui media internet. Pemanfaatan Electronic Word of Mouth memiliki peranan penting untuk menaikkan traffic Shopee agar menguasai pasar di Indonesia. Dibandingkan dengan e-commerce lainnya, Shopee memiliki kemampuan menguasai pasar dengan cukup efektif.

Manfaat word of mouth bagi e-commerce Shopee antara lain;

  • Mendapatkan promosi gratis

Hal ini dapat dilihat pada isi media sosial saat ini dengan adanya rekomendasi rekomendasi para netizen yang membeli produk pada platform Shopee, maka secara tidak langsung ia memberikan promosi gratis untuk orang lain membeli pada platform Shopee.

  • Membantu menaikkan traffic Shopee

Word of mouth akan berdampak pada angka kunjungan ke situs web dan pengguna aplikasi e-commerce Shopee. Hal tersebut karena persaingan e-commerce di Indonesia sangat ketat.

  • Cerminan performa pelayanan yang baik

Adanya word of mouth akan memberikan persepsi masyarakat bahwa performa pelayanan pada platform Shopee sangat baik.

  • Membangun kepercayaan yang baik di mata masyarakat sebagai e-commerce yang aman

Hal ini cukup penting karena banyak masyarakat yang masih belum percaya adanya belanja online. Adanya word of mouth inilah masyarakat mulai beralih dari belanja secara tatap muka langsung ke online karena kemudahan dan keamanan yang dapat dipercaya.

Shopee memberikan strategi yang cukup menarik perhatian konsumen dan calon konsumen agar tertarik dan loyal kepada platform Shopee sehingga menimbulkan adanya e-wom. Hal ini dikarenakan Shopee sering memberikan promosi yang sangat menarik, seperti fitur gratis ongkir, diskon, cashback, dan strategi terbaru dari shopee adalah Shopee affiliate.

Shopee affiliate dalam era sekarang ini sedang naik daun. Hal ini membuat masyarakat yang berprofesi sebagai influencer atau memiliki followers lumayan banyak dengan engagement baik akan memberikan keuntungan karena sistem bagi komisi yang akan diberikan shopee kepada affiliator.

Link Youtube: https://youtu.be/BhEbESq_jkA

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 70 − 61 =