Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia

Pada zaman ini manusia tidak bisa terlepas dari teknologi bahkan mereka tidak bisa hidup tanpa teknologi. Kemajuan teknologi terus berkembang lebih canggih dari masa ke masa.  Kemajuan teknologi dibarengi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki, manusia berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai teknologi yang lebih canggih lagi. Bahkan sebelumnya tidak ada satupun manusia yang berpikiran akan menciptakan teknologi tersebut. Berkat inovasi dan kreativitas, manusia mampu menciptakan teknologi yang belum pernah tercipta. Teknologi tercipta untuk membantu kehidupan manusia dan menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi manusia. Sudah banyak teknologi canggih yang tercipta dan berhasil mengatasi permasalahan yang dialami manusia. 

Kemajuan teknologi tidak selalu memberikan pengaruh yang positif. Kemajuan teknologi juga dapat memberikan pengaruh negatif jika salah dalam memanfaatkannya. 

1. Pengaruh Positif Kemajuan Teknologi

a. Kehidupan manusia semakin maju

Kehidupan manusia mengalami perkembangan dari zaman ke zaman. Zaman sekarang, manusia bisa melakukan berbagai kegiatan serba online. Seperti belanja online, melakukan pembayaran secara online, bekerja secara online, dan masih banyak lagi. 

b. Memberikan kemudahan pada kehidupan manusia

Teknologi memberikan dampak yang positif bagi kehidupan manusia. Banyak teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Contohnya alat transportasi yang diciptakan untuk mempermudah mobilitas manusia.  Di masa lalu, manusia mengalami kesulitan ketika akan melakukan perjalanan yang jauh. Mereka menggunakan kendaraan tradisional yang ditarik dengan tenaga manusia atau hewan. Jika tidak memiliki kendaraan, mereka akan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Zaman sekarang, sudah terdapat alat transportasi yang mampu menempuh jarak jauh dalam waktu singkat. 

c. Mempermudah dan mempersingkat pertukaran informasi

Kemajuan teknologi juga memberikan dampak positif terhadap proses pertukaran informasi. Pertukaran informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Dengan adanya internet, kita dapat terhubung satu sama lain dan proses pertukaran informasi dapat berlangsung cepat walaupun terpisah jarak. Sehingga kita dapat mengakses informasi dari berbagai negara sekalipun. 

2. Pengaruh Negatif Kemajuan Teknologi

a. Mengalami kecanduan

Teknologi memberikan kenyamanan dan kesenangan bagi manusia. Namun, jika manusia tidak bisa mengendalikan hasratnya untuk terus menggunakan teknologi maka akan memberikan dampak buruk. Contohnya seperti seseorang yang terus-menerus menggunakan smartphone sehingga sering lupa makan dan tidur maka akan mengganggu kesehatannya. 

b. Cyber crime

Banyak orang yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan cara yang salah dan tidak bertanggung jawab. Sehingga muncul ancaman kejahatan siber atau cyber crime di dunia maya. Cyber crime adalah tindakan ilegal yang dilakukan oleh pelaku kejahatan dengan menggunakan teknologi komputer dan jaringan internet. Pelaku kejahatan ini bisa membobol perangkat teknologi beserta data dari korban. Contoh kejahatan dari cyber crime yaitu phising, cracking, spoofing, pemalsuan identitas, dan lainnya.

c. Diperalat teknologi

Teknologi diciptakan untuk mempermudah segala urusan manusia. Hampir semua kegiatan manusia dibantu dengan adanya teknologi. Tidak heran jika ada manusia yang tidak bisa hidup tanpa adanya teknologi. Jika manusia terlalu bergantung dengan keberadaan teknologi, manusia tersebut akan mudah diperalat oleh teknologi.

d. Anti sosial

Dunia maya atau juga disebut ruang siber adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal balik secara online. Dengan adanya dunia maya kita bisa tetap berkomunikasi dengan orang yang jaraknya sangat jauh sekalipun. Berselancar di dunia maya secara berlebihan akan membuat kita jarang berinteraksi di dunia nyata. Semakin sering berinteraksi di dunia maya, maka semakin sedikit interaksi yang dilakukan di dunia nyata.

Terciptanya teknologi adalah untuk mempermudah segala urusan manusia. Teknologi tercipta didasari pada permasalahan yang dialami oleh manusia. Manusia harus bijak dan bertanggung jawab terhadap penggunaan teknologi. Kemajuan teknologi memberikan dampak positif dan negatif bagi manusia. Tergantung dari diri manusia sendiri yang menggunakannya. Jika teknologi ditujukan untuk hal yang negatif maka dampaknya akan memperburuk kehidupan manusia. Jika untuk hal yang positif dapat dipastikan kehidupan manusia akan aman dan damai. Jangan sampai manusia hanya mengikuti hawa nafsu sehingga menyalahgunakan teknologi. 

Link YouTube: https://youtu.be/a_jmej-vD24

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 3 = 3