Pemanfaatan Goal Line Technology Dalam Sepakbola

Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan oleh sebelas pemain dalam satu tim serta dimainkan di atas lapangan. Lapangan sepak bola memiliki dua area yang berbeda di depan gawang, yaitu area gol dan area penalti. Pada area gol memiliki 2 garis yang ditarik ke dalam lapangan dengan jarak 5,5 meter dari kedua sisi gawang. Kemudian 2 garis ini dihubungkan lagi dengan garis lurus sejajar kanan dan kiri sepanjang 5,5 meter juga. Area gol ini terletak di dalam area penalti. Area penalti juga memiliki standar ukurannya sendiri. Ukuran area penalti ini ditarik dua garis sejajar dari samping ke gawang ke dalam lapangan sepanjang 16,5 meter. Ukuran dari sisi gawang ke garis penalti ini sepanjang 11 meter. Kedua garis ini dihubungkan dengan garis lain sepanjang 40,3 meter. Dalam sepak bola, teknologi garis gawang (bahasa Inggris: goal-line technology, sering disingkat GLT) merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menentukan bilamana bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dengan bantuan berbagai perangkat elektronik dan pada saat yang sama membantu wasit dalam menyatakan sebuah gol telah terjadi atau tidak. GLT tidak ditujukan untuk menggantikan peran wasit dan para hakim garis, tetapi lebih membantu mereka dalam membuat keputusan di lapangan pertandingan.

Dalam sepak bola, teknologi garis gawang (bahasa Inggris: goal-line technology, sering disingkat GLT) merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menentukan bilamana bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dengan bantuan berbagai perangkat elektronik dan pada saat yang sama membantu wasit dalam menyatakan sebuah gol telah terjadi atau tidak. GLT tidak ditujukan untuk menggantikan peran wasit dan para hakim garis, tetapi lebih membantu mereka dalam membuat keputusan di lapangan pertandingan. GLT harus memberikan sebuah indikasi yang jelas mengenai apakah bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dan informasi ini nantinya berperan untuk membantu wasit dalam membuat keputusan akhir.

Dilatarbelakangi oleh beberapa keputusan kontroversial pada sejumlah pertandingan Liga Utama Inggris, Piala Dunia FIFA 2010, dan Euro 2012, FIFA (yang sebelumnya menolak penggunaan teknologi ini), melakukan pengujian terhadap beberapa kandidat potensial untuk teknologi garis gawang. Dari sembilan buah sistem yang diuji pada tahap awal, hanya dua buah sistem yang bertahan.Cara menggunakan GLT itu adalah menggunakan 14 kamera yang bisa memproyeksikan gawang dalam bentuk tiga dimensi. Ini yang kita saksikan di Premier League. Tujuh kamera menyorot masing-masing gawang. Tujuh kamera ini men-track di mana bola berada dan memvisualisasikan ke model 3D.

Dampak yang terjadi jika kita memakai GLT adalah apabila ada tim lawan yang mencetak gol danĀ  gol tersebut sangat kontroversial maka wasit bisa memakai GLT dan tidak ada yang mengalami kerugian dari kedua tim.

https://youtu.be/_ktmUYD6554

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.