Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Belajar Sejarah

Media merupakan sebuah perangkat penting dalam sistem pendidikan. Media merupakan sebuah perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran, perangkat yang digunakan biasanya berbentuk pesan, informasi, maupun bentuk fisik yang berkaitan dengan materi yang digunakan dalam pembelajaran. Menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti buku, film, video dan sebagainya.

 Di era globalisasi dimana teknologi dan internet berkembang sangat masif dan cepat, muncul beragam produk teknologi yang dapat dielaborasikan dalam sistem pendidikan. Secara inovatif kemunculan beragam aplikasi yang terintegrasi dengan internet menjadi media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya sebagai media dalam menyampaikan materi yang berkaitan dengan proses pembelajaran.

Sistem pendidikan saat ini dinilai masih konvensional dengan mengandalkan metode ceramah dalam proses penyampaian materi pembelajaran. Menurut Zainal Abidin, sistem pendidikan dan pengajaran pada saat ini masih berpusat pada sistem tatap muka sehingga sistem pembelajaran ini dapat tergantikan dengan adanya sistem pendidikan yang terintegrasi dengan jaringan internet. Salah satu bentuk aplikasi yang terdapat didalam jaringan internet adalah Youtube. Youtube adalah perusahaan penyedia layanan jasa bagi orang-orang yang ingin melihat dan berbagi video mereka melalui internet (Nugroho, 2009). Youtube merupakan platform media sosial yang menyediakan berbagai konten yang tersedia didalam canal yang dapat dibuat oleh orang yang membuat konten atau yang biasa disebut content creator. Pembuat konten ini biasanya menuangkan kreatifitas dan karyanya dalam bentuk video yang beragam dan menarik yang dikategorikan berdasarkan keinginan dan kebutuhan yang dapat dimanfaatkan berdasarkan keinginan dan kebutuhan oleh para penggunanya. Terdapat konten vlog, hiburan, kuliner, otomotif, pengetahuan umum, sejarah hingga edukasi yang dapat diakses dengan mudah oleh penggunanya secara gratis maupun berlangganan (berbayar). Sehingga saat ini sudah banyak berkembang berbagai konten yang dapat menarik minat bahkan mengubah kultur dan budaya setiap orang yang beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Saat ini generasi millenial sering menggunakan berbagai media social tak terkecuali youtube yang menjadi aplikasi bawaan standar yang sudah disediakan dalam setiap gadget. Youtube merupakan media sosial yang perkembangannya sangat cepat dan digemari oleh kalangan muda. Dengan kemudahan dalam menggunakan youtube yaitu mudah diakses, dengan menggunakan laptop, komputer, handphone maupun tablet yang dikoneksikan dengan jaringan internet yang memadai. Sehingga kecenderungan seseorang untuk mencari informasi di aksentuasikan menggunakan youtube yang didalamnya terdapat berbagai informasi yang menarik untuk di tonton. Dalam bidang pendidikan sendiri youtube dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif bila penggunaanya diawasi dan dikontrol oleh kebijakan pendidikan. Pemanfaatan youtube yang mulanya hanya dijadikan sebagai hiburan dapat diproyeksikan menjadi sebuah wadah untuk menyampaikan materi pembelajaran yang dinilai kompleks dan sulit dipahami seperti materi pembelajaran sejarah. Materi yang disampaikan melalui video dapat menjadi alternatif untuk dijadikan sebuah media atau bahan pembelajaran yang dapat digunakan oleh siapa saja baik itu peserta didik, tenaga pendidik maupun masyarakat umum yang ingin menambah wawasannya secara luas.

Dalam youtube terdapat canal yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik seperti guru, dosen, maupun guru les privat untuk menjelaskan materi yang relevan berdasarkan kurikulum yang telah disusun, semua video dapat diklasifikasikan berdasarkan bab dan subbab yang sesuai dengan materi dengan bentuk video dan audio. Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran dapat membantu guru semakin kreatif dan inovatif dalam memberikan suasana baru dalam pembelajaran, guru dapat mengemas materi pembelajaran dengan disertai gambar yang menarik, menyenangkan, interaktif, dan tidak membosankan yang dapat diuplod secara mandiri dalam canal youtube.

Tetapi penggunaan youtube yang berlebihan juga dapat memberikan dampak yang negatif seperi menghabiskan waktu untuk belajar jika penggunaannya tidak diawasi, dapat berkomentar hal-hal yang negatif seperti bentuk hujatan, pencemaran, dan menghina karya video orang lain yang kurang berkaitan dengan pembelajaran. Oleh karenanya meskipun youtube dapat menjadi sebuah media inovatif dalam pembelajaran, tetapi penggunaannya harus efektif dan tetap dalam pengawasan guru di sekolah dan orang tua dirumah sehingga semua pihak harus bekerja sama dalam memberikan suasana baru dalam dunia pembelajaran.

Penjelasan Penggunaan Youtube Sebagai Media Belajar Sejarah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 2 = 3