Peran Guru Dalam Pengenalan Literasi Digital

Literasi digital di Indonesia dinilai masih pada tahapan sedang di Dunia sesuai dengan SIARAN PERS NO. 15/HM/KOMINFO/01/2022. Untuk itu kita harus berusaha untuk meningkatkan literasi digital di Indonesia. Salah satu penyebab rendahnya literasi digital di Indonesia adalah kurangnya minat membaca di Indonesia.

Guru memiliki peran penting untuk bisa merubah kurangnya minat membaca di Indonesia. mengingat, salah satu tugas guru adalah mendidik karakter siswa. Para pelajar adalah generasi penerus bangsa, untuk itu dapat disimpulkan sudah menjadi salah satu tugas bagi seorang guru untuk memperbaiki karakter siswanya termasuk memperbaiki dan membimbing siswa nya terbiasa membaca dan menulis.

salah satu hal yang bisa di lakukan oleh seorang guru adalah menjadi motivator bagi siswanya. kebanyakan siswa di Indonesia merasa membaca dan menulis adalah kegiatan yang membosankan dan membuat mengantuk. peran seorang guru untuk mendorong dan membangkitkan semangat siswa nya.

ada banyak cara yang bisa di lakukan guru untuk memotivasi siswa untuk mau membaca dan menulis. sebagai seorang guru, guru menjadi fasilitator sekaligus penggerak pembelajaran. seorang guru dapat membuat agenda membaca dan menulis bersama. secara perlahan membiasakan siswa nya untuk membaca dan menulis.

Guru juga mempunyai kewajiban untuk memastikan siswa mendapatkan kondisi lingkunga yang nyaman untuk belajar. dalam hal ini, guru dapat mengusahakan memberikan lingkungan yang nyaman bagi siswa untuk menulis dan membaca.

inovasi membaca dan menulis bersama yang di bersamai dengan lingkungan yang nyaman. cepat atau lambat dapat membuat siswa terbiasa dan menyenangi kebiasaan membaca dan menulis. dengan begitu literasi digital di Indonesia akan meningkat.

Link youtube : https://youtu.be/43c6tg6wGxw

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 71 = 76