Pemanfaatan Aplikasi Wattpad  Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca

Saat ini Indonesia menempati ranking ke-62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau menjadi 10 negara terbawah yang mempunyai tingkat literasi rendah berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh Program for International Assessment (PISA) yang dikeluarkan oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2019. Kurangnya fasilitas serta buku bacaan menjadi salah satu penyebab rendahnya minat baca masyarakat Indonesia.

Salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rendahnya minat baca masyarakat Indonesia adalah Wattpad. Wattpad telah menjadi salah satu aplikasi popular dikalangan anak remaja saat ini. Aplikasi Wattpad ini merupakan aplikasi novel online yang memungkinkan penggunanya menemukan karya tulis berupa novel dan cerita pendek yang menarik baik berupa fiksi maupun non fiksi dari penulis di seluruh dunia. Tak mengherankan jika aplikasi ini ramai digunakan. Terdapat berbagai macam genre yang tersedia pada aplikasi ini seperti cerita pendek, chicklit, fantasi, fiksi ilmiah, fiksi penggemar, fiksi remaja, fiksi sejarah, fiksi umum, getaran, horror, humor, klasik, laga, roman, misteri, non fiksi, dan masih banyak yang lainnya.

Aplikasi Wattpad memiliki daya tarik yang cukup besar untuk masyarakat Indonesia terutama bagi remajanya. Banyak masyarakat terutama remaja yang menghabiskan waktu luangnya untuk sekedar membaca cerita yang ada di aplikasi ini.Beragam cerita yang tersedia dalam aplikasi yang bisa dibaca secara gratis menjadikan orang-orang tertarik untuk membaca bacaan yangtersedia dalam aplikasi ini.Faktor ini biasanya digemari oleh para remaja karena banyak cerita yang ada di Wattpad yang berisi cerita fanfiction atau fiksi penggemar yang merupakan cerita fiksi yang berasal dari imajinasi penggemarnya terhadap idola mereka. Sehingga para remaja yang merupakan penggemar dari idola yang diceritakan menjadi sangat tertarik untuk membaca cerita tersebut. Tentu saja hal ini dapat menjadi faktor mengapa aplikasi Wattpad dapat meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Faktor yang terakhir yaitu aplikasi ini memiliki tampilan yg sederhana serta mudah diakses dimanapun dan kapanpun hanya dengan mengunduh aplikasi Wattpad di Play Store.Pada Play Store aplikasi ini menempati posisi ke-3 sebagai aplikasi terpopuler pada kategori buku dan referensi dengan jumlah pengguna sebanyak 100 juta lebih. Jadi berdasarkan data tersebut aplikasi ini bisa dikatakan sangat mampu diterapkan untuk meningkatkan presentase minat baca masyarakat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 24 − 16 =