Peran Teknologi dalam Pembelajaran Masa Kini

Teknologi dari zaman ke zaman dan dari tahun ke tahun sudah banyak berkembang dan sudah sangat banyak perubahan yang terjadi. saat ini, berbagai aktifitas kehidupan manusia dibantu oleh teknologi, bahkan banyak sekali pekerjaan yang sangat bergantung pada teknologi. Kemajuan teknologi tersebut tentunya juga diterapkan pada dunia Pendidikan. Saat ini, proses pembelajaran harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi agar generasi muda tidak gagap teknologi atau biasa disebut gaptek.

Berbagai jenjang Pendidikan harus sudah menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran, bahkan dari Pendidikan paling bawah sekalipun. Untuk mewaujudkan hal tersebut, para tenaga pendidik juga harus mengikuti perkembangan teknologi saat ini agar dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran secara maksimal. Berbagai proses dan metode pembelajaran kuno yang diwarisi oleh generasi sebelumnya harus segera ditinggalkan jika dirasa tidak relevan dengan masa kini dan masa depan.

Sudah seharusnya dunia Pendidikan melek terhadap teknologi yang berkembang saat ini. Saat ini berbagai perusahaan telah menggunakan banyak teknologi untuk membantu memudahkan pekerjaan serta mengefisiensi waktu dan tenaga. Berikut merupakan beberapa teknologi yang dapat berperan penting untuk mendukung proses pembelajaran saat ini.

2. Handphone

Telepon genggam atau telepon seluler atau populernya disebut handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa ke mana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel. Teknologi telepon genggam saat pertama kali diciptakan tahun 1973 sangat berbeda jauh dengan sekarang. Saat ini handphone sudah dapat membantu manusia dalam membantu banyak pekerjaan dan memenuhi berbagai kebutuhan.

Dalam dunia Pendidikan, handphone tidak hanya dapat digunakan digunakan sebagai sarana komunikasi, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran melalui internet, aplikasi, video, dan lain-lain. Berbagai kalangan saat ini sudah menganggap telepon seluler adalah kebutuhan yang wajib, jadi telepon seluler bisa jadi alat yang juga berperan penting dalam pembelajaran masa kini.

2. Komputer

Komputer atau laptop biasanya digunakan dalam hal yang tidak bisa digunakan oleh handphone. Hamper seperti telepon seluler, komputer dapat digunakan untuk mendukung dan membantu pembelajaran, namun komputer dapat melakukan hal yang lebih banyak dan lebih berat daripada telepon genggam. Seperti membuat makalah, belajar menggunakan aplikasi tertentu, yang pada intinya komputer adalah salah satu barang penting yang harus ada dalam dunia Pendidikan agar tidak ketinggalan zaman.

3. Internet

Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia. Jaringan ini tersusun dan terorganisir melalui telepon atau satelit. Dengan internet kita dapat dengan mudah berkomunikasi dan mengakses informasi secara cepat dari seluruh dunia. Hal ini memudahkan kita dalam mencari dan mempelajari berbagai informasi yang ada dan beberapa perkembangan dan perubahan yang terjadi dapat diketahui secara real time.

Beberapa teknologi tersebut merupakan hal yang sangat vital dalam dunia Pendidikan saat ini untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi yang dibuat sejatinya adalah untuk membantu dan meringankan pekerjaan manusia, banyak hal positif dari teknologi yang bisa diterapkan di segala aspek, termasuk Pendidikan. Jadi, teknologi berperan penting dalam proses pembelajaraan masa kini.

Berbagai hal khususnya mencari informasi dapat dengan mudah didapatkan, sehingga proses pembelajaran akan lebih cepat dan lebih efisien. Dengan adanya kemajuan yang sangat pesat terhadap teknologi, diharapkan juga dapat membuat Pendidikan khususnya Pendidikan Indonesia bisa lebih maju dan menciptakan generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 3 + 1 =