PEMANFAATAN SARANA GAME UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT

Kemajuan teknologi pada saat ini memang sedang berkembang dengan sangat cepat. dimulai dari ponsel pintar, mobil listrik, bahkan internet. didunia hiburan juga mengalami peningkatan yang lumayan pesat dan banyak orang yang saat ini mulai merasakan perubahannya. tidak hanya dari kalangan atas bahkan kalangan bawah juga merasakannya.

Disisi lain, rendahanya budaya membaca di Indonesia juga menjadi masalah yang melanda sejak dahulu. kita tahu bahwa literasi di negara Indonesia sangat rendah, bahkan Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2018, Indonesia menempati peringkat ke 71 dari 77 negara, atau merupakan 6 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Gambar 1. Urutan Literasi Seluruh Dunia

Nah, urutan ini menurut saya sangat gawat untuk keberlangsungan perkembangan untuk SDM di Indonesia. padahal buku memegang peranan sangat vital bagi kehidupan manusia. tetapi apakah ada cara untuk meningkatkan literasi bangsa Indonesia dengan cara selain membaca buku, saat inilah yang ingin saya bahas disini. selain perkembangan teknologi, perkembangan sarana hiburang kian meningkat salah satunya adalah video game.

Video game merupakan sebuah permainan online ataupun offline yang dapat dimainkan dibanyak platoform, seperti handphone, laptop, computer, dan banyak lagi. video game pada saat ini juga sedang diminati banyak kalangan dimulai dari anak kecil hingga dewasa. dan saat ini yang paling diminati adalah game android atau game yang berada di handphone.

Banyak orang berpikir bahwa bermain game dapat menyebabkan kebodohan, walaupun pernyataan diatas tidak salah sih. dikarenakan perkembangan game saat ini juga banyak game game yang dapat dijadikan untuk edukasi dan banyak juga game yang memiliki keunikan tersendiri.

Pembahasan saya disini adalah bagaimana cara memanfaatkan sebuah game dengan meningkatkan literasi masyarakat? seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa terdapat game yang memiliki sebuah lore atau cerita. disini kita dapat memanfaatkan itu untuk meningkatkan literasi. saya akan memberikan sebuah contoh, saat ini dikalangan gamer ada salah satu game yang menurut saya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi yaitu adalah Genshin Impact dan Legend Of Runetra (LOR)

Gambar 2. Genshin Impact, Mihoyo, COGNOSPHERE PTE. LTD.

Gambar 3. Legend of runetra, Riotgames

Kedua game ini menurut saya bisa dimanfaatkan, mengapa?. dikarenakan pada kedua game ini memiliki banyak sekali teks yang ada. yang dimana pada game genshin impact setiap karakter memiliki banyak sekali skill yang ada, dan perlengkapannya memiliki status yang berbeda juga adapt membuat pemain dipaksa untuk mengatur atau membaca skill-skill tersebut,

Sama hal nya dengan Legend of runetra, dimana setiap kartu memiliki sebuah skill-skill yang dapat dikombinasi dengan kartu lain membuat pemain dipaksa berpikir untuk mengatur strategi untuk meraih sebuah kemenangan, maka dari itu game-game diatas sangat cocok dimanfaaatkan untuk meningktakan literasi masayrakat. sebenenarnya selain game diatas masih banyak tipe game yang seperti itu. game game yang dapat membantu masyarakat meningkatkan literasi membacanya.

Menurut saya hal ini patut dicoba pemerintah, dikarenakan saat ini banyak kalangan yang menyukai video game. yang dimana hal itu dapat dimanfaatkan sedemikian rupa oleh pemerintah untuk meningkatkan literasi membaca. salah satu cara pemerintah untuk meningkatakn literasi adalah menyuruh anak anak remaja membaca 30 menit sebelum masuk kelas. dibeberapa sekolah sudah menerapkan system ini, yang diharapkan bisa untuk meningkatkan literasi membaca.

Selain video game sebenarnya media social seperti, twitter, youtube, instagram, tiktok juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi. pasalnya pada saat ini banyak konten-konten yang dimana kita harus mencari tahu seluk beluk hal yang ada pada konten tersebut. contohnya saja pembuat konten sejarah dunia, orang-orang yang tidak tahu akan mencari dahulu untuk mengetahuinya.  

Kesimpulannya game online tidak terlalu berpengaruh buruk untuk kehidupan sehari hari, jika digunakan dengan benar dan bijak. jika saja pemerintah memberikan sebuah sarana untuk meningkatkan literasi di Indonesia, mungkin saja Indonesia memiliki SDM yang berkualitas. maka dari itu gunakanlah dengan bijak teknologi untuk meningkatkan SDM di negeri ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 3 + 7 =