Transfigurasi Transaksi dari Uang Tunai ke Layanan E-Wallet

Teknologi digital semakin berkembang dengan pesat dan semakin canggih, salah satunya di bidang financial technology. Transaksi menjadi kegiatan sehari-hari bagi umat manusia sebagai makhluk sosial. Jika biasanya orang membayar dengan menggunakan uang tunai, berkat perkembangan teknologi digital sekarang sudah tersedia fitur layanan E-Wallet atau dompet digital sebagai alat transaksi melalui smartphone.

            E-Wallet atau dompet digital merupakan sebuah perangkat elektronik perkembangan dari financial technology yang memberikan layanan jasa dan berperan dalam proses penyimpanan data sekaligus media transaksi non tunai. E-Wallet berfungsi untuk menyimpan uang secara digital yang digunakan untuk melakukan transaksi baik secara online maupun offline dengan  pemindaian kode QR ataupun memasukkan kode dan alat untuk memverifkasi terhadap suatu aktivitas jual beli.

            Saat ini, di Indonesia sudah tersedia berbagai macam aplikasi E-Wallet yang popular di kalangan masyarakat seperti Gopay, OVO, Dana, ShopeePay, LinkAja dan lain-lain. Kalian dapat dengan bebas menggunakan aplikasi mana saja yang menyediakan fitur sesuai kebutuhan anda. E-Wallet semakin banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan transaksi apalagi disaat era Covid19 kemarin, penggunaan E-Wallet melonjak drastis karena menghindari adanya kontak langsung ketika proses transaksi dengan uang tunai Sebagian besar masyarakat beralih menggunakan layanan E-Wallet.

            Penggunaan E-Wallet sangat membantu menghemat waktu kita karena dapat membantu dalam melakukan transaksi berbagai kebutuhan tanpa perlu keluar dari rumah maupun beranjak dari kursi. E-Wallet menyediakan beberapa fitur transaksi seperti transaksi online, transfer, pembayaran tagihan (PLN, BPJS, PDAM, paket data), pemesanan tiket transportasi, transaksi secara offline. Untuk pengisian saldo E-Wallet pun sangat mudah, dapat melalui M-Banking atau top up langsung ke merchant terdekat.

            Cara pendaftaran akun E-Wallet memang berbeda di setiap aplikasinya. Namun, secara umum langkah pendaftaran akun E-Wallet adalah sebagai berikut :

  1. Unduh aplikasi E-Wallet yang dibutuhkan melalui Play Store atau App Store.
  2. Persiapkan KTP dan no PIN yang akan digunakan.
  3. Masukkan data pribadi seperti nama lengkap, alamat, no ponsel, email, pekerjaan dll.
  4. Submit form, lalu tunggu kode OTP muncul yang dikirimkan melalui email atau no ponsel.
  5. Lakukan verifikasi dan E-Wallet dapat digunakan.

Banyak masyarakat beralih menggunakan E-Wallet karena memberikan banyak manfaat dalam proses transaksi seperti, proses transaksi menjadi lebih cepat, terhindar dari adanya penipuan pembayaran dengan uang palsu, transaksi berjalan dengan lebih aman, transaksi dapat dilakukan kapan dan dimana saja, tersedia mutasi atau riwayat dan kesempatan mendapatkan promo seperti diskon dan cashback lebih besar.

Namun, dibalik kemudahan dan kenyamanan bertransaksi melalui E-Wallet tentu juga memiliki kelemahan yaitu masih ada beberapa E-Wallet yang membebankan biaya transaksi, membuat pengguna menjadi lebih konsumtif karena terlena akan kemudahan dan promo yang ditawarkan, saldo yang masuk ke akun E-Wallet tidak dapat dicairkan, dan aplikasi E-Wallet bergantung pada internet juga smartphone karena apabila tidak ada internet dan smartphone tidak aktif maka tidak dapat melakukan transaksi.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Wallet sebagai alat transaksi digital lebih banyak memberikan manfaat bagi kehidupan karena kelemahan E-Wallet dapat dicegah dengan mudah. Awalnya hanya ada sedikit aplikasi E-Wallet namun karena minat pengguna semakin banyak akhirnya muncullah aplikasi E-Wallet pesaing hingga saat ini sudah menjadi banyak. Masyarakat telah bertransfigurasi metode transaksi dari uang tunai ke E-Wallet atau dompet digital.

Link Video Youtube Artikel : https://youtu.be/y5hRBylw4HM

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 39 − 32 =