PEMANFAATAN APLIKASI KOMUNIKASI SEBAGAI SARANA INTERAKSI FANS DENGAN IDOLA

Teknologi yang semakin berkembang membuat batasan – batasan antara penggemar dengan idolanya semakin menipis. Hal itu terjadi karena telah berkembangnya aplikasi -aplikasi yang memudahkan penggemar untuk berinteraksi dengan idolanya. Aplikasi dari penggemar juga semakin meningkat. Dulu hanya ada situs komunitas, tapi sekarang banyak aplikasi yang memenuhi kebutuhan penggemar yang menginginkan konten idola favorit mereka.

Aplikasi yang terkenal di antara para penggemar khususnya penggemar music dari artis yang berasal dari negara gingseng antara lain WEVERSE, LYSN, dan BUBBLE. Aplikasi – aplikasi tersebut menaawarkan beberapa fitur yang menarik. Feed, bubble chat, layanan belanja, layanan konser virtual, dan masih banyak lagi.

Namun ada beberapa fitur yang mengharuskan kita untuk merogoh gocek untuk dapat menikmati fitur tersebut dengan maksimal. Namun jangan khawatir, kita juga masih dapat menikmati konten-konten yang disediakan secara gratis di aplikasi – aplikasi tersebut.

Nah, yuk kita simak beberapa aplikasi komunikasi yang sering digunakan fans untuk berkomunikasi dengan idolanya:

  • WEVERSE

Aplikasi Weverse ini dikembangkan oleh WEVERSE COMPANY, Inc. Itu berada di bawah payung HYBE, yang mengelola artis seperti BTS, TXT, EHYPEN, GFRIEND, SEVENTEEN, dan Lee Hyun. Weverse sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan penggemar berinteraksi secara eksklusif dengan idola mereka, seperti halnya fancafe. Di dalam Weverse terdapat Komunitas Weverse, tempat khusus untuk semua artis dan penggemar mereka.

Awalnya weverse ini dibuat hanya khusus untuk artis naungan Bighit Entertaiment, namun seiring berjalannya waktu artis yang tergabung di dalam aplikasi ini semakin bertambah. Kita dapat mengikuti dan berkomunikasi dengan artis naungan agensi lain seperti Treasure dan Blackpink dari YG Entertainment, Zico dari KOZ Entertainment, StayC, Secret Number, Weekly, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya artis artis yang berasal dari Korea Selatan saja yang bisa kita nikmati kontennya dan berinteraksi, namun artis dari luar negeri juga lho seperti New Hope Clup, Alexander 23, Max, dan Gracie Abrams.

Dari berbagai fitur yang tersedia, artis maupun penggemar yang tergabung dalam komunitas dapat mengirimkan komentar, teks, foto dan video. Cara menggunakan aplikasi Weverse selanjutnya, mari kita mulai berinteraksi. Ikuti dan berinteraksi dengan artis favorit Anda dan pengguna terkenal lainnya. Selain dapat mengambil informasi dari aplikasi ini, Anda juga dapat mengambil relasi dengan sesama penggemar.

Aplikasi Weverse juga memungkinkan Anda mengunggah postingan dan komentar. Para penggemar dapat membagikan momen-momen dalam bentuk kata-kata dan foto. Selain itu penggemar juga mudah untuk meninggalkan dan membalas komentar satu sama lain dan tidak terbatas pada masalah bahaya sama sekali.

Jadi Anda dapat dengan mudah meninggalkan komentar. Jika Anda ingin mendukung posting orang lain, silakan tinggalkan komentar dan suka juga. Sejauh ini, banyak orang yang akhirnya menjadi teman online dari satu akun itu.

Selain menjadi aplikasi yang memudahkan penggemar berinteraksi dengan idolanya, Weverse juga terdapat pula aplikasi e-commerce Weverse Shop (sebelumnya dikenal sebagai Weply) sebagai platform untuk berlangganan konten di Weverse, penjualan produk terkait artis, dan merchandise.

  • LYSN

Aplikasi dengan ikon ungu ini digunakan oleh penggemar artis SM Entertainment. Mulai dari penggemar BoA, TVXQ, Super Junior, SHINee, EXO, Red Velvet, NCT, WAYV.

Melalui aplikasi ini, penggemar dapat memposting di media sosial seperti twitter. Ada timeline kontribusi dari pengguna lain, staff resmi, dan artis yang bersangkutan. Ada juga fungsi chat “Dear U Bubble” yang dikirim langsung dari idola. Fitur ini menggunakan sistem yang menampilkan nama pengguna dalam obrolan sapaan saat artis mengirim pesan. Ini membuat obrolan terasa lebih istimewa.

Namun, untuk menggunakan Dear U Bubble, penggemar harus membayar sekitar Rp 50.000 untuk satu tiket per bulan, dan hingga Rp 157.000 untuk tiga tiket per bulan. Tiket ini berisi artis sebanyak yang Anda ingin ajak ngobrol. Satu tiket berlaku untuk satu artis.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggemar untuk mengobrol secara pribadi dengan pengguna lain seperti obrolan Line. Fans juga membuat obrolan grup dengan teman-teman terdekat mereka. Lysn sendiri saat ini hanya tersedia dalam bentuk aplikasi untuk iPhone atau Android.

  • BUBBLE

Aplikasi BUBBLE ini dibagi menurut agensi masing masing artis alih-alih menggabungkannya menjadi satu seperti Weverse. Aplikasi ini sudah tersedia untuk beberapa agensi seperti:

  • Bubble for JYPnation – Untuk artis yang bernaung di JYP Entertainment.
  • Bubble for Play M – Artis yang bernaung di agensi subsidiary Kakao M.
  • Bubble for RBW – Jika Anda suka Mamamoo, instal aplikasi ini.
  • Bubble for WM – B1A4, OMG, dan ONF menggunakan Bubble ini.
  • Bubble for JELLYFISH – VIXX, Seulong 2AM dan lain-lain ada di sini.
  • Bubble for FNC – Jika suka SF9, instal aplikasi Bubble yang ini.
  • Bubble for TOP – Artis dari naungan agensi TOP ada di Bubble ini.

Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi BUBBLE ini tidak jauh berbeda dari dua aplikasi yang telah disebutkan di atas. Bubble menyediakan fitur seperti chat pribadi dengan idola, grup komunitas, dan penggemar juga dapat memposting foto maupun kata-kata seperti halnya dengan feed.

Namun untuk mengobrol dengan idola favorit Anda, Anda harus membeli tiket per artis dengan biaya sekitar Rp 60.000 (termasuk PPN 10%) per bulan.

Nah setelah melihat artikel ini, yuk kita intip secara real seperti apasih fitur- fitur yang terdapat di ketiga aplikasi diatas melalui video ini : https://youtu.be/C6Z3ER1Ee7g

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 28 − = 22