Peran Strategis Literasi Digital Dalam Meningkatkan Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Di era modern ini, informasi dapat dikomunikasikan dan diambil dengan cepat dan mudah. Berbeda dengan tahun 2010-an, ketika komunikasi masih sulit untuk didapatkan, kita hanya diinformasikan melalui media cetak, televisi, dan radio. Secara umum, keberhasilan pemanfaatan teknologi dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan berbagai bidang penting kehidupan masyarakat. Jika daerah-daerah tersebut dapat berkembang, maka peradaban negeri ini juga dapat berkembang.

            Era digital memiliki keterkaitan dengan literasi dital. Kita dapat mengartikan literasi digital sebagai sebuah kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan, dan menciptakan informasi dengan menggunakan media digital, alat komunikasi, atau jaringan, dan untuk berkomunikasi secara sehat, bijaksana, cerdas, cermat, akurat, dan legal. Dan yang paling utama adalah patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan literasi digital, kita dapat membantu perkembangan masyarakat di berbagai bidang yang salah satunya adalah bidang pengelolaan lingkungan hidup.

            Saat ini lingkungan hidup merupakan salah satu bidang kehidupan manusia yang kurang diperhatikan oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya perhatian masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan hidup. Misalnya dalam penghematan energi listrik dalam rumah, pengelolaan limbah rumah tangga yang kurang baik, maupun dalam hal sepele seperti penghematan air. Hal tersebut menunjukkan kurangnya wawasan masyarakat terkait dengan pelestarian lingkungan hidup khususnya dibidang eregi.

            Literasi digital seharusnya menjadi suatu kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh setiap Warga Negara  Indonesia. Pada intinya, literasi digital mendorong bagaimana kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif oleh penggunanya seperti mencari, menggunakan serta menyebarkan informasi yang akurat, dapat dipercaya, bermanfaat dan harus bisa dipertanggung jawabkan kebenaran sesuai fakta yang terjadi. Kemampuan dalam mengimplementasikan literasi digital yang memuat tentang peranan sumber daya alam dan lingkungan hidup (SDA dan LH) sangat penting agar SDA dan LH dapat dikelola dengan bijaksana.

            Awal untuk memulai pengembangan budaya literasi bangsa dapat diawali dengan penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca masyarakat dalam rangka menajamkan  kemampuan mengolah informasi. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi digital masing-masing individu ditengah  arus informasi kini semakin melimpah. Kususnya yang berkaitan dengan upaya pelestarian alam dengan lebih intens mengakses literasi-literasi digital yang memuat edukasi konservasi atau membuat konten-konten edukasi terkait dengan upaya konservasi. Kita dapat memulai langkah tersebut dengan menyediakan berbagai bahan bacaan yang mudah diakses di internet. Dengan menyediakan berbagai literatur yang menarik, diharapkan dapat meningkatkan minat membaca masyarakat terkait dengan topik lingkungan hidup.

            Internet ini merupakan kegiatan komunitas komersial yang menjadi bagian terbesar dengan pertumbuhan yang cepat melampaui batas-batas suatu negara. Dengan melalui jaringan internet maka kita bisa mengetahui apa yang terjadi saat ini di belahan dunia lain melalui sosial media. Hal itu menjadi peluang besar bagi kita untuk dapat lebih mudah menjangkau berbagai lapisan masyarakat, dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pelestarian lingkungan hidup. Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat mengambil peran serta dalam pelestarian lingkungan mulai dari lingkungan disekitar mereka. Sehingga masayarakat menjadi paham terkait arti penting lingkungan hidup sebagai penyokong dan penopang kehidupan manusia di dunia.

            Sehingga dengan literasi digital diharapkan dapat menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan cara pandangan yang kritis dan kreatif. Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat kritisi informasi yang diterima dari berbagai media sosial dan dapat kreatif dalam mengimplementasikan informasi yang didapatkan. Dalam perspektif pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan masyarakat dapat kritis menghadapi berbagai informasi terkait dengan pencemaran, pengelolaan, dan pencegahan terkait dengan lingkungan hidup. Serta dapat mengimplementasikannya melalui perubahan pola hidup yang ramah lingkungan demi menghindari kerusakan lingkungan dan sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup demi keberlanjutan manusia di depan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 77 + = 82