TikTok Sebagai Media Promosi

Oleh: Nadifa Silviana

Kata promosi, berasal dari kata Latin ‘Promovere.’ Artinya adalah “bergerak maju” atau mendorong maju atau memajukan suatu gagasan.

Dilansir dari liputan 6, promosi adalah proses komunikasi pemasaran yang melibatkan informasi, persuasi, dan pengaruh. Promosi mengacu pada seluruh rangkaian aktivitas yang mengkomunikasikan suatu hal baru atau inovasi, merek, layanan, dan lain sebagainya. Promosi juga membantu meningkatkan citra publik suatu perusahaan.

Promosi adalah komunikasi persuasif untuk menginformasikan kepada target potensial tentang keberadaan sesuatu, serta untuk meyakinkan mereka bahwa hal tersebut memiliki kemampuan yang menarik dan memuaskan.

Tujuan promosi adalah untuk meningkatkan kesadaran, menciptakan minat, menghasilkan penjualan, atau menciptakan loyalitas.

Selain itu, promosi bertujuan untuk:

  • Menginformasikan

Tujuan promosi yang lain ialah menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk baru, juga meliputi informasi cara pemakaian yang baru dari suatu produk, perubahan harga, jasa yang disediakan, meluruskan kesan yang keliru, dan mengurangi ketakutan atau kekhawatiran konsumen.

  • Membujuk

Promosi membantu menenukan pilihan, mengalihkan pilihan, mengubah persepsi, dan mendorong calon target untuk menarik keminatan.

Pentingnya berpromosi ialah untuk menaikkan peminat, menstabilkan jumlah peminat melalui promosi konten penjualan selama periode penurunan penjualan, dan memotivasi tenaga penjualan dengan menawarkan hadiah- hadiah, serta menonjolokan nilai dengan menjelaskan manfaat-manfaat dan kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh yang lain.

Secara garis besar media-media atau sarana berpromosi yaitu melalui pengiklanan dan promosi secara langsung. Melalui pengiklanan dapat memanfaatkan pamflet, brosur, reklame, atau bahkan dapat memanfaatkan media sosial untuk menjadi sarana promosi.

Mengetahui bahwa sekarang merupakan era digital atau era serba modern, maka tak sedikit orang yang menggunakan media elektronik salah satunya adalah gadget. Gadget atau ponsel pintar dapat disebut sebagai sarana serba ada, termasuk sarana berpromosi. Berpromosi melalui gedget ini banyak bentuknya, mulai dari membayar langganan iklan atau bahkan melalui konten kreatif yang menarik.

Satu diantara banyak aplikasi pembuat konten kreatif yang menarik adalah aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok ini awal mulanya dikenal sebagai aplikasi pembuat video lelucon menghibur yang dapat menambahkan lagu atau sound secara otomatis tanpa harus mengedit dengan aplikasi lain. Dengan seiring berjalannya waktu, aplikasi TikTok yang awalnya hanya diminati kalangan muda yang tidak seberapa jumlahnya, terus bertambah peminat. Hingga saat ini dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Hal tersebut merupakan faktor utama yang membuat aplikasi TikTok ini cocok untuk media promosi, karena melalui aplikasi TikTok banyak informasi yang menyebar luas secara cepat. Banyak dari pengguna TikTok ini memenfaatkan aplikasi tersebut sebagai media promosi baik promosi produk, jasa, bahkan universitas. Dengan didukung adanya fitur TikTok Shop, kegiatan promosi produk jauh lebih mudah. Tak perlu calon target harus berbondong ke situs lain untuk mendapatkan produknya, fitur TikTok Shop ini menyediakan e-commerce dalam satu aplikasi.

Namun, tak sedikit yang mengeluhkan video kreatif yang telah dibuatnya tak kunjung mendapat penonton yang banyak sehingga mempengaruhi jumlah peminat. Setelah mengamati dalam waktu yang cukup lama, ternyata ada beberapa trik agar video yang kita buat memiliki banyak penonton atau istilah yang biasa digunakan oleh pengguna TikTok yaitu muncul di FYP (For Your Page) atau muncul di beranda pengguna TikTok yang lain.

Sederhana namun cukup ampuh agar video kreatif kita muncul di FYP pengguna TikTok lain yaitu selain menciptakan video yang menarik dapat juga dengan menggunakan sound-sound yang sedang viral serta mencantumkan hashtag yang memiliki banyak postingan. Silakan akses link berikut untuk tutorial secara langsung https://youtu.be/7OxYaShvAHw

Karena pada dasarnya kemodernan diciptakan untuk memperbaiki dan mempermudah seluruh kegiatan, maka mari kita gunakan secara efisien kemajuan bidang IPTEK ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 97 − 95 =