VR Sebagai Media Pembelajaran di Kuliah

Simulasi yang dihasilkan komputer yang dikenal sebagai Virtual Reality, atau disingkat VR, merupakan salah satu contoh penerapan teknologi AI. Virtual Reality dapat mengubah perspektif pengguna tentang realita dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan tiga dimensi. Saat kita  mengenakan headset VR, lingkungan atau dunia tersebut sebenarnya tidak ada, tetapi rasa dan pengalamannya sangat realistis sehingga kita pasti akan merasa seolah-olah itu ada.

Dunia virtual ini bisa sepenuhnya abstrak dan terdiri dari objek fiksi dan pengaturan-pengaturan, atau dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman dunia nyata secara tepat, seperti mengunjungi Museum, menggunakan Google Earth untuk menavigasi lingkungan kamu sendiri atau menjelajahi tempat-tempat yang ingin kita lihat. Tidak mengherankan bahwa Virtual Reality dapat berfungsi sebagai media pembelajaran yang sangat efektif.

Meskipun kita tahu bahwa Virtual Reality adalah alat yang ampuh dan efektif, bagaimana cara kerjanya? Headset Virtual Reality biasanya berbentuk seperti sepasang kacamata besar yang tertancap pada  komputer dan dilengkapi dengan satu set controller yang memungkinkan pengguna untuk bergerak dan melakukan aksi.

Namun demikian, ada juga headset VR canggih yang memiliki fitur pelacakan mata tanpa kebutuhan akan pengontrol dan bahkan headset yang berfungsi sebagai konsol independen tanpa koneksi komputer. Ada juga headset yang lebih terjangkau, bentuknya seperti kacamata kardus yang bisa disambungkan ke ponsel kita.

Pendidikan online dan jarak jauh semakin populer di era digital ini, dan banyak orang sekarang menyadari keuntungan dari lingkungan belajar online. Dengan perubahan signifikan ini, masuk akal untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan potensi dari sebuah lingkungan belajar.

Meskipun Virtual Reality memiliki potensi untuk “merevolusi” pendidikan, hal ini masih jarang diaktualisasikan, kemungkinan besar karena tingginya biaya headset. VR mungkin dapat menjadi alat yang membuat perubahan besar untuk pelaksanaan pembelajaran dimasa depan. Belajar menggunakan VR akan lebih menyenangkan, aman, dan menarik dari sebelumnya.

Apa keunggulan menggunakan VR untuk media pembelajaran?

  1. Virtual reality (VR) mampu menciptakan dunia simulasi yang terlihat nyata.
  2. Dengan VR bisa mengunjungi dan mengeksplor tempat manapun yang kita mau.
  3. Kita bisa bereksperimen semau kita  dengan lingkungan yang ada di dunia virtual.
  4. VR dapat membuat pembelajaran lebih praktis, nyaman, dan tentunya lebih menyenangkan.

VR berguna untuk mata kuliah apa saja?

Geografi – Dengan Virtual Reality (VR), mahasiswa dapat bepergian ke mana saja di dunia alih-alih mempelajarinya melalui buku teks dan film. Pergi ke bumi sisi lain menggunakan VR akan membuat kita merasakan pengalaman yang menyenangkan.

Sejarah – Pernahkah kamu berpikir untuk kembali ke masa lalu dan melihat bagaimana keadaan pada jaman dahulu? kamu dapat melakukannya dengan menggunakan headset VR, ada konten di VR yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan karakter bersejarah dan menciptakan kembali tempat-tempat bersejarah.

 Seni – Tidak perlu lagi bepergian dan membayar biaya untuk masuk ke pameran seni. Beberapa galeri seni paling menakjubkan di dunia sekarang dapat diakses darimana saja melalui Virtual Reality. Selain kemampuan untuk secara virtual mengunjungi pameran seni, ada juga program VR yang memungkinkan kamu untuk membuat seni virtual dengan kreativitas kamu.

Sains – Virtual Reality (VR) dapat digunakan dalam berbagai cara untuk mengajarkan sains, tetapi sains disini lebih mengarah ke Kimia dan Biologi. Selain alat yang membantu kamu memeriksa anatomi manusia dan hewan, ada alat instruksional biologi yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi lebih dekat dengan berbagai hewan liar yang berbahaya. Mahasiswa juga bisa melakukan eksperimen kimia di lingkungan yang sepenuhnya aman menggunakan VR.

Link YT : https://youtu.be/hNOLEdA8xZk

WikanHaydarrahman

Wikan Haydarrahman_4611422151_Teknik Informatika 2022

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 3 = 1