Kemudahan Transaksi Keuangan Melalui Pembayaran Digitalisasi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang luar biasa tentunya sangat membantu kemajuan peradaban manusia. Sebagian besar pekerjaan yang dulunya membutuhkan banyak kekuatan fisik sekarang dapat digantikan oleh mesin otomatis. Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas. Kesimpulannya, diakui dan dipikirkan secara luas bahwa kemajuan teknologi saat ini sangat memudahkan dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Pesatnya kemajuan teknologi berdampak pada terciptanya metode pembayaran untuk transaksi komersial, terutama dalam menjaga hubungan bisnis para pihak. Salah satu pilar penopang stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran yang awalnya hanya menggunakan uang tunai, kini telah merambah ke sistem pembayaran digital yang juga dikenal dengan uang elektronik (e-money). Fungsi uang tunai (currency) sebagai alat pembayaran telah berubah sebagai akibat dari perkembangan teknologi dalam sistem pembayaran yang membuat pembayaran nontunai menjadi lebih efektif dan terjangkau. Pembayaran nontunai biasanya dilakukan melalui transfer antar bank atau intra bank melalui jaringan internal bank itu sendiri. Selain itu, pembayaran dengan kartu dapat digunakan untuk melakukan pembayaran nontunai, seperti menggunakan kartu ATM, kartu debit, atau kartu kredit.

Kemudian, kemajuan teknologi yang pesat ini menunjukkan bagaimana teknologi mempengaruhi sistem pembayaran dengan berbagai aplikasi yang digunakan masyarakat umum sebagai metode pembayaran nontunai. OVO, GO-PAY, dan DANA adalah contoh layanan pembayaran digital yang populer saat ini. Program tersebut digunakan untuk mempercepat transaksi untuk berbagai keperluan, antara lain pembayaran ojek online, pesan antar makanan, tagihan telepon atau listrik, pembayaran PDAM, dan masih banyak lagi kemudahan yang diberikan oleh aplikasi pembayaran digital.

Menurut berbagai praktik saat ini, metode pembayaran digital cukup efektif dalam penggunaannya. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memanfaatkan fasilitas ini. Meluasnya penggunaan uang tunai sebagai bentuk pembayaran untuk produk dan layanan menjadi buktinya. Konsumen yang menggunakan sistem pembayaran digital saat ini cenderung dari kalangan menengah ke atas dan sudah familiar dengan teknologi.

Pembayaran Digital

Pembayaran berbasis teknologi dikenal sebagai pembayaran digital. Informasi digital digunakan untuk menyimpan, memproses, dan menerima uang dalam pembayaran digital, sedangkan instrumen pembayaran elektronik digunakan untuk memulai proses transfer. Pembayaran secara tradisional dilakukan melalui uang tunai, cek, atau kartu kredit sedangkan pembayaran digital dilakukan menggunakan software tertentu, kartu pembayaran, dan uang elektronik. Komponen-komponen utama dari system pembayaran digital antara lain yaitu, aplikasi pemindahan uang, infrastruktur jaringan, peraturan dan prosedur yang memerintah kegunaan dari sistem tersebut.

Metode pembayaran ditawarkan oleh sistem pembayaran digital untuk pembelian produk dan layanan secara online. Tidak ada interaksi eksternal jarak jauh antara pelanggan dan penjual, di mana pelanggan mengirimkan semua data terkait pembayaran kepada penjual melalui internet.

Aplikasi Pembayaran Digital

  • OVO

OVO adalah sebuah aplikasi pintar yang memberikan layanan pembayaran dan transaksi secara online (OVO Cash). Setiap kali pengguna menggunakan OVO untuk melakukan pembayaran, mereka juga dapat memperoleh poin. OVO menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengharuskan nasabahnya membawa uang cash terlalu banyak. Salah satunya dengan menunjukan aplikasi OVO yang di dalamnya terdapat saldo maupun Cash Point.

  • GO-PAY

Program dompet digital Go-Jek disebut GO-PAY. Dengan penggunaan GOPAY, opsi pembayaran yang disediakan oleh Gojek melalui aplikasinya, pengguna tidak perlu lagi memberi tip kepada driver secara tunai. Semua layanan Go-Jek, termasuk layanan ojek online atau Go-Ride, Go-Food, dan Go-Mart, dapat dibayar dengan GO-PAY. Anda harus mengisi saldo GO-PAY Anda terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Ada banyak cara untuk melakukannya, termasuk di ATM, minimarket, Alfamart, dan melalui driver.

  • DANA

DANA atau dompet digital Indonesia adalah layanan pembayaran digital berbasis aplikasi yang dapat diakses di platform Android dan iOS melalui Google Play dan App Store masing-masing. Pengguna dapat membeli pulsa, membayar tagihan (listrik, telepon, dan air hingga BPJS), membeli voucher Google Play, melakukan pembayaran cicilan, dan berbelanja online dengan menggunakan aplikasi ini. Platform DANA memiliki banyak manfaat, seperti layanan dan dukungan transaksi yang sangat menyeluruh. Selain itu, platform ini menggunakan teknologi keamanan yang terus diawasi untuk memastikan bahwa setiap pengguna dapat bertransaksi dengan aman dan terpercaya. Lebih menarik lagi, sistem pembayaran digital buatan Indonesia ini menawarkan jaminan uang kembali kepada pelanggannya jika terjadi kesalahan transaksi.

  • QRIS

QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking. QRIS bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia maju. Dapat disimpulkan bahwa tujuannya adalah mempermudah pembayaran digital. Hal ini bermanfaat baik bagi pembeli maupun merchant regulator, karena semua pembayaran nontunai dapat diawasi dari satu pintu saja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 31 = 36