Membuat Gambar Menakjubkan dengan Kemampuan Artificial Intelligence

Oleh : Muhammad Irfan Ardiansyah (PTIK 2022 – NIM 5302422016)

Membuat Gambar Menakjubkan dengan Kemampuan Artificial Intelligence
Membuat Gambar Menakjubkan dengan Kemampuan Artificial Intelligence

Membuat Gambar dengan Kemampuan Artificial Intelligence. Salah satu perkembangan AI yang sedang hangat atau sedang nge-trend di dunia adalah projek menggambar dengan menggunakan AI. Tentu AI yang di maksud disini bukanlah software editing foto Adobe Ilustrator, melainkan adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara menggambar dengan menggunakan kemampuan dari AI (Artificial Intelligence), serta bagaimana proses dari algoritmanya dengan penjelasan secara sederhana sehingga menghasilkan berbagai gambar seperti yang diminta pengguna secara otomatis dan menakjubkan.

Namun sebelum membahas hal inti mengenai cara menggambar dengan AI (Artificial Intelligence). Kita akan sedikit membahas terlebih dahulu sedikit mengenai definisi dari AI (Artificial Intelligence) dan beberapa hal yang berkaitan untuk bisa lebih mudah memahami artikel ini dengan lebih baik.

Apa itu Metode Artificial Intelligence?

Tidak lengkap jika membahas sesuatu tanpa mengetahui arti dari sesuatu tersebut. AI (Artificial Intelligence) merupakan cabang dari ilmu komputer yang khusus membahas mengenai pemecahan masalah yang bersifat kognitif yang pada umumnya menggunakan kecerdasan atau kemampuan berfikir dari manusia, seperti: mengenali pola, mempelajari sesuatu, sampai memecahkan masalah.

Apa Kegunaan dari Artificial Intelligence?

Ternyata AI atau kecerdasan buatan memiliki banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan. Dengan menggunakan AI atau kecerdasan buatan, sistem akan mengenali berbagai data untuk kemudian di olah dan bisa memberikan banyak keuntungan bagi manusia. Dengan kemampuan mengenali data inilah yang menjadi dasar untuk kita bisa membuat gambar dengan AI (Artificial Intelligence) secara otomatis.

Apa Kelemahan Artificial Intelligence?

Tentunya untuk mengembangkan sebuah sistem berbasis AI ini pasti membutuhkan biaya yang tidak murah. Terlebih lagi proses pembuatannya membutuhkan banyak sekali sumber daya sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam pengembangannya.

Setelah kita mengetahui hal dasar tentang AI (Artificial Intelligence), mari kita memasuki topik utama pembahasan kita kali ini mengenai cara menggambar dengan menggunakan AI (Artificial Intelligence).

AI Drawing Generator From Text

Teknologi ini memang ada di dunia nyata, dimana kita dapat membuat berbagai gambar yang menarik hanya dengan menuliskan kalimat yang merepresentasikan gambar tersebut.

Secara sederhana untuk membuat gambar dengan AI adalah dengan mengenali setiap frasa yang dimasukkan dan kemudian juga memahami apa itu estetika untuk bisa menghasilkan gambar yang terlihat nyata dan indah.

Teknologi menggambar dengan menggunakan AI ini dikembangkan oleh organisasi bernama Open AI dengan projek bernama Dall-E.

Dall-E Open AI

Dall-E Open AI
Dall-E Open AI

Dall-E merupakan sebuah terobosan terbaru di dunia seni digital yang menggunakan tenaga AI atau Artificial Intelligence untuk menghasilkan sebuah gambar. Dall-E menggunakan sistem machine learning yang akan mengilustrasikan berbagai frasa yang kita minta menjadi sebuah gambar yang menakjubkan.

Sayangnya Dall-E ini tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Hanya kalangan tertentu saja yang diperbolehkan untuk mengakses kecerdasan buatan yang dikembangan oleh Open AI ini. Namun ada beberapa alternatif tiruan dari Dall-E yang bisa kita coba praktekkan, diantaranya ada Midjourney dan juga Dream Studio.

Menggambar dengan DreamStudio

Pada artikel kali ini kita akan mencoba salah satu, yaitu DreamStudio yang link nya bisa langsung kalian akses disini. Selain langsung dari situsnya, kita juga bisa mengunduh aplikasi Dream Studio di komputer pribadi kita.

Setelah kalian mengunjungi situs resmi dari DreamStudio, hal yang harus kalian lakukan adalah melakukan pendaftaran dengan mendaftar akun email kalian atau bisa langsung sign in with Google.

Menggambar dengan DreamStudio
Login ke DreamStudio.ai

Setelah selesai mendaftar, berikut adalah tampilan dari situs DreamStudio.

Menggambar dengan DreamStudio
Tampilan DreamStudio.ai

Kalian bisa mencoba mengetikkan beberapa kata yang mencerminkan gambar yang kalian inginkan menggunakan bahasa inggris di kolom dream. Setalah itu jangan lupa untuk menekan tombol dream atau tombol enter untuk memproses text yang kalian masukkan menjadi gambar.

Menggambar dengan DreamStudio
Membuat gambar dari text dengan AI

Dengan kecerdasan buatan, text yang kalian masukkan akan dianalisa satu persatu dan kemudian akan mencarikan gambar yang sesuai kemudian menyatukannya serta memperhatikan estetika dari gambar yang akan dihasilkan nanti.

Menggambar dengan DreamStudio
Hasil gambar AI dengan DreamStudio.ai

Walaupun bisa memberikan kita gambar yang menakjubkan, namun pastinya program ini masih memiliki kekurangan, sehingga mungkin bentuk gambar yang kalian inginkan tidak sesuai. Hal ini wajar mengingat projek menggambar dengan menggunakan AI ini masih di tahap beta atau dalam tahap penngembangan lebih lanjut. Namun setidaknya dengan ini bisa memberikan kita gambaran mengenai perkembangan AI dalam dunia seni digital.

sinau-pc

Sinau PC merupakan sebuah media yang berfokus pada dunia PC dan juga Laptop yang telah diluncurkan sejak tahun 2021 oleh Muhammad Irfan Ardiansyah, mahasiswa prodi PTIK di Universitas Negeri Semarang. Saat ini kami ada di sinaupc.com dan juga kanal Youtube Sinau PC.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 49 = 57