Peran Al-Quran Digital di Era Perkembangan Zaman

Di era ini berbagai inovasi teknologi telah memberikan dampak yang begitu terasa bagi berlangsungnya tatanan kehidupan manusia. Perkembangan teknologi digital memungkinkan segala hal dapat diakses melalui media digital. Berbagai informasi maupun aplikasi penunjang dapat diunduh dengan mudah melalui ruang-ruang digital.

Era digital memang memberikan kemudahan bagi siapa saja. Tetapi era digital juga telah melahirkan berbagai konten informasi yang tidak benar dan begitu mudah memicu salah paham yang memicu kebencian antar kelompok. Dalam bidang keagamaan, era digital turut melahirkan gagasan keagamaan tertentu yang membentuk sebuah pemikiran yang tertanam dalam pemahaman masyarakat. Pengalaman keagamaan yang bersifat personal, fatwa-fatwa yang tak berdasar, serta pengetahuan yang tidak jelas sanadnya diciptakan sedemikian rupa untuk menggiring opini masyarakat. Otoritas keagamaan pun mengalami pergeseran, dari para ulama, ustadz, ormas keagamaan dan pemerintah melalui Kementerian Agama, beralih kepada media baru yang tampak impersonal dan berbasis pada jejaring informasi. Setiap orang dengan mudah mengakses pengetahuan menurut selera dan kebutuhan masing-masing.Teknologi informasi dengan berbagai inovasi yang dilahirkannya sejatinya adalah sebatas alat untuk kehidupan saja, bukan tujuan. Teknologi informasi adalah salah satu alat mendekatkan diri kepada Allah dan sekaligus sebagai sarana untuk menjalankan misi sebagai khalifatullah fil ardl, yaitu untuk mewujudkan kedamaian dan rahmat bagi seluruh alam.

Hal ini juga turut berimbas pada munculnya beragam aplikasi Al-Quran digital dan terjemahan yang mampu memberikan pengalaman beragama yang berbeda. Dalam pandangan para ulama , ada tiga alasan yang menyebabkan generasi Muslim ini begitu bergantung kepada mushaf digital jenis baru ini. Pertama aplikasi Al-Quran dan terjemahan memberikan kemudahan guna melatih kebiasaan membaca Al-Quran secara rutin. Karena dalam aplikasi tersebut terdapat reminder yang akan mengingatkan jadwal mengaji. Kedua  memberikan kesempatan yang lebih banyak guna mempelajari Al-Quran secara intensif. Ketiga karena mereka hidup di era digital, maka menjadi sebuah tuntutan bahwa Al-Quran juga harus hadir dalam bentuk digital. Al-Quran digital dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan yang memudahkan para pembaca maupun penggunanya. Mulai dari pen digital, audio digital yang jernih, dan ftur lainnya seperti fitur terjemahan ayat-ayat suci atau murrotal Alquran. Selain itu kamu juga bisa memilih bacaan yang dilantunkan oleh para qori terbaik.

Dalam pemaparan para ulama, perkembangan generasi muslim digital ini merupakan sebuah fenomena yang terjadi sebagai implikasi dari perkembangan zaman. Ia memaparkan bahwa media pembelajaran Al-Quran saat ini cenderung mengarah kepada penggunaan media digital sebagai sarananya yakni melalui aplikasi Al-Quran dan terjemah yang rata-rata berlisensi dan dibawah pengawasan Kementerian Agama.

Aplikasi Al-Quran Digital semakin banyak beredar di masyarakat. Berkat kemajuan teknologi dan akses internet, kini masyarakat umum mendapatkan kemudahan dalam mengakses kitab suci tanpa perlu memiliki kitab secara fisik. Tentu ini memudahkan dari sisi pembaca yang beragama islam ketika ingin membaca Al-Quran dimana saja dan kapan saja. Kemudahan yang diberikan tidak hanya tersedia di internet, namun kini Al-Quran juga dapat diakses melalui smartphone. Ada banyak aplikasi yang menyediakan kitab suci Al-Quran yang dapat dibaca menggunakan smartphone kamu baik yang berplatform Android maupun iOs. Selain berisi tentang kitab Al-Quran beserta terjemahannya, ada juga beberapa aplikasi yang menyertakan berbagai tuntunan doa untuk para pembacanya. 

Link video youtube : https://youtu.be/QsrxG0h_2uI

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 27 = 32