Pembelajaran Matematika Ramah Anak dengan Software Scratch

Dalam kehidupan, pendidikan memegang peranan yang sangat penting. Hal itu dikarenakan pendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan membentuk budi pekerti seseorang menjadi lebih baik. Apalagi, di era globalisasi ini ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang, dan banyaknya persaingan bebas serta kompetisi global. Dalam upaya pencegahan timbulnya dampak negative dari adanya globalisasi tersebut, maka harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang baik pula. Selain untuk menghadapi arus globalisasi, sumber daya manusia juga merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan jika menginginkan kemajuan dari suatu bangsa. Akan tetapi, berdasarkan data dari Litbang 2013 menyatakan bahwa rata-rata sumber daya manusia di Indonesia masih tergolong rendah. Hal itu terbukti ketika Indonesia menempati peringkat 121 dari 185 negara berkembang mengenai mutu sumber daya manusia dan prestasinya masih di bawah Negara seperti Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

Menurut Sariningsih & Purwasih (2017), pendidikan matematika mempunyai peran yang sangat besar untuk mengatasi krisis sumber daya manusia. Karena, matematika merupakan salah satu ilmu yang menjadi dasar bagi ilmu pengetahuan yang lainnya. Matematika merupakan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan komunikasi dan kemampuan berkolaborasi yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, hampir sebagian besar peserta didik di Indonesia menjadikan matematika sebagai momok yang menakutkan. Hal itu dikarenakan mereka menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari karena bersifat abstrak. Pandangan negative peserta didik terhadap matematika tersebut bisa saja terjadi karena beberapa hal. Diantaranya adalah penggunaan model, metode, dan media pembelajaran yang kurang sesuai dan kurang bervariatif. Sehingga, menjadikan rendahnya motivasi belajar peserta didik.

Salah satu solusi yang dapat diambil oleh guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mendesain pembelajaran yang ramah anak. Pembelajaran ramah anak merupakan pembelajaran yang berlangsung secara aman, nyaman, menyenangkan dan bermutu. Dalam pembelajaran ramah anak guru akan memperhatikan kebutuhan belajar setiap peserta didik, misalnya peserta didik dengan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik, atau pun campuran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran ramah anak adalah software scratch.

Apa Itu Software Scratch?

Scratch adalah software yang telah dikembangkan oleh MIT Media Lab dengan bahasa pemrograman yang lebih mudah karena sintaknya sudah disediakan oleh software tersebut. Software ini juga tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, sehingga memudahkan pengguna baik itu digunakan oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen maupun siapa saja bagi yang ingin mengakses.  Pemilihan Software Scractch sebagai media pembelajaran matematika diharapkan mampu memvisualisasikan konsep-konsep matematika yang masih bersifat asbtrak dan memudahkan siswa untuk interaktif langsung dengan media yang digunakan seperti membuat berbagai animasi dan gambar. Sehingga, hal tersebut memungkinkan dapat membangun motivasi belajar siswa dan tertarik untuk belajar mandiri dalam memahami konsep-konsep matematika.

Fitur-fitur Software Scratch dan Fungsinya

  1. Sprite: Dalam software scratch sprite merupakan karakter yang dapat kita gunakan untuk mendukung program animasi yang kita buat. Untuk membuat program animasi yang lebih menarik kita dapat mengganti sprite sesuai dengan keinginan kita yaitu di menu “Choose a sprite”. Dalam menu tersebut terdapat berbagai pilihan sprite yang menarik.
  2. Backdrop: Dalam software scratch fitur ini sama artinya dengan latar belakang yang akan ditampilan dalam program animasi yang kita buat. Untuk membuat program animasi yang lebih menarik kita dapat mengganti backdrop sesuai dengan keinginan kita yaitu di menu “Choose a backdrop”. Dalam menu tersebut terdapat berbagai pilihan backdrop yang menarik.
  3. Canvas: Dalam software scratch canvas merupakan media yang digunakan untuk menampilkan kode blok yang akan kita pilih dan dipasangkan sesuai ketentuan.
  4. Script: Dalam software scratch script merupakan kumpulan kode blok perintah yang digunakan untuk membantu pemrograman. Berikut adalah beberapa blok script beserta fungsinya:
    • Motion: Menu untuk mengontrol penempatan sprite, arah, perputaran, dan perpindahan sprite.
    • Looks: Menu untuk mengatur pergantian sprite, tampilan background, dan memberikan kemampuan untuk menampilkan teks atau tulisan.
    • Sound: Menu untuk mengontrol playback, volume musik, dan file audio.
    • Pen: Menu yang dapat digunakan untuk menggambar dengan menggunakan warna dan ukuran pen yang berbeda.
    • Control: Menu untuk mengontrol pergerakan eksekusi script berdasarkan perihal yang didefinisikan sebelumnya, pengulangan pemrograman logika dengan loops, dan menampilkan logika kondisional.
    • Sensing: Menu yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi dari pointer mouse, jaraknya terhadap sprite lain dan apakah sprite bersentuhan dengan sprite lainnya.
    • Operators: Menu yang menampilkan perbandingan logika, pembulatan, dan operasi matematika lainnya.
    • Variables: Menu yang dapat digunakan untuk membuat variabel dan menaruh data pada aplikasi ketika dieksekusi.

Untuk lebih memahami terkait aplikasi software scratch dalam pembelajaran matematika ramah anak dapat disimak dalam video youtube di bawah ini:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 33 − 24 =