Plus Minus Kemudahan Bersosial Media di Era Digitalisasi

Era digitalisasi atau era digital adalah sebuah masa atau zaman dimana hampir seluruh bidang dalam tatanan kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. Teknologi digital ini ditandai dengan munculnya teknologi-teknologi canggih seperti handphone, komputer, tablet, ipad dan sebagainya. Selain munculnya teknologi-teknologi yang canggih, era ini juga ditandai dengan mudahnya akses internet yang mana internet dan teknologi telah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia.
Di era digitalisasi ini, kehidupan bermedia sosial seolah telah menjadi makanan sehari-hari. Dimana, setidaknya dalam sehari manusia membuka beberapa aplikasi sosial media seperti whatsapp, Instagram, twitter, facebook, tik tok, dan beberapa aplikasi sejenisnya. Dengan aplikasi-aplikasi tadi kita dengan mudah menerima bahkan meberikan kabar secara luas didalam media sosial.
Dengan kemudahan bersosial media ini, kita dapat memperoleh berbagai manfaat diantaranya yaitu:
1. Mudah menemukan informasi terbaru
Dengan media sosial ini, suatu informasi yang sedang hangat dibicarakan atau ditulisakan masyarakat akan mudah sekali mencapai trending. Dari ketrendingan itulah berita-berita yang baru biasanya paling sering ditampilkan. Biasanya berita trending ini sering sekali bermunculan di plafom sosial media seperti twitter dan beberapa surat kabar elektronik.
2. Menambah jaringan teman
Jika kalian pernah menggunakan sosial media seperti Instagram, twitter, dan facebook pasti secara tidak langsung kalian telah menambah teman baru. Aplikasi-aplikasi ini menyediakan fitur-fitur untuk mengikuti dan ikuti pengguna lain, yang membuat kita lebih mudah berinteraksi secara luas bahkan dengan orang yang baru dikenal sekalipun.
3. Menunjang pembelajaran
Beberapa aplikasi sosial media juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang lebih efektif dan praktis. Salah satunya adalah aplikasi youtube yang didalamnya bisa kita temukan berbagai channel-channel edukatif.
4. Sebagai media hiburan
Sosial media sebagai media hiburan atau media healing ketika stress bekerja ini yang paling sering berpengaruh pada penggunanya. Melalui fitur short video di aplikasi Instagram, tiktok, youtube kita dapat menemukan video-video hiburan yang sifatnya jenaka sehingga saat menontonnya kita ikut tertawa.

Namun dibalik banyaknya manfaat yang ada di sosial media. Terdapat pula dampak-dampak negatifnya yang meliputi
1. Adanya rasa kecanduan dan cenderung menunda-nunda pekerjaan.
Biasanya, pengguna yang sudah merasa asik dengan sosial media yang dilihatnya akan menghabiskan waktunya berjam-jam untuk melihat layar handphone. Hal ini dapat disebabkan karena pengguna sosial media sudah tenggelam dalam dunia maya yang dilihatnya dan berakibat munculnya rasa malas mengerjakan hal lain.
2. Banyaknya berita “hoax” yang mudah tersebar dan mendoktrin kita sebagai penerima berita untuk mempercayainya
3. Banyaknya penipuan yang terjadi
Salah satu kasus penipuan sering terjadi di dalam sosial media adalah kasus penipuan melalui modus cinta atau love scam. Di dalam kasus ini, biasanya pelaku akan mengajak berkenalan dan berpura-pura mencintai korban, namun hal ini dilakukan atas adanya maksud untuk menipu, memeras uang korban, bahkan dengan ancaman yang menjerumus kearah seksual
4. Tidak semua hal yang ada disosial media sesuai dengan ekspetasi,
Salah satu contohnya kasus ini adalah munculnya berita yang menjabarkan bahwa terdapat seorang Wanita yang pingsan saat bertemu dengan pria yang ia kenal di sosial media secara langsung. Hal ini dapat ditafsirkan bahwa mungkin wanita tersebut merasakan ketidaksesuaian dengan apa yang ia bayangkan pada pria yang ia kenal tersebut.

Setelah mengetahui manfaat dan dampak dari sosial media tadi. Di era digitalisasi ini kita diharapkan dapat memilah mana informasi yang benar atau yang tidak benar. Dan kita juga harus bisa mengendalikan diri agar tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif ataupun tidak bermanfaat pada diri kita.

Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=pRZxc3Edsuk



by Vera Dwi Angraini | 5112421046

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 30 = 31