Menukar Hasil Jepretan dengan Dollar

Di era digital dan pesatnya perkembangan teknologi ini, terdapat banyak sekali pengaruh baik negatif maupun positif pada berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, kita memiliki pilihan untuk memanfaatkannya atau justru merugi karena dampaknya. Untuk itu, kita perlu mengikuti perkembangan yang ada dengan terus mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi agar tidak tertinggal.


Mengikuti arus perkembangan dengan tetap memilah yang baik dan buruk merupakan hal yang sangat penting saat ini. Pada aspek ekonomi misalnya, bila kita tidak memahami dan memanfaatkan teknologi yang ada tentu akan menjadi bagian yang terbelakang. Berbagai profesi kini sudah berdampingan dengan teknologi digital. Bahkan, hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan pun dapat menghasilkan uang jika kita dapat memanfaatkan teknologi digital. Contohnya adalah menjual foto melalui internet.


Cara menjual foto ke internet nampaknya menjadi hal yang perlu dipahami baik oleh para fotografer maupun orang amatir sekalipun. Pasalnya, saat ini penghasilan fotografer tidak hanya berasal dari jasa memotret saja, namun juga bisa berasal dari penjualan foto miliknya di internet. Selain fotografer, orang lain juga dapat menghasilkan cuan dari menjual foto milik pribadi.


Terdapat banyak situs maupun aplikasi yang bisa menjadi tempat jual beli foto online, di antaranya yaitu Shutterstock, Canstockphoto.com, Canva.com, Bigstockphoto.com, Pond5.com, Picfair.com, 123RF.com, aplikasi Dreamstime, dan aplikasi EyeEm. Di situs-situs ini, setiap orang bisa menjual foto jepretannya dengan harga yang cukup menguntungkan.


Sebelum mengulas tentang tata cara jual foto di internet melalui platform-platform yang ada, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu syarat menjual foto di platform tersebut. Berikut ini beberapa syarat dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menjual foto:
1. Tentukan niche atau genre fotografi
2. Hasil foto harus orisinil
3. Tentukan platform untuk menjual foto
4. Aktif dalam menggunakan platform
5. Bangun audiens
6. Manfaatkan sosial media
7. Kesesuaian jenis dan resolusi file
8. Foto tidak mengandung unsur SARA


Setelah mengetahui hal-hal yang harus diiperhatikan sebelum menjual foto di internet, berikut langkah-langkah secara umum pada situs-situs yang ada yang dapat dilakukan:
1. Melakukan registrasi akun pada situs yang dipilih
2. Melakukan konfirmasi atau verifikasi akun
3. Pastikan telah memiliki akun untuk menerima pembayaran hasil penjualan foto sesuai situs yang digunakan (missal: Paypal, Payoneer, dan Skrill)
4. Menyeleksi dan mengunggah foto sesuai ketentuan yang ada pada situs
5. Menunggu review dari pihak situs
6. Menunggu pembelian foto
7. Setelah adanya transaksi, uang dapat dicairkan

Link tutorial: https://www.youtube.com/watch?v=Gu5j2KsnhKY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 35 − 28 =