Manfaat penggunaan M-Banking dalam bertransaksi online di zaman sekarang

Manfaat penggunaan M-Banking dalam bertransaksi Online di zaman sekarang
Oleh : fatur satria
NIM : 8111421168
M-Banking ialah fasilitas yang dapat memungkinkan nasabah pada suatu bank untuk dapat melakukan transaksi secara online di zaman sekarang, yang di mana dalam proses pelaksanaanya tidak perlu lagi mengantri di mesin atm tetapi hanya tinggal menggunakan smartphone seperti melakukan transfer, isi pulsa, token listrik hinggal yang lainnya dengan mudah.
Fungsi lain M-Banking selain dari pengertian di atas yaitu :

  1. Memungkinkan nasabah untuk dapat dengan mudah melakukan pengecakan soldo dan riwayat transaksi melalui smarphone.
  2. Dapat melakukan pembayaran transaksi keuangan antar orang ke orang dengan mudah dan gampang
  3. Dapat memberikan informasi mengenai letak ATM maupun kantor cabangnya yang terdekat
  4. Dapat menyajikan hasil laporan serta ringkasan tentang aktivitas keuangan yang sesuai dengan permintaan dari nasabah.
    Faktor yang mempengaruhi sikap terhadap penggunaan mobile Banking atau M-Banking menurut laporan Bank BRI dalam penelitiannya ada 6 faktor yang menjadi sebab masyarakat mau menggunakannya
  5. Keamanan sistem pada M-Banking
    Hal ini yang menjadikan faktor utama yang dijadikan prioritas oleh para nasabah dalam menggunakan jasa M-Banking, yang di mana dalam hal ini mampu maupun menjamin keamanan saat melakukan transaksi keuangan secara online.
  6. Memberikan kemudahan dalam suatu website untuk diakses
    Di mana dengan adanya M-Banking ini memudahkan para custumer ataupun nasabah pada suatu bank untuk dspat mengakses situs ataupun website dari jasa pelayanan perusahaan bank tersebut.
  7. Privasi pengguna
    Dalam hal ini sistem layanan transaksi keuangan yang dilakukan secara mobile sehingga para nasabah menginginkan privasi yang tinggi, ini dikarenakan tidak diinginkannya sebuah data diri dari para nasabah dapat diketahui ataupun dapat disebarkan dengan sengaja oleh perusahaan.
  8. Kehandalan layanan
    Di mana dalam kegiatan bertransaksi yang dilakukan menggunakan M-Banking dapat dilakukan di mana pun dan di jam berapa pun tanpa ada batasan waktu.
  9. Kredibilitas perusahaan jasa layanan perbankan
    kredibilitas perusahaan penyedia jasa layanan mobile banking. Perusahaan dengan tingkat kredibilitas yang tinggi lebih diminati nasabah untuk digunakan jasa layanan mobile banking-nya.
  10. Kecepatan koneksi jaringan
    Konsumen atau nasabah dewasa ini memiliki kebutuhan/tuntutan yang lebih kompleks pada penyedia jasa layanan perbankan secara mobile, sehingga memerlukan provider jaringan yang kuat. sehingga ini menjadi salah satu hal juga yang mendasar untuk bagi para pengguna mau memakai M-Banking tersebut.
    Transaksi merupakan kesepakatan yang dilakukan antara penjual dan pembeli dalam kegiatan menukar barang maupun jasa yang dilakukan secara langsung. Sedangkan transaksi online ialah salah satu metode pembayaran yang di mana transaksi untuk pembelian produk atau jasa, berinvestasi maupun dalam menggunakan jasa perbankan di lakukan secara online.
    Manfaat dari penggunaan Mobile Banking atau M-Banking dalam bertransaksi
  11. Hemat waktu
    Di mana transfer dana, cek saldo, membuat deposito dan lain-lain dapat dilakukan melalui handphone sehingga tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke bank.
  12. Praktis
    Dengan adanya Mobile Banking atau M-Bankinh ini membayar tagihan dengan mudah tanpa harus mengganggu waktu dan aktivitas.
  13. Dapat memntau saldo serta transaksi rekening dalam 24 jam
    Dengan Mobile Banking ini dapat memantau transaksi keuangan pribadi secara real time serta mengelola dana yang masuk ataupun keluar dari M-Banking.
  14. Gratis
    Mobile Banking yang ditawarkan bank biasanya tidak menggunakan biaya pendaftaran, aktivasi maupun administrasi bulanan.
  15. Aman
    Dalam menggunakan fitur-fitur di mobile banking biasanya terdapat kode verifikasi, PIN dan sistem keamanan yang telah di standarisasi pihak bank.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 3 = 6