PEMANFAATAN TELEGRAM DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN BISNIS.

Nama: UUT MILANDA , NIM: 4611422001, TEKNIK INFORMATIKA

Menurut sumber wikipedia Telegram adalah aplikasi pesan instan multiplatform berbasis cloud yang gratis dan bersifat nirlaba. Aplikasi Telegram banyak tersedia untuk beragam sistem operasi seperti Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch, serta perangkat komputer seperti Windows, MacOS X, dan Linux. Dengan Telegram, pengguna dapat saling berkirim pesan teks, foto, video, audio, dokumen, sticker, dan beragam tipe berkas lainnya.

Telegram dikembangkan oleh perusahaan Telegram Messenger LLP didukung wirausahawan Rusia Pavel Durov. Kode client-side Telegram bersifat gratis, sedangkan server-side tertutup dan hanya dimiliki perusahaan. Layanan Telegram juga menyediakan API untuk pengembang (developers) agar dapat membuat stiker animasi, perubahan tampilan, widgets, hingga bot. Informasi dan kebutuhan API Telegram dapat diakses melalui laman core.telegram.org. Adapun beberpa fitur di Telegram yaitu sebagai berikut;

1. Secret chat

Secret Chat merupakan fitur chat rahasia yang dihadirkan Telegram untuk memastikan privasi dan keamanan berkomunikasi antar pengguna lebih terjamin. Fitur ini memanfaatkan teknologi client-to-client dengan protokol keamanan MTProto. Dengan teknologi tersebut, komunikasi antar pengguna tidak akan tersimpan di server cloud Telegram, berbeda dengan chat default Telegram yang semuanya tersimpan di cloud.

2. Grup Telegram

Sama seperti aplikasi pesan instan lainnya, Telegram juga memungkinkan pengguna untuk memuat grup. Berbeda dengan WhatsApp yang hanya mampu menampung 256 anggota, grup di Telegram dapat menampung hingga 200 ribu anggota. Dengan batas jumlah anggota yang begitu besar tersebut, pengguna akan lebih leluasa dalam mengelola bisnis atau komunitas tertentu.

3. Channel Telegram

Selain Grup, Telegram juga memungkinkan pengguna untuk membuat Channel. Fitur ini diluncurkan pada bulan September 2015 dan di peruntuhkan untuk membangun suatu komunitas tertentu dengan jumlah pengikut tanpa batas. Fungsinya mirip seperti grup, namun hanya pembuat Channel yang dapat mengirim pesan.

4. BOT Telegram

Juni 2015, Telegram meluncurkan platform untuk para developers (pengembang pihak ketiga) untuk membuat akun Bot. Bot adalah akun Telegram yang dioperasikan oleh sebuah program otomatis. Contohnya ketika pengguna berkirim pesan ke Bot dengan perintah yang dipahami Bot maka Bot akan menjawab pesan tersebut secara langsung.

Dalam fitur yang dimiliki Telegram maka hal itu bisa dimanfaatkan untuk dunia pendidikan dan bisnis contohnya adalah.

A. Dalam dunia bisnis dan pendidikan fitur secret chat dapat dimanfaatkan sebagai pengirim informasi pribadi terhadap pelajar dan instansi begitu juga dengan dunia bisnis bisa dimanfaatkan untuk pengiriman berkas penting yang bersifat rahasia.

B. Group Telegram sudah sering dimanfaatkan untuk dunia pendidikan apalagi di beberapa Universitas sering dijadikan alat komunikasi antara Dosen dan mahasiswanya terkadang digunakan untuk mata kuliah umum yang pesertanya banyak terkadang ada Dosen yang memanfaatkan Telegram sebagai penyampai informasi. Sedangkan dalam dunia bisnis mereka bisa membuat group yang kemudian linknya disebar diberbagai platfrom untuk orang orang diluar bisa bergabung dan pihak perusahaan membagikan produk yang akan mereka promosikan atau mereka bisa membagikan tips-tips cara menggunakan product itu dan hal ini akan membuat customer merasa dekat dengan penjual.

C. Channel Telegram juga bisa dimanfaatkan untuk membentuk komunitas dalam jumlah besar dalam dunia pendidikan maupun bisnis bahkan sudah begitu banyak ditelegram beberapa channel Universitas hal itu berguna bagi orang yang terarik dalam universitas itu untuk mendapatkan informasi dengan sumber terpercaya. Dalam dunia bisnis pun sama sudah banyak perusahaan yang menggunakan fitur ini untuk mengarahkan grafik penjualan dan promosi secara meningkat.

D. Bot Telegram hal ini juga sudah umum dilakukan di semua instansi untuk memberikan informasi menyebar dengan pesan yang sama hal ini sangata memudahkan penggunanya karena tanpa tanya panjang lebar hanya dengan beberapa klikan kata kita bisa medapat informasi yang kita inginka.

Itulah bebarapa peran telegram dalam dunia pendidikan saya harap hal yang saya sampaikan dapat memberikan sedikit pengetahuan dan jika ada salah-salah kata mohon dimaafakan sekian Terima Kasih.

Berikut ini adalah link video penjelasaan https://youtu.be/Bw-_ewDuQ70

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 4