GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE

Saat ini teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Information and Communication Technology (ICT) sudah semakin berkembang, dan memberikan pengaruh terhadap berbagai bidang. Salah satunya pada bidang Pendidikan.

Dunia pendidikan saat ini mulai mengintegrasikan teknologi pada berbagai aspek termasuk dalam pembelajaran. Kebijakan pendidikan diarahkan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sehingga mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu menghadapi tantangan global.

Model pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran pada penelitian ini mengacu kepada Munadi (2013) yang mengklasifikasikan pemanfaatan komputer dalam pembelajaran ke dalam berapa bentuk termasuk pemanfaatan multimedia presentasi, kemudian berkaitan dengan pemanfaatan internet dalam pembelajaran yang mana termasuk di dalamnya pemanfaatan website. Salah satu pemanfaatan website yaitu dalam pembuatan media pembelajaran.

Media pembelajaran adalah media yang dirancang untuk merangsang pemikiran peserta didik sehingga terjadinya proses pembelajaran. Media pembelajaran memuat informasi yang apat berupa pengetahuan maupun menjadi sarana bagi peserta didik untuk melakukan aktifitas belajar berupa membaca, mengamati, mengerjakan soal, dan lain-lain. Media pembelajaran bukan sekedar benda fisik, namun segala sesuatu yang sudah berisi materi pembelajaran sehingga memungkinkan seseorang memanfaatkannya untuk belajar guna memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau perubahan sikap (Sahid, 2010).

Google sites adalah salah satu produk dari google sebagai tools untuk membuat situs. Pengguna dapat memanfaatkan Google Sites karena ia mudah dibuat dan dikelola oleh pengguna awam. Seringkali pengguna berhenti di tengah jalan dalam membuat atau memelihara sebuah situs karena tantangan kompleksitas pembuatan serta pemeliharaannya. Google sites menjadi tools yang menarik untuk dipelajari. Pertama, ia gratis. Kedua, ia mudah dibuat. Ketiga, ia memungkinkan pengguna berkolaborasi dalam pemanfaatannya. Keempat, ia menyediakan 100 GB penyimpanan online gratis. Kelima, tentu saja searchable (dapat ditelusuri) menggunakan mesin pencarian google. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan media pembelajaran menjadi lebih menarik dan juga mudah dipahami oleh siswa.

Fitur-fitur yang terdapat dalam Google Sites ini yaitu ada insert, pages, dan themes yang merupakan fitur terkait pengisian konten, pengaturan halaman dan tampilan. Fitur nama Site dilengkapi nanti dengan berbagai pilihan tampilannya. Pada fitur insert terdapat fitur lain yaitu text box, images, embed dan upload. Ini menunjukkan sumber konten dari mana atau berupa apa yang akan diisikan nanti di halaman. Pada fitur pages, terdapat fitur icon tambah pages yang artinya untuk menambah page yang kita butuhkan pages apa saja silahkan kita tambahkan. Jika ingin menambah sub pages juga bisa jika kita butuhkan. Untuk fitur themes terkait dengan font style dan colournya bisa memilih sesuai keinginan pengisi konten. Fitur-fitur yang ada masih dalam keadaan kosong. Kekosongan inilah yang akan menjadi lahan bagi pendidik untuk mengisi sesuai dengan kreatifitas yang dimilikinya. Ketika bahan belajar atau media pembelajarannya sudah jadi,  guru bisa langsung membagikan link google sites tersebut kepada siswa bisa langsung mengaksesnya. 

Contoh Website dan Tutorial Pembuatannya dengan Google Sites

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 41 − = 38