Meminimalisir Penyebaran Berita Hoax dalam Media Sosial

Metode preventif dalam mencegah dan meminimalisir penyebaran berita hoax dalam lingkup sosial media

Dalam era digital ini, sudah sepastinya penggunan media sosial dalam barang elektronik yang kita gunakan sehari-hari, sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan manusia. Hal ini menandakan bahwa dalam era ini, manusia mendapatkan informasi, berita, dan pengetahuan mayoritas berasal dari media sosial yang telah kita andalkan dalam keseharian hidup kita.

Penggunaan media sosial di Negara Indonesia tercatat selalu meningkat dalam angka nya, pada penelitian yang dilakukan oleh lemabaga We Are Social tepat pada Januari 2022, Pengguna aktif media sosial Di Indonesia mencapai angka 191 juta. Kenaikan angka ini selalu terjadi pada tiap tahunnya. Dimana tercatat terdapat kenaikan sebesar 12.35% bila dibandingkan dengan pengguna aktif media sosial di Negara Indonesia pada tahun 2021 yang berada dalam angka 170 orang.

Kenaikan angka dalam penggunaan media sosial ini memberitahu kita sebuah hal dimana akan makin banyak informasi-informasi dan media yang akan tersebar dan terkonsumsi oleh pengguna media sosial yang selalu bertambah setiap tahunnya. Informasi-informasi dan media yang akan dikonsumsi akan datang dari segala sumber dan arah yang kredibilitas nya tidak dapat selalu dipertanggungjawabkan pada setiap saat. Hal ini lah yang mengawali pada cikal bakal maraknya berita-berita hoax atau berita yang tidak dapat divalidasi mengalir seperti sungai deras dalam lingkungan media sosial.

Hoax dalam media sosial merupakan hal yang sudah menjadi pengetahuan umum dan sudah dicoba untuk ditangani dari saat informasi-informasi dan berita hoax mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia. Pada faktanya literasi digital yang rendah diiringi dengan berkembang pesatnya penggunaan media sosial merupakan dua perpaduan yang menjadi faktor mudah nya masyarakat menelan informasi di media sosial secara mentah-mentah. Fenomena sosial ini akan menyebabkan banyak munculnya ancaman-ancaman dalam intergritas nasional di Indonesia, dikarenakan apabila berita hoax yang tersebar memiliki unsur SARA , hal tersebut akan cepat memicu konflik di daerah-daerah dimana informasi dan berita hoax itu tersebar.

Dalam mengatasi ini, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengantisipasi maupun menahan lajunya penyebaran hoax yang sedang berlangsung di media sosial :

  • Melakukan Verifikasi Terhadap Sumber Informasi Berita

Setiap informasi yang kita konsumsi, kredibilitas dari informasi tersebut harus dapat bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, maka dari itu memverifikasi asal sumber berita itu merupakan salah satu hal utama dalam melihat kredibiitas suatu informasi atau berita. Dari banyaknya sumber-sumber yang menunggah berita-berita dan informasi setiap harinya, hanya ratusan yang kredibilitasnya sudah terverifikasi. Oleh dari itu, kita harus mencermati tempat atau situs dimana informasi atau berita terkait diunggah

  • Berhati-Hati dengan judul berita yang kontroversial

Dalam era media ini, banyak media-media artikel yang sengaja mengimplementasikan hiperbola dalam judul-judul berita yang mereka buat, hal ini digunakan untuk menarik banyak perhatian terhadap berita atau artikel yang mereka buat. Sebagai pembaca kita harus melakukan verifikasi dengan melihat referensi-referensi berita yang serupa agar kita bisa mengetahui isi dari berita tersebut tanpa terhasut dengan artikel berita yang sama, namun dengan judul yang sengaja dibuat kontroversial.

  • Mengurangi Memposting Ulang Sebelum Mengetahui Kredibilitas

Sosial media sering kali memberiikan pilihan untuk memposting ulang sebuah berita atau informasi dalam segala bentuk. Sebelum memposting ulang suatu informasi atau berita, kita harus mencari kredibilitas dari informasi maupun berita yang terkait. Memposting ulang sebuah informasi atau berita datang dengan konsukensinya sendiri, memposting ulang berita atau informasi yang ternyata terungkap merupakan sebuah hoax maka sama saja dengan kita berkontribusi dengan penyebaran hoax yang sedang beredar itu sendiri.

  • Melaporkan Berita Hoax

Setiap berita hoax yang kita temui di media sosial dapat kita laporkan dengan kementerian komunikasi dan informatika, hal ini dapat langsung mengeliminasi hoax yang sedang beredar karena hoax tersebut akan segera ditangani dan ditindak tegas. Hal lain yang lebih mudah dapat kita lakukan adalah memberikan wawasan terhadap lingkungan terdekat kita akna berita hoax yang sedang beredar.

Beberapa hal di atas dapat kita lakukan untuk meminmalisir dan menghambat laju perederan hoasx yang sedang terjadi, simak video berikut untuk penjelasan jelas akan hal-hal yang dapat ktia lakukan akan penanganan hoax yang sedang beredar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 10 + = 19