Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Membangkitkan Ekonomi

Kemampuan teknologi menghubungkan kita semua tanpa batas dalam ruang dan waktu dalam kemajuan teknologi saat ini dapat memberikan dampak positif dan negative. Maka kita harus memanfaatkan kemampuan teknologi ini dengan positif dan produktif, serta bijak dalam memanfaatkannya. Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan manusia telah memberi banyak kemudahan. Selain memudahkan manusia untuk berkomunikasi, teknologi ini juga membantu mencari serta mendapatkan informasi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media.

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak hanya dirasakan beberapa pihak, melainkan oleh semua kelompok masyarakat. Mulai dari siswa hingga pekerja, semuanya merasakan manfaat dari TIK. Salah satu manfaatnya sebagai sarana komunikasi untuk membangkitkan ekonomi.

Banyak unit usaha yang memanfaatkan teknologi informasi ini untuk mengembangkan bisnisnya. Sistem informasi yang sebelumnya hanya digunakan untuk kepentingan berkomunikasi, menunjukkan manfaat yang besar dalam dunia bisnis. Adapun manfaat teknologi informasi dalam dunia bisnis adalah untuk membantu proses dan operasi, pengambilan keputusan, dan membentuk strategi untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif.

Cara menggunakan pemanfaatan dari teknologi informasi dan komunikasi yang baik dan benar agar dapat bisa membangkitan ekonomi yaitu salah satunya menggunakan teknologi e-cormmerce dan sosial media

E-cormmerce

E-cormmerce adalah salah satu bentuk atau contoh berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan pemanfaatan e-commers dapat memudahkan kita untuk menjual produk kepada lebih banyak orang, dan tidak perlu membuka banyak cabang , biaya yang dikeluarkan juga tidak banyak, konsumen tidak perlu datang ke toko cukup ke internet/web untuk memesan barang. Dengan menggunakan manfaat teknologi ini kita berjualan jadi lebih mudah hanya perlu menggunakan aplikasi saja dan bisa dilakukan di rumah saja.  Contohnya seperti aplikasi bukaklapak, tokopedia, shopee, dan lazada.

Sosial media

Dari sosial media kita dapat berkomunikasi dengan siapa pun tanpa adanya hambatan jarak. Mulai dari mengirim pesan, berbagai informasi, hingga mencari sesuatu informasi yang sedang hangat di masyarakat. Melakukan promosi melalui media sosial juga terbukti ampuh dengan penghasilan yang lebih meningkat dan berkembang dari waktu ke waktu. Semua orang mempunyai media sosial dan ini menjadikan produk mudah dikenal. Berkat adanya media sosial dengan beragam bentuk juga beragam cara yang bisa digunakan untuk melakukan promosi tersebut atau pun ilmu yang bisa memberikan kebermanfaatan pada market. Dengan media sosial dapat membantu perusahaan atau usaha kita berusaha sehingga dapat meningkatkan perekonomian, karena yang pastinya mengurangi biaya yang dike luar untuk promosi suatu produk.

Pandai memanfaatkan teknologi dengan baik agar mendapatkan dampak positif dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya dapat membangkitkan perekonomian atau keuangan kita. Dengan demikian, diharapkan dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri sehingga dapat memutuskan dan mempertibangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan TIK secara cepat dan optimah sehingga kita dapat manfaatnya dari perkembangan TIK, termasuk implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.

https://youtu.be/ikyTG9jDtsY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 34 + = 41