Pengaplikasian Mendeley: Pengertian, Cara Download dan Install untuk PC/Laptop

Sebagai mahasiswa, teman-teman pasti pernah mengalami kesulitan dalam mensitasi daftar pustaka. Apakah kalian sudah mengenal mendeley? Atau jangan-jangan, ini pertama kalinya kalian mendengar kata mendeley?

Mendeley merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu kamu dalam menyusun skripsi, laporan, hingga jurnal. Kamu dapat menggunakan Mendeley ini sebagai plugin di dalam Microsoft Word seperti penggunaan plugin di dalam browser.

Apa itu Mendeley?

Dalam sebuah penulisan karya ilmiah, jurnal, skripsi, atau laporan, kamu pastinya membutuhkan berbagai referensi dari penulisan lainnya. Kumpulan referensi tersebut nantinya akan disusun menjadi daftar pustaka atau citation yang tidak boleh terlewatkan.

Jadi, Mendeley adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berbentuk plugin di dalam Microsoft Word. Kamu hanya perlu memasukkan data yang diminta ke dalam Mendeley dan sistemnya akan langsung menghasilkan daftar pustaka atau sitasi yang sudah disesuaikan dengan standar nasional ataupun internasional.

Bagaimana Cara Memasang Mendeley di Word?

  1. Buat akun di web mendeley

Untuk kalian pengguna windows 2019 ke atas, kalian bisa buka web mendeley refference manager, lalu buatlah akun kalian di sana.

  • Klik tools di kiri atas lalu klik install mendeley cite for microsoft word

Jika kalian sudah berhasil masuk ke laman web mendeley, klik tools pada kiri atas halaman, lalu klik install mendeley cite for microsoft word. Setelah itu klik “get it now”.

  • Login dengan akun microsoft

Setelah step tadi, kalian akan diarahkan ke akun microsoft dan biasanya kalian harus login ke akun microsoft kalian.

  • Klik buka di word atau add in

Setelah login ke akun microsoft, kalian bisa langsung klik buka di word agar diarahkan langsung ke laman word. Namun, jika tidak bisa kalian bisa klik add in untuk install mendeley cite secara manual melalui insert-add in.

  • Mendeley sudah bisa digunakan!

Bagaimana Cara Menggunakan Mendeley di Word?

  1. Install Mendeley di Word

Kamu perlu meng-install mendeley di wprd terlebih dahulu untuk bisa menggunakan mendeley. Caranya seperti yang sudah dijelaskan di atas ya.

  • Memasukkan Referensi Ke Dalam Mendeley

Setelah Mendeley siap untuk digunakan, kamu dapat langsung memasukkan referensi yang digunakan ke dalamnya. Kamu dapat masuk ke dalam tab ‘Reference’, kemudian masukkan seluruh dokumen referensi ke dalam folder Mendeley.

Seluruh dokumen yang telah masuk ke dalam folder tersebut akan ditarik datanya oleh Mendeley untuk mengambil informasi yang dibutuhkan. Jadi, kamu tidak perlu susah-susah memasukkan data secara satu per satu.

  • Mengubah Format Sitasi dan Daftar Pustaka

Mendeley menyediakan berbagai pilihan format sitasi atau daftar pustaka yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, pastikan kamu sudah mengubah formatnya terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam Microsoft Word.

  • Menyisipkan Sitasi dan Daftar Pustaka Ke Dalam Microsoft Word

Tahapan terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menyisipkan sitasi dan menambahkan daftar pustaka ke dalam Microsoft Word. Untuk menyisipkan sitasi, kamu hanya perlu masuk ke dalam menu ‘Reference’ > ‘Insert Citation’. Sedangkan untuk menambahkan daftar pustaka, kamu bisa memilih ‘Insert Bibliography’.


Mudah, kan, cara menggunakan Mendeley di Word sesuai dengan informasi yang diberikan di atas? Jadi, itu saja informasi yang dapat saya sampaikan kepada kamu mengenai apa itu Mendeley dan cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak video tutorialku di bawah ini, selamat menonton!

Nama: Zahra Rani Salsabila
NIM: 8111421417
Prodi: Ilmu Hukum

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 1 + 8 =