SEMUA ADA JALANNYA, TEKNOLOGI AI DI GOOGLE MAPS SOLUSINYA

Apa itu Teknologi AI? Apa itu kepanjangan dari AI? Artificial Intelligence atau biasa disebut AI adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan komputer dan teknologi untuk mensimulasikan perilaku cerdas dan pemikiran kritis yang sebanding dengan manusia. Layanan” yang menggunakan teknologi AI ini ada banyak dan dapat kita temukan dimana-mana, seperti Google Assistant, Siri, Google Translate, Permainan Komputer, dan lain sebagainya.

Artificial Intelligence ini memungkinkan teknologi dan komputer dapat menerima pengetahuan melalui input manusia dengan simulasi proses penalaran dan cara berpikir manusia untuk memperoleh suatu solusi. Meski tidak memungkinkan mendapatkan pengetahuan, pengalaman dan meneliti seperti manusia, akan tetapi penggunaan teknologi dan komputer dapat memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan melalui usaha yang diberikan dari pakar manusia.

Dalam program Google Maps, Artificial Intelligence digunakan untuk memberikan informasi atau sebuah petunjuk kepada penggunanya dalam pencarian lokasi atau rute. Google Maps merupakan program navigasi yang memiliki banyak fitur dimana akan membuat kita menemukan apa yang kita cari.

Johann Lau, Group Product Manager Google Maps, mengatakan adanya perubahan data pada Google Maps dalam memprediksi rute. Hal ini dikarenakan wabah covid-19 menimbulkan kepadatan lalu lintas menurun. Namun kita tidak perlu risau akan hal ini karena fitur dari Google Maps telah diperbarui. Dikarenakan pandemi covid-19 yang telah menyebabkan arus lalu lintas dan navigasi tersebut terganggu, fitur pada Google Maps harus diperbarui agar dapat menemukan rute atau dapat memprediksikan lalu lintas paling aman dan efisien.

Sekarang ini Google Maps telah dilakukan pembaruan seperti adanya peningkatan dalam fitur live view, petunjuk jalan yang lebih detail, rute yang lebih akurat, dan menambahkan tampilan sebuah tempat yang dapat dilihat secara 3D. Dalam peningkatan fitur live view, pengguna dapat melakukan navigasi secara 3D menggunakan kamera pada ponsel masing-masing. Pembaruan pada petunjuk jalan juga akan membuat penggunanya lebih memahami detail jalan yang akan dilalui agar tidak tersesat. Navigasi dalam pencarian rute harus lebih akurat agar pengguna tidak mengalami kesalahan dalam menentukan rute yang akan dipilih. Selain itu, menambahkan tampilan sebuah tempat yang dapat dilihat secara 3D sangat berguna. Dengan ini pengguna tidak perlu keluar untuk melihat suatu tempat.

Google Maps akan berjalan saat kita mengaktifkan fitur GPS. Apa sih GPS itu? GPS (Global Positioning System) adalah suatu sistem navigasi dalam penggunaan lebih dari 24 satelit MEO (Medium Earth Orbit atau Middle Earth Orbit) yang mengelilingi bumi sehingga penerima-penerima sinyal di permukaan bumi dapat menerima sinyal. Satelit GPS secara konstan akan mengirimkan sinyal radio digital yang di dalamnya terdapat data lokasi satelit dan waktu kepada penerima yang berhubungan.


Link video Youtube: https://youtu.be/2EL6_MzhVFs

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 5 + 3 =