Apa Itu Steam? Bagaimana ia menguasai pasar game digital?

Siapa yang tidak tau steam? mungkin bagi bukan pemain game steam adalah hal yang asing. Bagi pemain video game seperti penulis ini adalah hal yang tidak asing. Steam kerap kali hadir di berbagai laptop maupun computer dari penggemar video game saat ini. Ingin tahu apa itu steam? dan bagaimana steam dapat menguasai pasar video game digital? Langsung baca saja artikel ini.


Apa itu Steam?
Steam adalah platform untuk menyalurkan video game digital oleh valve. Waktu itu setam pertama kali diperkenalkan di Game Developers Conference (GDC) pada 2002. Satu tahun setelahnya, Valve meluncurkan Steam secara resmi. Awalnya, Steam dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para pemain mengunduh patch dan update dari game online. Namun, Valve punya rencana lain untuk Steam, yaitu menjadikannya sebagai platform distribusi game digital di PC.
Valve lalu mulai menyediakan fitur berlimpah seperti otentikasi online, game launcher, dan DRM (Digital Rights Management). Pada 2004, Valve mengumumkan bahwa ke depan, semua game yang dibuat oleh valve hanya dapat dimainkan di steam. Keputusan ini membuat banyak orang marah. Salah satu alasannya, karena ketika itu, Steam masih memiliki banyak bug, yang sering membuat game menjadi crash. Tak hanya itu, antarmuka Steam juga tidak sebagus seperti sekarang

.
Bagaimana Steam Menguaasai pasar game digital?
Sama seperti yang dijelaskan sebelumnya, awalnya steam hanyalah tempat untuk mengupdate game dari valve dan juga hanya sebagai tempat untuk host server dari game Counter Strike. Semakin lama steam semakin berevolusi, ia menjadi tempat untuk valve menjual game yang dimilikinya. Saat peluncuran game Half-Life 2, valve merilis game tersebut dalam dua bentuk, yaitu fisik dan digital, akan tetapi game fisiknya juga perlu menginstal steam agar dapat berjalan. Steam juga menerapkan anti cheat untuk game onlineya yang membuat pemain game dapat bermain tanpa takut adanya cheater.
Beberapa tahun setelahnya semakin banyak developer game yang tertarik untuk menyalurkan game mereka di steam. Mereka menganggap jika menyalurkan game disteam lebih mudah dan dapat dijangkau oleh siapapun, Pihak valve juga memperbarui steam menjadi semakin menarik, semakin bagus, dan semakin banyak fitur yang tak terhitung jumlahnya. Sampai saat ini steam merupakan salah satu platform distribusi game yang memiliki banyak usernya, bahkan menjadi yang terbanyak nomor 1 sedunia. Steam juga miliki game yang tak terhitung jumlahnya, begitu juga dengan fiturnya yang semakin diperbarui.

Daftar Pustaka
Amalia, E. I. (2020, April 4). Hybird. Retrieved from Hybird.co.id: https://hybrid.co.id/post/sejarah-valve
Yuen, R. (2021, November 12). Linked In. Retrieved from Linkedin.com: https://www.linkedin.com/pulse/rise-steam-case-study-most-dominant-force-gaming-ryan-yuen



You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 36 − 27 =