Pemanfaatan Platform Donasi Digital untuk Penggalangan Dana di Indonesia

Perkembangan teknologi telah membawa masyarakat saat ini ke dalam situasi dimana hampir semua aspek kehidupan sangat erat kaitannya dengan penggunaan teknologi itu sendiri. Perubahan yang signifikan dapat dilihat melalui keberadaan internet sebagai wujud nyata dari perkembangan teknologi ini. Internet seakan menjadi kunci bagi dunia modern untuk berada dalam situasi di mana setiap orang dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan mengakses informasi yang mereka inginkan dengan satu penekanan tombol hanya dengan satu perangkat.

Hal ini tentu didukung dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan internet. Pertama, Internet bekerja tanpa henti untuk memberikan efisiensi kepada penggunanya. Kedua, Internet mampu memberikan informasi gratis untuk kenyamanan penggunanya. Ketiga, Internet menyediakan informasi secara cepat dan langsung.

Perkembangan teknologi telah memudahkan manusia untuk melakukan berbagai aktivitas. Ini tidak terkecuali untuk penggalangan dana dan pemberian secara online, yang biasa disebut sebagai donasi digital.

Apa itu donasi digital? Seperti namanya, donasi digital adalah hadiah yang dibuat secara digital atau online. Hal ini memudahkan penggalang dana untuk mencari donatur dan bagi donatur untuk memberikan bantuan atau donasi. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan donasi digital semakin meningkat dan berhasil membantu puluhan juta orang di Indonesia.

Kalau kamu belum pernah berdonasi secara digital tapi tertarik, yuk simak apa itu donasi digital, manfaatnya, dan contohnya dari platform Indonesia.

Donasi digital umumnya merupakan kegiatan penggalangan dana dengan cara lain yaitu melalui platform online. Berdonasi dengan cara ini memudahkan orang untuk berbagi dengan sesama tanpa harus bertemu langsung. Namun, banyak orang menghindari melakukannya karena kurangnya pengetahuan tentang pemberian digital dan platform yang menawarkannya. Mereka juga mempertanyakan transparansi penyaluran donasi yang terkumpul.

Bahkan, informasi tentang apa itu donasi digital dan untuk apa donasi itu tersedia dengan mudah di internet, termasuk transparansi tentang jumlah donasi dan distribusi hadiah itu sendiri. Platform donasi yang berbeda dengan tujuan yang berbeda dapat dipilih tergantung pada keinginan dan kemampuan pendonor. Perlu dicatat bahwa calon donatur harus berhati-hati saat memilih platform donasi digital. Ketika diperlukan untuk memastikan kredibilitas dan transparansi platform dalam mengumpulkan dana dan mendistribusikan dana kepada mereka yang membutuhkannya.

Salah satu penyedia crowdsfunding  donasi, baik secara web maupun aplikasi, adalah Kitabisa. Kitabisa.com adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang sosial atau  social enterprise yang memanfaatkan mutakhirnya ilmu teknologi sebagai pengelola finansial pengumpulan dana (fundraising) yang berbasis  digital (crowdfunding).

Selain lewat Kitabisa.com web lainnya yang menjadi wadah dan mempertemukan antara orang-orang yang ingin membantu (pembuat campaign dan para donatur) dengan orang yang perlu dibantu diantaranya Saweria, WeCare.id , PeduliSehat.id, hingga Peduly.com.

Bahkan pengumpulan donasi bisa lewat live streaming juga. Seperti yang telah dilakukan salah satu youtuber,yaitu  Windah Basudara yang berhasil mengumpulkan Rp300 juta lebih untuk didonaskan kepada Rahmat alias Okky Boy. Donasi tersebut dikumpulkan lewat siaran langsung di Youtube tak sampai 3 jam. Rencananya, donasi ini akan digunakan sebagai biaya pendidikan Rahmat serta anak-anak lain yang membutuhkan. Pengumpulan donasi lain juga sering dilakukan oleh youtuber Windah Basudara.

Setelah memahami apa itu donasi digital, mari kita ketahui kelebihan dari penggunaannya dibanding donasi dengan sistem offline.

1. Praktis

            Kini, segala hal menjadi lebih praktis apabila dilakukan secara online, termasuk dalam hal pemberian donasi. Anda tidak perlu lagi ke luar rumah untuk bisa berdonasi, melainkan cukup melalui smartphone yang didukung oleh internet. Anda pun bisa berdonasi kapan saja dan di mana saja, serta tidak perlu melampirkan persyaratan khusus.

2. Target yang Lebih Luas

            Donasi digital memiliki target yang lebih luas sehingga tidak terbatas pada kalangan tertentu. Contohnya donasi untuk bencana alam, penyandang disabilitas, pendidikan, bahkan hewan-hewan terlantar. Dengan begitu, semakin banyak pihak-pihak yang bisa terbantu, dan donatur pun bisa memilih dengan bebas dalam bentuk apakah mereka akan berdonasi.

3. Pengumpulan Donasi yang Lebih Cepat

            Donasi digital juga membuat proses pengumpulan donasi menjadi lebih cepat. Pasalnya, satu unggahan donasi di media sosial saja bisa menghasilkan banyak donatur. Dengan begitu, dana yang terkumpul akan lebih cepat tersalurkan pula kepada mereka yang membutuhkan.

4. Lebih Transparan

            Donasi merupakan kegiatan yang membutuhkan transparansi guna membangun kepercayaan antara donatur dengan pihak yang menggalang dana. Dalam hal ini, donasi digital memberikan transparansi yang lebih baik karena mampu menampilkan total dana yang terkumpul, dana yang tersalurkan, hingga dokumentasi terkait. Berbeda halnya dengan donasi offline yang tidak begitu transparan dan rawan akan oknum penipu yang mengatasnamakan yayasan atau lembaga tertentu.

5. Terasa Lebih Privat

Tidak semua orang merasa nyaman ketika berdonasi, terlebih apabila diketahui berapa jumlahnya. Dengan donasi digital, donatur bisa berdonasi secara lebih privat dan tidak diketahui siapa pun. Donatur bahkan bisa menyamarkan nama asli atau dengan menggunakan identitas anonim.

Namun, pesatnya kegiatan donasi dan penggalangan dana online nyatanya tidak luput dari risiko penyalahgunaan. Seringkali Anda bertemu dengan beberapa orang yang memanfaatkan simpati masing-masing untuk membuat penggalangan dana dengan tujuan dan urgensi yang tidak jelas. Bahkan ada yang mencoba mempermainkan emosi netizen dengan cerita yang dibangun dan diakhiri dengan laporan yang tidak bisa dijelaskan validitas atau ketidakabsahannya. Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi berbagai pihak. Netizen tentunya adalah orang-orang kunci yang membutuhkan pelatihan filantropi online. Tentunya suasana yang positif  harus mendukung niat dan ketulusan hati untuk berbuat kebaikan.

Link Youtube : https://youtu.be/xopm3iySIdg

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 3 = 1