Pentingnya Literasi Digital bagi Generasi Muda

Oleh      : Muhammad Royyan Najib

NIM       : 5211421065

Bagi sebagian orang mungkin masih awam mendengar istilah literasi digital. Jadi apa sih yang dimaksud dengan literasi digital? Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, membuat, dan mengkomunikasikan informasi, yang membutuhkan keterampilan kognitif dan teknis. Menurut ahli, Paul Gilster mendefinisikan literasi digital sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber dengan sangat luas yang diakses melalui piranti komputer.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam mengolah informasi yang diakses melalui media digital. Mengolah artinya dapat menemukan, mengevaluasi, menggunakan, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, dan patuh hukum yang berlaku.

Pada saat ini literasi digital sangat diperlukan untuk dapat berpartisipasi pada dunia yang modern ini. Hasil riset yang dipublikasikan oleh Mitchell Kapoor  (dalam Sutrisna, 2020) menunjukkan bahwa keahlian dalam mengakses media digital telah dimiliki generasi muda, tetapi kemampuan tersebut belum bisa selaras dengan kemampuan dalam mencari informasi untuk kepentingan pengembangan diri. PISA (Program for International Student Assesment) menyatakan Indonesia berada pada peringkat 72 dari 77 negara untuk kategori membaca. Data tersebut menunjukkan bahwa semakin menurunnya budaya membaca masyarakat padahal tingkat literasi masyarakat Indonesia masih di tingkat rendah, sehingga literasi digital diperlukan. Pengetahuan tentang literasi merupakan dasar yang perlu dalam memahami digital di era industri 4.0 ini.

Hal-hal di atas mengindikasikan betapa pentingnya literasi digital di era sekarang ini khususnya bagi generasi muda. Tour (dalam Harjono, 2018) menyatakan bahwa literasi digital yang diperlukan adalah kemampuan untuk memproses informasi, menyebarkan pengetahuan yang dimiliki, memanfaatkan media digital dalam upaya produktivitas, dan mengasah kreativitas dalam koneksi di media sosial secara profesional, bukan hanya dapat mengoperasi-kan komputer untuk membaca atau menulis seperti konteks literasi pada umumnya. Dengan memahami literasi digital masyarakat dapat memanfaatkan teknologi secara positif dan bijak.

Di era milenial seperti sekarang, media digital tak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, literasi digital sangat penting dipahami oleh generasi muda yang pastinya akrab dengan perangkat elektronik. Berikut manfaat dan pentingnya literasi digital bagi generasi muda:

  • Menciptakan generasi yang kritis dalam menggunakan media digital

Terdapat berbagai informasi yang tersebar di dunia digital. Informasi ini dapat dibuat dengan mudah dan dapat diakses oleh siapa saja. Dengan pemahaman literasi digital yang baik, generasi muda dapat lebih selektif dalam menerima informasi. Hal ini dapat mencegah hal-hal negatif seperti penyebaran berita hoax yang marak terjadi belakangan ini.

  • Generasi muda bisa lebih kreatif, inovatif, dan produktif

Literasi digital dapat membantu generasi muda untuk berpikir kreatif dan inovatif sehingga dapat lebih produktif dalam berkarya.

  • Menciptakan interaksi digital yang sehat

Literasi digital mampu menciptakan generasi muda yang lebih bijak dan cerdas. Hal ini dapat mencegah ujaran kebencian sehingga menciptakan interaksi yang lebih sehat dalam dunia digital.

Link Youtube : https://youtu.be/AkZSNoMt0cw

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 39 + = 48