Peran Mahasiswa Sebagai Warga Negara dalam Mempertahankan Identitas Bangsa Indonesia

Identitas adalah suatu pembeda kepribadian atau jati diri yang dimiliki suatu bangsa yang membedakan oleh bangsa lain. Arti “identitas” menurut KBBI adalah ciri-ciri, keadaan khusus seseorang atau jati diri. Arti “nasional” menurut KBBI adalah bersifat kebangsaan atau berasal dari bangsa sendiri. Identitas bangsa Indonesia sebagai identitas nasional perlu semua warga negara Indonesia wajib mempertahankannya, salah satunya mahasiswa. Mahasiswa adalah agen perubahan bangsa karena mahasiswa adalah generasi muda calon penerus bangsa Indonesia. Maka dari itu sebagai mahasiswa harus sadar akan tanggung jawab kita untuk menjaga identitas bangsa Indonesia.

Identitas nasional bangsa Indonesia terbentuk dari berbagai nilai – nilai yang terkandung dalam setiap unsur nasional, yaitu setiap daerah di Indonesia. Identitas bangsa Indonesia yang seperti kita ketahui, yaitu :

  1. Bahasa nasional atau bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia.
  2. Bendera negara, yaitu Merah Putih.
  3. Lagu Kebangsaan, yaitu Indonesia Raya.
  4. Lambang negara, yaitu Garuda Pancasila.
  5. Semboyan negara, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.
  6. Dasar falsafah negara, yaitu Pancasila.
  7. Konstitusi negara, yaitu UUD 1945.
  8. Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat.
  9. Kebudayaan daerah yang telah diterima sebagai kebudayaan nasional.

Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik untuk bangsa, penting bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusinya ke lingkungan dan masyaraka. Peran mahasiswa dalam masyarakat, yaitu :

  1. Agent of Change (Agen Perubahan). Diharapkan mahasiswa membawa perubahan ke arah yang lebih baik, jika terdapat kesalahan dalam birokrasi negara kita maka mahasiswa sebagai generasi penerus dapat meluruskan kesalahan tersebut, hal ini dapat dilakukan secara intelektual maupun aksi nyata.
  2. Guardian of Value (Penjaga Nilai – Nilai). Peran mahasiswa dalam Guardian of Value yaitu menjaga dan mempertahankan nilai – nilai baik yang ada di masyarakat, contoh nilai – nilai yaitu nilai gotong royong, kejujuran, tanggung jawab, kepedulian dan lain – lain.
  3. Iron Stock. Menjadi generasi penerus bangsa tentunya tidak lepas dengan akhlak dan kepribadian, untuk bertingkah laku dan memutuskan sebuah keputusan tentunya didasarkan oleh hati nurani
  4. Moral Force (Penjaga Moral). Sebagai mahasiswa perlu menanamkan pada diri karakter yang baik. Sebagai penerus bangsa yang berkualitas tidak cukup hanya cerdas intelektual saja, namun juga perlu baik dalam moral dan tingkah laku.
  5. Social Control (Pengontrol Kehidupan Sosial). Mahasiswa juga memiliki peranan dalam mengontrol kondisi masyarakat agar tetap ideal dan seimbang. Mahasiswa berhak mengutarakan kritik, saran atau masukan yang bersifat membangun untuk bangsa

Sebagai mahasiswa hal yang dapat dilakukan sebagai warna negara untuk turut serta dalam mempertahankan identitas bangsa Indonesia, yaitu :

  1. Mempertahankan moral sesuai dengan falsafah negara yaitu Pancasila. Setiap mahasiswa perlu membawa dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum ke masyarakat, untuk diterima di masyarakat sebagai mahasiswa kita harus memiliki wawasan dan moral yang baik, selain diterima di masyarakat manfaat yang dapat diperoleh yaitu bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sekitar dan menunjukkan sebagai warga negara Indonesia yang bangga dengan moral yang baik.
  2. Melestarikan kebudayaan daerah yang masih berkembang maupun yang telah diterima sebagai kebudayaan nasional. Mahasiswa adalah generasi penerus yang nantinya akan mengajarkan kebudayaan pada generasi yang lebih muda, jika kita tidak melestarikan kebudayaan maka kebudayaan tersebut dapat punah atau bahkan diklaim oleh bangsa lain. Sebagai warga negara juga penting bagi kita mempertahankan aset bangsa yang telah diturunkan oleh para leluhur kita, kebudayaan adalah hasil karya dan pemikiran generasi sebelumnya maka dari itu sudah seharusnya kita melestarikan kebudayaan sebagai wujud penghargaan dan apresiasi.
  3. Peka terhadap lingkungan sekitar sebagai perwujudan Bhineka Tunggal Ika. Sebagai mahasiswa tentunya tidak lepas dengan adanya elemen lingkungan sekitar, Mahasiswa sebagai pemuda – pemudi dibesarkan oleh lingkungan dan nanti akan kembali bermanfaat ke lingkungan. Mahasiswa yang sedang mengasah keterampilan dan kemampuan tidaklah ilmu tersebut hanya digunakan untuk dirinya sendiri saja, namun kita harus membawa manfaat tersebut ke lingkungan sekitar.
  4. Menekuni kemampuan dalam bidang masing – masing untuk nantinya membawa perubahan pada bangsa kearah yang lebih baik. Selain itu dengan menekuni secara sungguh – sungguh kita sebagai mahasiswa juga bisa membawa eksistensi bangsa Indonesia di dunia internasional

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 50 − = 45