Strategi Promosi dan Optimasi Penjualan Menggunakan Fitur Facebook Marketplace

Saat ini memang sudah banyak baik para pelaku UMKM atau penjual pemula yang memanfaatkan marketplace sebagai tempat dan ajang promosi dagang. Dengan memfoto dan menggunggah nya di marketplace tersebut yang disertai kata pengantar atau orang lebih mengenal dengan caption. Maka para calon pembeli akan mulai tertarik dengan apa yang sedang mereka jual. Saat ini sudah cukup banyak aplikasi aplikasi marketplace yang bermunculan,.dari yang berwarna hijau sampai yang berwarna oranye. Namun terdapat salah satu marketplace yang cukup digandrungi dan terbukti efektif apabila dapat memanfaatkannya, khususnya bagi para penjual pemula. Facebook Marketplace, mungkin sebagian besar dari mereka sudah mengenal fitur ini. Terlebih lagi Facebook sendiri memang sudah ada sejak tahun pertama rilis 2004. Sudah banyak pelanggan dan penggunaan yang memanfaatkan Facebook baik untuk berbagi informasi atau sampai mempromosikan produk mereka. Maka dari itu buat kamu para pebisnis pemula yang biasanya hanya memiliki barang sedikit, wajib coba memanfaatkan fitur Facebook Marketplace. Berikut merupakan strategi promosi dan optimalisasi penjualan menggunakan fitur Facebook Marketplace.

1. Pahami semua fitur-fitur Facebook Marketplace

Untuk langkah awal kamu wajib tau nih sebenarnya fungsi dari tiap-tiap fitur di FB marketplace itu apa aja. Karena dengan kamu mengenali hal ini maka akan jauh lebih mudah menggunakannya. Serta optimalisasi penjualan dapat terlaksana dengan baik.

    2. Pahami pedoman komunitas

    Hal ini sangat sering sekali dialami tidak hanya dari para pengguna marketplace saja, tetapi juga para pengguna umum. Pada platform Facebook bisa dikatakan sangat ketat pengawasannya, apabila melanggar kode etik atau pedoman komunitas maka secara langsung akun kamu akan terblokir. Itulah yang sering menjadi keluh kesah para pengguna Facebook, dimana pemblokiran bisa hanya 30 hari, 3 bulan, bahkan pemblokiran permanen.

    3. Gunakan foto produk asli dan natural

    Sebagian besar penggunaan Facebook dan target marketnya itu orang dewasa dan orang tua. Mereka jauh lebih percaya apabila postingan yang digunakan itu menggunakan foto asli tidak di edit aneh aneh. Dengan foto yang natural akan meningkatkan kepercayaan dan hal ini berhubungan dengan psikologi seorang pembeli. Maka harus diperhatikan betul dalam penggunaan foto, tidak terlalu over editan dan tidak terlalu biasa. Tetap memegang teguh estetika tetapi tetap harus natural.

    4. Tulis caption sederhana (1 trik ampuh)

    Kebiasaan dan psikologis orang Indonesia itu tidak terlalu suka membaca bacaan terlalu panjang, maka dari itu kamu harus membuat caption atau deskripsi penjualan yang sikat padat dan jelas. Ada satu trik dalam penulisan caption agar postingan kamu rame, yaitu deskripsi jangan terlalu lengkap. Misalnya tidak ada keterangan lokasi/no wa/ukuran/dll, jadi tulis deskripsi yang menurut kamu wajib namun jangan terlalu lengkap. Hal ini bertujuan untuk memancing atensi para calon pembeli, apabila mereka tertarik maka akan  di postingan  dan hal tersebut memunculkan diskusi. Apabila diskusi tersebut banyak maka akan memancing para calon pembeli lainnya untuk bertanya juga di postingan kamu.

    5. Buat lebih dari 1 postingan

    Cara ini berhubungan dengan sebab akibat, apabila postingan kamu di marketplace itu lebih dari 1 walaupun barang yang sama maka kefektifan nya juga akan semakin tinggi. Setiap jeda 12 jam sekali atau mungkin 1 hari sekali, kamu bisa buat postingan baru namun harus dengan foto yang berbeda walaupun produknya sama. Hal ini bertujuan untuk menghindari duplikasi postingan. Semakin banyak postingan kamu, semakin banyak pula orang yang tertarik dengan produk kamu.

    6. Atur dan paham wilayah penjualan

    Pada fitur ini masih berkaitan dengan poin ke 5 yaitu tentang buat lebih dari 1 postingan. Dimana ketika membuat postingan baru, kamu bisa memanfaatkan fitur Facebook yaitu jangkauan atau penempatan lokasi promosi. Misalnya postingan pertama kamu menyempatkan di Semarang Barat, maka di postingan ke 2 maka kamu harus menempatkan ke Semarang Utara atau daerah lain. Sehingga calon pembeli mu tidak hanya di wilayah A saja, tetapi juga wilayah lainnya.

    7. Sebar postingan marketplace ke grup Facebook

    Facebook Marketplace menyediakan fitur dimana ketika seseorang telah mengunggah postingan promosi di marketplace, maka dapat langsung di teruskan di grup Facebook seperti grup komunitas, grup kota, grup lapak, grup jual beli, dll. Maka dari itu tidak hanya menjangkau di marketplace saja, tetapi juga para pengguna grup lainnya.

    Itu tadi merupakan strategi promosi dan optimalisasi penjualan menggunakan fitur Facebook Marketplace. Untuk keterangan lebih lanjutnya, kamu bisa mengunjungi dan melihat video dibawah ini untuk mengetahui gambaran secara langsung pengguna Facebook Marketplace.

    Nama: Riven Akbar

    NIM: 1201421054

    UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

    You may also like...

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Captcha 17 − 10 =