DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL TIKTOK BAGI MASYARAKAT DAN ANAK DI BAWAH UMUR


DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL TIKTOK BAGI MASYARAKAT DAN ANAK DI BAWAH UMUR

Samuel Adhi Nugroho
Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang
Email:samueladhi94@gmail.com

Abstrak
Di jaman sekarang ini manusia tidak bisa dipisahkan oleh teknologi yang banyak membantu manusia untuk melakukan kegiata. Salah satu teknologi yang hadir untuk membantu manusia adalah media sosial yang membantu manusia untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Aplikasi tiktok merupakan salah satu contoh dari media sosial. Namun kemunculan aplikasi tiktok memberika banyak dampak negatif pada masyarakat, satunya adalah dapat merusak generasi muda dan mendorong masyarakat untuk malas bekerja.
Kata kunci : media sosial, tiktok
Abstract
In this day and age, humans cannot be separated by technology which helps humans to carry out activities. One of the technologies that are present to help humans is social media which helps humans to interact and socialize. The tiktok application is an example of social media. However, the emergence of the Tiktok application has many negative impacts on society, one of which is that it can damage the younger generation and encourage people to be lazy to work.
Keryword : social media, tiktok

A. Pendahuluan
Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis. Teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Berbagai macam media untuk berkomunikasi pun hadir untuk memudahkan manusia berinteraksi. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, hal inilah yang melahirkan media sosial. Media sosial merupakan media online, yaitu media yang hanya ada dengan menggunakan internet dimana para penggunanya bisa menuangkan ide, mengekspresikan diri, dan menggunakan sesuai dengan kebutuhannya. Kehadiran media sosial memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasidan bersosialisasi.
Salah satu aplikasi di media sosial yang saat ini sedang booming dikalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa yaitu TikTok. Aplikasi Tik Tok telah berhasil menggabungkan aplikasi media sosial, messaging dengan teknologi berbagi video. Dengan boomingnya aplikasi tiktok memicu sikap narsisme, pada fitur live yang ada pengguna Tik Tok rela melakukan apapun untuk mengejar jumlah like dan gift, pengguna Tik Tok bertingkah laku anehBahkan, ada juga yang membuat Tik Tok di depan jenazah saudaranya sendiri. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mengejar jumlah like. Karena itu, sekarang banyak sekali postingan maupun meme di sosial media yang mengejek aplikasi ini serta penggunanya. Bahkan, beberapa orang memberi julukan kepada para pengguna Tik Tok dengan sebutan Generasi Perusak Moral Bangsa karena hampir para penggunanya sama sekali tidak mementingkan nilai moral dalam segala video yang mereka buat.

B. Metode Penelitian
Penelitian mengenai fenomena aplikasi video tiktok yang saat ini tengah mewabah di kalangan remaja dan anak-anak ini menggunakan metode eksploratif, dimana menurut Kultar Singh (2007) yang disebut dengan penelitian eksploratif adalah penelitian yang berupaya memaparkan atau menggambarkan fenomena dimana peneliti belum memiliki arah atau peta penjelasan tentang fenomena yang dihadapinya.
Metode analisis penelitian ini yang digunakan adalah analisis studi kasus berdasarkan metode, data, dan triangulasi sumber. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui penelitian dokumen dan penelitian lapangan berupa obsevasi dan wawancara.

C. Pembahasan
Kehidupan manusia pada masa sekarang ini tidak dapat dipisahkan dengan teknologi dan media sosial. Tiktok merupakan aplikasi yang booming dan viral dalam beberapa waktu terakhir. Banyak masyarakat yang mendownload dan menggunakan aplikasi tiktok untuk mencari hiburan dengan menonton dan membuat video. Pengguna aplikasi tiktok saat ini tidak hanya berasal dari masyarakat biasa saja bahkan Para artis dan Youtuber sekalipun juga berbondong-bondong menggunakan aplikasi tiktok.
Tik Tok merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai macam special effect yang unik dan menarik. Fitur tersebut bisa digunakan oleh semua para pengguna Tik Tok dengan sangat mudah ketika membuat video pendek. Jadi, Tik Tok merupakan aplikasi yang menambahkan efek terhadap video pendek yang dibuat. Selain itu, aplikasi Tik Tok juga sudah mendapatkan berbagai dukungan musik dari berbagai penyanyi di seluruh dunia. Para pengguna bisa membuat video yang disertai dengan tarian maupun gaya bebas sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Tik Tok memang secara tidak langsung mendorong kreatifitas pengguna untuk membuat video semenarik dan seunik mungkin dengan memanfaatkan fitur yang ada.
Namun di samping dampak positif yang diberikan oleh aplikasi tiktok kepada masyarakat terdapat juga dampak negative yang diberikan. Seperti pada media sosial yang lain, aplikasi tiktok memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin menggunakan aplikasi tersebut. Kita mengetahui bahwa aplikasi ini terdapat konten-konten yang mengandung kata-kata bahkan gambar yang tidak diperuntukan bagi anak-anak dibawah umur. Hal ini yang menjadi masalah ketika anak-anak di bawah umur tersebut dapat mengakses aplikasi tiktok dengan mudah. Kita mengetahui bahwa anak merupakan peniru yang handal, sehingga ketika dia melihat sesuatu dia akan dengan mudah memahami dan menirunya. Banyak kasus yang terjadi dimana anak-anak melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan oleh anak kecil seperti berkata kasar bahkan mengetahu mengetahui hal-hal berbau seksual yang di mana semua ini diketahui dari aplikasi tiktok. Sehingga sangat diperlukan peran orang tua untuk dapat mengawasi dan mengkontrol apa saja yang anak lihat di media sosial namun ini sangat sulit dilakukan di aplikasi tiktok karena video yang muncul terus berganti tanpa dapat di kontrol. Selain dampak negatif diatas terdapat dampak negative lain yang ditimbulkan. Salah satu dampak negatif yang timbul dan booming akhir-akhir ini disebabkan oleh fitur live yang terdapat pada aplikasi tiktok.
Pada awalnya fitur live pada aplikasi tiktok digunakan masyarakat untuk dapat berintraksi dengan masyarakat yang lain. Namun semua itu berubah ketika tiktok menyediakan imbalan berupa gift yang nantinya bisa ditukarkan menjadi uang. Hal tersebut mendorong orang-orang untuk live dan berusaha untuk menarik perhatian dengan konten-konten mereka agar mendapat banyak gift dari penonton seperti mandi lumpur dan mengikuti perintah dari penonton yang memberikan gift. Fenomena tersebut membuat banyak masyarakat malas untuk bekerja dan memilih melakukan konten-konten live tiktok yang tidak layak dan merupakan pembodohan.
Sehingga kemunculan aplikasi tiktok memang memberikan dampak positif bagi masyarakat, namun di sisi lain aplikasi tiktok juga memberikan banyak dampak negatif yang dapat membodohkan masyarakat.

D. Kesimpulan
Khadiran aplikasi tiktok pada awalnya memberikan dampak yang positif. Tiktok bisa menjadi saran untuk melepas penat dan menjadi alat untuk berinteraksi. Namun aplikasi tiktok yang mudah diakses oleh anakanak memberikan dampak negative dan ancaman serius bagi perkembangan anak-anak Indonesia. Fenomena live dengan pemberian gift pada TikTok jiga membuat tiktok dianggap aplikasi yang tidak bermanfaat lebih banyak pada dampak negatif yang ditimbulkan sehingga membuat seseorang menjadi narsisme untuk mengumpulkan gift dan mempengaruhi agar masyarakat yang membuat masyarakat malas untuk bekerja.

Daftar Pustaka
Damayanti, T. and Gemiharto, I., 2019. Kajian dampak negatif aplikasi berbagi video bagi anak-anak di bawah umur di Indonesia. Communication, 10(1), pp.1-15.
Batoebara, M.U., 2020. Aplikasi tik-tok seru-seruan atau kebodohan. Network Media, 3(2), pp.59-65.
Utami, W.D., 2017. PERAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU MENIRU (MODELING) ANAK DALAM KONSEP PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DI DESA BELANTI KECAMATAN SIRAH PULAU PADANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR.[SKRIPSI] (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).
Hasan, W.N., 2016. Inilah Dampak Negatif dari Maraknya Layanan Video Streaming.

Link Video: https://youtu.be/5CU9WyRTq1g






You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 46 − = 44