Pentingnya Literasi Digital di Dunia Pendidikan

                                                      

                Literasi digital merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai bentuk serta sumber yang sangat luas dan diakses melalui perangkat komputer. Karena di dunia pendidikan harus cepat beradaptasi dengan kecanggihan zaman, literasi digital telah menjadi salah satu komponen dalam lingkungan belajar dan akademis. Ada beberapa kemampuan literasi digital yang perlu diajarkan di sekolah, seperti information literacy, ethical use of digital resources, understanding digital footprints, protecting yourself online, handing digital communication, dan cyberbullying.

                Saat ini, banyak pelajar yang mengandalkan internet sebagai sumber informasi utama untuk sekolah. Itulah mengapa sangat penting untuk mengajari para pelajar mengevaluasi informasi tersebut untuk keakuratannya. Hal ini termasuk dalam information literacy. Ethical use of digital resources sendiri akan mengajarkan pelajar bahwa selain perlu mengutip informasi dari buku, pelajar juga perlu mengutip informasi secara daring. Understanding digital footprints akan memberikan kemampuan yang perlu diketahui pelajar untuk paham dengan jejak digital. Dengan banyaknya informasi yang tersedia secara daring, pelajar perlu memahami dasar-dasar keamanan internet tentunya. Dasar-dasar keamanan internet ini akan didapat dalam protecting yourself online.

                Kini, hampir seluruh pelajar dan tenaga pendidik menggunakan teknologi untuk berkomunikasi satu sama lain. Itulah mengapa harus diajarkan cara untuk berkomunikasi dengan aman dan tepat dalam handling digital communication. Yang terakhir adalah cyberbullying, siswa akan diajarkan untuk menggunakan teknologi dengan baik dan tidak menyalahgunakan teknologi untuk melecehkan dan menindas orang lain. Dari hal diatas dapat dilihat bahwa sepenting itulah untuk memberikan pengajaran mengenai literasi digital di bangku sekolah.

                Selain itu, literasi digital di sekolah mampu membuat pelajar dan tenaga pendidik memiliki kemampuan untuk mengakses, memahami, serta menggunakan media digital, alat komunikasi dan jaringannya. Upaya peningkatan kemampuan literasi digital memiliki tujuan untuk mengingkatkan kemampuan literasi digital dan membuat pelajar  terbiasa akan melakukan pencarian informasi yang valid dan akurat di internet. Mengingat terjadinya banyak penggunaan teknologi yang tidak bijak. Semakin canggihnya teknologi dan informasi, semakin banyak pula oknum yang tidak bertanggung jawab dengan informasi yang disebarkan.

                Dengan adanya pemahamaan dan penerapan literasi digital dalam dunia pendidikan, akan membuat pelajar dan tenaga pendidik dapat berpartisipasi di era dunia modern ini. Literasi digital akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis serta kreatif. Dengan begitu, akan tercipta generasi yang tidak akan mudah tertipu oleh informasi yang berbasis digital.

                Literasi digital memiliki dampak yang positif bagi pelajar untuk mempermudah mencari data dan informasi dari berbagai media. Dampak positif dari literasi digital diantaranya dapat membantu proses pembelajaran; dapat membedakan sumber-sumber belajar yang benar, signifikana dan dapat memberikan manfaat; dan untuk membuka peluang bagi tenaga pendidik agar lebih produktif dalam menciptakan media ajar digital.

                Selain hal di atas, literasi dalam dunia pendidikan juga memiliki beberapa manfaat, seperti memberikan wawasan dan motivasi bagi pelajar untuk mencari sumber referensi secara mandiri, membuat suasana pembelajaran menjadi interaktif, dapat mengingkatkan budaya baca yang positif, dan tentu saja sangat membantu kelancaran pembelajaran saat terjadi pandemi COVID-19.

                Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa literasi digital sangatlah penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Literasi digital bukan hanya membuat pelajar menjadi banyak membaca, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara bermedia dengan bijak. Dengan mengajarkan literasi digital di bangku sekolah, akan membuat pelajar terbiasa memahami dan menggunakan informasi yang benar, serta terhindar dari penipuan berbasis digital.

Link YouTube : https://youtu.be/T-EMFiBViLo

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 30 − 27 =