Peran Media Sosial Dalam Industri Pendidikan

Media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan We Are Social dan Hootsuite baru-baru ini, menyatakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki jumlah pengguna media sosial dengan angka yang cukup banyak yaitu mencapai 130 juta pengguna aktif yang menggunakan berbagai macam media sosial seperti instagram, twitter, facebook dan yang lainnya.

Di samping itu, berhubungan dengan perkembangan pengguna media sosial di Indonesia, hal tersebut juga sudah mempengaruhi pada lingkup pendidikan khususnya dalam pola pembelajaran. Di mana media sosial dilibatkan dengan metode elearning.

Penggunaan media sosial nyatanya juga bisa  memudahkan dalam prose pembelajaran. Lewat sosial media, para pelajar bisa lebih aktif, kreatif, dan mandiri. Sehingga kualitas pendidikanpun dapat lebih  ditingkatkan, terutama dalam segi pengetahuan maupun kualitas.

Sementara itu, cara menggunakan media sosial agar bisa semakin memicu kualitas para pelajar adalah dengan memanfaatkan berbagai macam kemudahan komunikasi serta informasi yang dimiliki oleh media yang berhubungan.

Beberapa media yang memang sudah banyak digunakan dan bisa menjadi salah satu pemicu kualitas pelajar dalam mendapatkan informasi adalah Instagram, twitter, youtube dan blog. Bila pemanfaatan media sosial tersebut dilakukan secara maksimal, bukan tidak mungkin hal tersebut lebih bisa meningkatkan kualitas dari ilmu tertentu atau informasi penting tertentu. Namun, tentunya harus  diikuti dengan minimalisir dampak negatifnya.

Beberapa manfaat media sosial dalam dunia pendidikan:

1. Media sosial sebagai saluran komunikasi

Komunikasi yang efektif tentunya dilakukan dengan memainkan peran utama antara siswa dan guru. Jika tidak terjadi komunikasi yang tepat, pengajaran dan pembelajaran akan menjadi sulit. Oleh karena itu, dengan adanya bantuan internet, siswa dapat terhubung dengan teman, kolega, teman sebaya, keluarga, dan juga guru. Hal itu membuat siswa menjadi peserta yang aktif daripada konsumen konten yang pasif.

2. Pembelajaran dan Jejaring Online

Lewatlah sudah hari-hari pembelajaran tradisional, karena media sosial dipromosikan hampir di semua situs web e-learning terkemuka. Sebagai pelajar, kita dapat mengambil kelas dari situs web e-learning dan mendiskusikan keraguan kita dengan menggunakan berbagai saluran media sosial seperti YouTube, Twitter, Instagram, dll.

3. Media sosial sebagai alat untuk memperluas jaringan pertemanan

Alat media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Media sosial telah menarik perhatian jutaan orang di seluruh dunia; hal yang sama dapat digunakan untuk menarik perhatian siswa pada kesempatan belajar yang disediakan oleh institusi akademiknya. Baik siswa dan guru, dapat berbagi sumber daya dan ide mereka di media sosial, terutama tampilan dari media sosial saat ini cenderung lebih menarik perhatian, khususnya di kalangan pelajar.

4. Untuk peningkatan kreativitas

Dengan adanya media sosial, siswa bisa lebih mengembangkan kemampuanya terutama dalam hal teknis dan sosial yang memang sangat dibutuhkan untuk menghadapi perkembangan di era digital saat ini. Siswa maupun guru dapat lebih menunjukan keterampilan dan mengekspresikan diri mereka di media sosial. Hal ini memungkinkan siswa untuk berekspresi dengan berbagai cara, seperti dengan memposting foto, blog, artikel, video, klip audio, dll. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi bakat mereka dan memberi mereka kesempatan di masa depan.

5. Alami eksposur global

Media sosial memungkinkan siswa berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia, bahkan mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang luar biasa jauh lebih banyak dari media sosial. Dari media sosial, mereka akan lebih mudah mengenal beragam budaya yang ada di dunia. Ini termasuk budaya, tradisi, bahasa, gaya hidup, makanan, kebiasaan, dll. Mereka pun akan menemukan bagaimana cara beradaptasi serta bersosialisasi bersama teman dekatnya melalui media sosial, disana juga akan terbentuk manajemen pertemanan yang semakin baik.

6. Media sosial sebagai platform kolaboratif

Manfaat lain dari media sosial adalah kolaborasi. Melalui kolaborasi, kita dapat bekerja sama secara intelektual dan sosial untuk mencapai banyak tujuan bersama. Siswa dapat menggunakan media sosial untuk mengumpulkan berbagi informasi, baik itu dari sumber internal maupun eksternal. Kita juga dapat membuat konten pembelajaran lebih banyak akibat kolarborasi tersebut..

7. Media sosial sebagai alat penelitian

Setiap siswa atau guru dapat dengan mudah menemukan bahan penelitian berotoritas tinggi juga bisa hanya dengan menggunakan media sosial untuk bahan pengajarannya. Kita bisa melakukan penelitian di Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube untuk menemukan materi yang relevan tentang topik apa pun yang terkait dengan bidang pendidikan kita. Kita bahkan juga dapat bergabung dengan berbagai grup pendidikan disemua media sosial tersebut.

8. Berhubungan dengan para ahli melalui media sosial

Ini adalah hal hebat tentang media sosial, kita bisa mempelajari tentang siapa ahli di bidang dan subjek tertentu. Jadi ketika kita mengikuti para ahli ini, kita bisa belajar lebih banyak dengan mendapatkan konten yang bermanfaat dari mereka. Ini adalah kesempatan yang baik bagi  untuk mendapatkan bantuan dari para ahli tentang suatu topik yang mungkin memerlukan bantuannya.

9. Media sosial sebagai alat pemasaran

Melalui media sosial, mahasiswa biasanya akan lebih mudah dalam mempromosikan festival dan kegiatan dari suatu perguruan tinggi. Ini dapat membantu kita memastikan siapa yang ikut berpartisipasi di perguruan tinggi tersebut. Kita  juga dapat mengiklankan karya seni dan kerajinan kita di platform ini. Bahkan juga merupakan platform yang bagus untuk penggalangan dana.

10. Membantu memperoleh pengetahuan yang lebih luas

Media sosial membantu untuk meningkatkan prestasi akademik siswa dan menambah pengetahuan mereka melalui pengumpulan data dan informasi. Setiap kali siswa diberi tugas, melalui berbagai platform online, mereka bisa  mengumpulkan informasi guna memenuhi pembuatan tugasnya.

11. Akses ke informasi

Ada banyak grup yang dapat diikuti oleh siswa dan guru melalui platform online yang terkait dengan program studi, demografi, lingkungan sekolah atau perguruan tinggi, dll. Kita dapat bergabung dengan grup di WhatsApp, Telegram, Twitter, dan lainnya untuk mengakses informasi berkualitas kapan pun kita mau dan butuhkan.

12. Mendorong metode pengajaran baru

Media sosial juga dapat digunakan sebagai platform pengajaran. Kita dapat mengunggah video pengajaran atau akademis di YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, dll. Hal ini membantu untuk mendidik siswa di seluruh dunia. Ini akan membantu kita mendapatkan pengakuan di seluruh dunia dan pelajar akan mendapatkan materi yang bervariasi dari banyak guru.

13. Meningkatkan pembelajaran mandiri pada siswa

Internet adalah jack dari semua perdagangan. Secara praktis, apa pun yang perlu kita ketahui dapat ditemukan secara online. Ini dapat berfungsi sebagai sumber pendidikan bagi siswa. Bahkan tanpa bantuan dari orang tua dan guru, siswa dapat mencari pelajaran untuk mereka sendiri secara online.

14. Berita dan Pembaruan

Saya tahu ada berbagai saluran berita, lalu mengapa perlu melihat berita dari media sosial? Siswa biasanya menonton berita di TV menghabiskan beberapa waktu di depannya, tetapi di media sosial, kita bisa mendapatkan pemberitahuan berita secara instan dan jika menurut kita berita tersebut menarik, kita dapat mengklik untuk melihat seluruh berita atau  dapat melewatinya. Hal ini akan menghemat waktu.

15. Peningkatan Kemampuan Literasi, Komunikasi, dan Membaca

Faktanya pelajar mudah bosan dengan membaca dan menulis. Namun, media sosial memberikan banyak informasi online yang cenderung dibaca pelajar. Pesan online, komentar, berita, artikel, dan eBook menawarkan daftar yang tidak ada habisnya untuk dibaca. Ini akan membantu mereka dalam belajar.

Kesimpulan!

Media sosial adalah platform pembelajaran online yang bagus untuk siswa. Kehidupan setiap orang berubah karena evaluasi media sosial. Kita dapat melihat bahwa 15 manfaat utama menggunakan media sosial dalam industri pendidikan akan membantu siswa untuk belajar dan mendapatkan informasi di seluruh dunia. Ini menawarkan lebih banyak kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Terdapat video pembahasan lebih lanjut yang dapat dilihat pada link berikut :

https://youtu.be/LfjNOfY1Dwc

Nama : Angel Marthasa Kurniarti

NIM : 5112422062

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 87 − = 84