Dampak Positif dan Negatif Era Digital Bagi Kehidupan Manusia

Kemajuan digital sudah maju sangat pesat di era ini, khususnya di bidang tekhnologi. Kita pada saat ini hidup di era industry 4.0 dimana tekhnologi sudah berkembang sangat pesat. Tekhnologi memiliki banyak pengarus positif bagi kehidupan manusia, namun juga selain itu memiliki dampak negatif, tergantung dari diri kita bagaimana menyikapi dan menerima masuknya era digital ini di kehidupan kita. Dengan adanya tekhnologi digital membuat masyarakat harus paham apa itu tekhnologi digital dan bagaimana menerimanya dalam kehidupan sehari-hari. Apa itu tekhnologi digital? Teknologi digital adalah suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, tetapi lebih pada sistem pengoprasian otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer(Teguh Setiadi, 2022). Di era ini kehidupan manusia tidak bisa jauh dari tekhnologi digital, karena pada zaman sekarang ini serba online dan mau tidak mau manusia tersebut harus menerima era digital ini. Adapun dampak positif dari era digital ini yaitu sebagai berikut:

1. Dapat mencari dan memperoleh informasi dengan mudah dan cepat

2. Semakin cepat dalam hal : berkomunikasi, mencari informasi, bepergian, dll

3. Dapat menghemat waktu, efisien, efektif

4. Sarana mendapat hiburan dengan mudah

Sekarang ini kita dapat memanfaatkan internet sebagai sumber informasi, jika kita ingin mencari informasi mengenai suatu hal kita bisa membuka internet dan mencari informasi melalui internet tersebut, selain dari internet juga bisa melalui media masa. Selain mencari informasi tekhnologi digital juga bermanfaat dalam berkomonikasi karena dengan adanya tekhnologi yang seperti sekarang ini berkomunikasi dan saling memberi kabar jadi lebih mudah dan juga lebih cepat di bandingkan dengan zaman dahulu jika ingin memberi kabar harus melalui surat yang bahkan sampainya juga membutuhkan waktu yang berhari-hari bahkan berbulan-bulan jika jaraknya jauh, hal tersebut sangat membantu dalam kehiudpan manusia pada zaman sekarang. selain itu dengan adanya tekhnologi seperti smarthphone yang juga dapat di manfaatkan sebagai sarana hiburan dan juga dapat digunakan sebagai kreasi dalam membuat konten sebagai sarana menghibur diri sendiri dan juga orang lain. Di era digital ini tekhnologi merupakan fokus utama karena banyak tekhnologi sekarang ini yang bermanfaat bagi manusia, bahkan di bidang pendidikan di sekarang ini juga menggunakan tekhnologi yang terbilang cukup canggih dan cukup membantu sistem pembelajaran. Misalnya saja pembelajaran sekarang ini sudah menggunakan smarthphone bisa menggunakan sistem zoom yang dimana sistem pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak harus di dalam kelas.

Selain dampak positif era digital terutama tekhnologi juga mempunyai dampak yang negatif bagi kehiudpan manusia, ada sekitar lima dampak negatif di era digital yang dirasakan masyarakat atau manusia yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya pelanggaran hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Dampak negatif dari era digital ini salah satunya yaitu pelanggaran hak cipta atau hak kekayaan intelektual yang telah dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan mencari keuntungan untuk dirinya sendiri dengan merugikan orang lain. Misalnya saja sekarang ini banyak oknum yang memperjual belikan karya orang lain tanpa seizin penciptanya contohnya yaitu pembajakan musik, pembajakan buku, pembajakan filem dan bahkan pembajakan media sosial yang telah digunakan sebagai media promosi atau sebagai media penyaluran bakat untuk berkarya. Hal tersebut juga termasuk dari dampak negatife di era digital bagi kehiudpan manusia.

  • Rendahnya ketersediaan lapangan pekerjaan

Dampak negatif dari era digital bagi kehidupan manusia yang selanjutnya yaitu rendahnya ketersediaan lapangan pekerjaan karena sekarang ini banyak industri-insudtri atau perusahaan-perusahaan telah menggunakan mesin yang cangggih yang dapat menggantikan pekerjaan manusia. Sekarang ini banyak robot-robot yang digunakan perusahaan untuk menggantikan pekerjaan manusia karena bagi perusahaan terutama perusahaan industry menggunakan tenaga robot lebih menguntungkan dari pada menggunakan jasa manusia. Karena robot tidak mempunyai rasa lelah dan tidak menuntut kenaikan gaji dan juga tidak meminta gaji sehingga hal tersebut membuat keuntungan perushaan semakin besar sehingga sekarang ini khususnya di negara jepang, china dan negara negara maju lainnya yang sudah menggunakan robot-robot untuk menggntikan tenaga manusia. Hal tersebut sangat mempengaruhi kehidupan manusia karena jika pekerjaan manusia dilakukan oleh robot maka manusia akan mengganggur dan tidak bisa mendapatkan pekerjaan

  • Munculya informasi-informasi digital yang tidak benar (hoax)

Dampak negatif yang selanjutnya yaitu adanya informasi-informasi yang tidak sesuai faktanya atau yang bisa disebut dengan istilah hoax. Sekarang ini banyak informasi-informasi hoax yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan berita berita yang membuat kegaduhan di masyarkat. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya literasi oleh masyarakat sehingga masyarakat mudah percaya dengan berita-berita hoax yang disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu kita sebagai warga masyarakat agar terhindar dari berita hoax kita harus mencari sumber informasi yang benar dan akurat dengan tidak mudah mempercayai berita-berita yang muncul tidak tau dari mana asalnya.

  • Adanya budaya males gerak (mager) karena adanya tekhnologi digital

Dampak negatif yang selanjutnya yaitu terciptanya budaya males gerak karena pada saat ini manusia tidak bisa lebas dengan adanya tekhnologi terutama tekhnologi gadget. Di tekhnologi gadget sekarang ini sudah tersedia berbagai platform yang membuat penggunanya menjadi kecanduan dan ketergantungan terhadap gadget sehingga terkadang membuat manusia tersebut lupa waktu karena gadget. Terutamanya bagi anak-anak yang kurangnya perhatian dari orang tua biasanya orang tua tersebut sibuk dan memberikan anaknya gadget sebagai hiburan, namun hal tersebut tidak baik karena akan mengakibatkan anak menjadi kecanduan gadget. Oleh karena itu kita harus bisa membatasi diri kita agar tidak ketergantungan dengan gadget terutama bagi anak-anak.

  • Adanya penipuan digital yang mengatas namakan orang lain.

Dampak negatif yang lainnya salah satunya yaitu adanya penipuan digital yang mengatasnamakan orang lain, biasanya penipuan ini bisa berupa penyalahgunaan data pribadi yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan kecanggihan tekhnologi biasanya disebut dengan cybercrime. Penipuan digital beragam bentuknya ada yang mengatasnamakan survey untuk mendapatkan data pribadinya, selain itu juga bisa dengan penipuan penjualan -penjualan online dengan cara memberikan diskon yang tinggi kepada korban, selain itu juga bisa dengan melalui transfer uang yang berasalan salah kirim transfer. Oleh karena itu kita sebagai manusia yang hidup di zaman digital yang termasuk sudah canggih ini kita harus berhati-hati dan pandai dalam memilah milah mana yang baik dan buruk bagi kita. Nah hal di atas merupakan dampak negatif dan juga dampak positif era digital bagi kehidupan manusia, memang di era digital ini banyak manfaatnya bagi kehiudpan manusia, namun kita juga harus tetap memilih mana yang harus di terima dan mana yang sebaiknya tidak diterima karena dunia digital saat ini sangat berpengaruh di kehidupan manusia, oleh karena itu kita harus bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita.  

berikut video penjelasan mengenai artikel ini:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 89 + = 93