Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Penjualan Produk UMKM

Media sosial di Indonesia mengalami kenaikan penggunaan terutama pada aplikasi Tik Tok yang diunduh hampir 1 miliar pengguna. Hampir semua kalangan pada saat ini memiliki aplikasi Tik Tok dalam gadget mereka masing-masing. Aplikasi asal China ini dibuat oleh perusahaan China ByteDance yang bergerak di bidang teknologi kecerdasan buatan dan memiliki reputasi global dalam mendistribusikan informasi melalui media atau produk elektronik. Menurut Head of User and Content Operation Tik Tok Indonesia, Angga Nugraha Putra menyebutkan bahwa terdapat lima konten yang paling populer diantaranya comedy, fashion and beauty, vlog, dan food (Praisra, 2019). Selain lima konten tersebut ada juga konten sport dan pet tetapi masih kalah populer.

Dalam media sosial Tik Tok ini dikenal dengan istilah FYP atau (For Your Page) yang mana FYP ini merupakan cara untuk memunculkan video Tik Tok yang telah kita buat ke beranda FYP Tik Tok orang lain. Karena banyaknya pengguna aplikasi Tik Tok pada saat ini, maka akan semakin mudah untuk video yang telah kita posting di Tik Tok untuk masuk ke beranda FYP Tik Tok orang lain. Oleh karena itu, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai media promosi bagi para pengusaha yang ingin mempromosikan produk usahanya. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara promosi dengan cepat, mudah dan murah.

Aplikasi Tik Tok ini sangat cocok sebagai media promosi bagi para pemilik usaha, terutama pengusaha UMKM yang baru merintis usaha mereka. Pengusaha UMKM tersebut dapat mempromosikan produk penjualan mereka dengan murah. Hanya dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet, pengusaha UMKM tersebut dapat mempromosikan produk penjualan mereka dengan mudah dan efektiv. Menurut website tokopedia, terdapat beberapa tips agar video promosi yang telah kita buat dapat masuk secara efektiv pada beranda FYP orang lain, antara lain:
1) Jangan Berpatok pada Kuantitas
2) Buat Konten yang Berkualitas
3) Buat Video dengan Durasi Pendek
4) Gunakan Sound yang Trending
5) Pakai Sound yang Followers Suka
6) Manfaatkan Hashtag dengan Tepat
7) Ikuti Tren Terkini
8) Berinteraksi dengan Followers
9) Gunakan Caption yang Menarik
10) Unggah Konten Saat Prime Time

Beberapa tips tersebut dapat diaplikasin bagi para pengusaha UMKM untuk mempromosikan produk mereka di Tik Tok agar video tersebut dapat masuk ke beranda FYP orang lain, sehingga akan banyak orang yang melihat dan tertarik terhadap produk UMKM tersebut. Terlebih lagi saat ini aplikasi Tik Tok menyediakan fitur Tik Tok shop yang mana fungsinya sama seperti e-commerce lain, namun lebih simple dan mudah diakses. Produk yang dijual di Tik Tok shop ini dapat diakses dengan mudah ketika pengguna sedang melihat beranda FYP Tik Tok mereka. Ketika pengguna melihat video promosi produk di beranda FYP mereka, maka ia dapat dengan mudah langsung mengklik logo keranjang kuning di bagian kiri bawah video produk tersebut, sehingga setelah itu ia dapat langsung berbelanja seperti berbelanja online di e-commerce pada umumnya. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan bagi para pengusaha UMKM untuk mempromosikan dan menjual produk mereka dengan mudah.

link youtube video penjelasan: https://youtu.be/KnEkGC9qQHk


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 82 + = 83