Peran Mahasiswa Dalam Menyikapi Literasi Digital

Revolusi adalah perubahan yang memiliki tujuan besar untuk membuat dunia lebih maju. Dunia mengalami hal tersebut pada rentang tahun 1750-1850 yang terbagi menjadi beberapa tahun dan beberaa bidang seperti bidang pertambangan, pertanian, manufaktur, trasnportasi hingga pendidikan yang hal itu disebut juga sebagai revolusi industri yang berdampak pada sektor sosial, ekonomi, dan budaya yang ada di dunia. Indonesia saat ini berada di era revolusi Industri 4.0 yang menjadikan industri digital sebagai acuan dalam menjalani kehidupan. Dalam Menghadapi era Revolusi Industri 4.0 diperlukan literasi baru karena literasi lama saat ini digunakan sebagai modal untuk kehidupan sosial. Literasi adalah kemampuan menulis dan membaca. Literasi juga berperan sangat penting dan harus diperhatikan dengan seksama secara individual karena literasi ini saling berkaitan dengan keterampilan individu dalam komunikasi, berpikir kritis, kolaborasi, kreatif dan inovatif. Ini adalah dukungan harus menjadi milik semua orang menjalani kehidupan yang lebih kompleks Masa depan.
Dunia pendidikan sebagai sektor penting pada proses belajar untuk penguatan pembangunan literasi digital yang lebih up tp date dan tidak hanya terfokus pada pengembangan keterampilan budaya kuno yang sudah ada sejak dahuu. Literasi terkini harus lebih memperkuat keterampilan di bidang ilmu dan soft skill yang dimana itu perlu untuk menjadu perubahan dan perkembangan penyelanggaraan pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi dengan efisiensi aktif di era industri 4.0.
Mahasiswa sekarang memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan revolusi industri 4.0 dan literasi digital di Indonesia. Perlunya mahasiswa mengetahui kebijakan data pribadi, seperti sistem akses terbuka yang dapat digunakan mahasiswa untuk melakukan penelitian, observasi dan mendorong penemuan yang bisa digunakan untuk kepentingan pembangunan masyarakat dan kelompok. Kelangsungan hidup di dunia dan juga industri 4.0 banyak bergantung pada data. Kemampuan mahasiswa membutuhkan penggunaan data untuk bahkan pengembangan diri pun bisa diterapkan pada penelitian dan penciptaan karya ilmiah. Mahasiswa berperan sebagai penghubung dalam penyampaian pendapat, saran dan kritik masyarakat kepada pemerintah. Saat ini peran mahasiswa sangat diperlukan di samping teknologi untuk Indonesia yang lebih maju dan lebih tinggi. Selain itu, mahasiswa menjadi harapan. bangsa untuk kemajuan dunia pendidikan berkat siswa dengan keterampilan pemahaman Literasi yang tinggi dapat menjadi penyalur ide atau kreativitas yang saat ini sangat diperlukan.


https://youtu.be/Rc0s4k8XAAU

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 95 − 93 =