Manfaat Live Streaming terhadap penjualan di TikTokshop

Dari tahun ke tahun penggunaan media sosial terus meningkat. Begitu juga dengan perkembangannya. Selalu ada inovasi-inovasi baru yang lebih bermanfaat bagi penggunanya. Banyak hal yang didapat melalui media sosial. Terlebih lagi dengan terjadinya pandemi covid-19 yang membuat masyarakat diwajibkan untuk dirumah saja oleh peraturan PPKM. Hal ini membuat kita banyak melakukan  aktivitas secara daring. Karena itu, mayarakat juga banyak membeli barang secara online.

Menurut M Ivan Mahdi dalam dataindonesia.id jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 191 juta orang pada Januari 2022. Jumlah itu naik 12,35% dibandingkan pada tahun sebelumnya. Dapat kita lihat juga di tahun 2021 pengguna TikTok meningkat dan banyak content creator bermunculan.


Pengguna aktif bulanan TikTok di Indonesia terbilang banyak yaitu 99,1 juta orang pada April  tahun 2022. Dimana jumlah tersebut menjadi urutan kedua terbesar setelah Amerika Serikat. Dalam platform itu, banyak orang yang menyalurkan hobinya. Mulai dari memasak, bernyanyi, melukis, memadukan outfit dan masih banyak yang lainnya. Semakin hari, fitur TikTok semakin berkembang, hingga adanya fitur untuk menjual barang.

Saat ini banyak pembeli yang tertarik dan berbelanja melalui TikTokshop. Selain mendapatkan gratis ongkir, pembeli juga tertarik karena adanya live streaming oleh penjual. Trend berbelanja di tiktok live shopping ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai toko untuk mempromosikan produknya. Apalagi bagi toko yang sedang berkembang, TikTok live streaming ini dapat memperkenalkan toko tersebut kepada pengguna TikTok yang luas dengan menampilkan live ke halaman fyp banyak orang. Dengan algoritma acak, siaran langsung para pedagang bisa muncul di beranda akun TikTok pengguna tanpa diminta ketika pengguna menyisir konten demi konten aplikasi tersebut.
Keuntungan lain dari menggunakan TikTok live streaming yaitu dapat menjangkau konsumen lebih luas. Algoritma tiktok ini nantinya akan menampilkan siaran langsung ke konsumen yang memiliki minat yang sama sehingga memperbesar kesempatan untuk meningkatkan jumlah penonton. Semakin banyak penonton live streaming maka kemungkinan produk terjual juga semakin meningkat.

Live streaming juga dapat menambah jumlah pengikut Tiktok. Dengan melakukan tiktok live shopping secara rutin, peluang penjual untuk dikenal oleh pengguna tiktok  semakin meningkat yang nantinya akan membuat akun tiktok penjual menjadi lebih terkenal. Seringnya live dan semakin banyak penonton maka memungkinkan live streaming masuk ke halaman fyp. Ketika sudah menonton dan tertarik dengan produk yang ditawarkan dalam live, maka penonton akan terdorong untuk memfollow. Banyak juga penjual yang sering mengingatkan para penonton live untuk tidak lupa memfollownya. Contohnya seperti kalimat berikut. “ Ayo kak dibantu tap tap layarnya… jangan lupa juga untuk follow akun kita ya… supaya kaka bisa mendapatkan notifikasi saat kita live dan tentunya bisa mendapat harga termurah dalam produk kami..”. Ketika dimotivasi untuk memfollow apalagi dengan alasan agar mendapat harga termurah, pastinya penonton akan langsung tertarik untuk memfollow. Akhirnya pengikut akun toko tersebut meningkat.

Selain menambah pengikut, live streaming dapat meningkatkan hubungan dengan pengikut. Tentunya penjual sudah membuat beberapa konten vidio yang diunggah di tiktok. Konten tersebut pastinya memunculkan banyak komentar dari para pengikut dengan berbagai komentar dan pertanyaan. Pertanyaan dan komentar tersebut tentu tidak semuanya bisa dibalas. Dengan adanya live streaming memungkinkan segala pertanyaan dari penonton dapat terjawab dengan jelas. Saat penjual melakukan tiktok live shopping maka penjual bisa melakukan interaksi langsung dengan pengikut sehingga bisa memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Itulah beberapa manfaat yang didapat saat menggunakan TikTok live streaming untuk penjualan.

sumber referensi:
Everything You Need to Know About Live Shopping on TikTok (influencermarketinghub.com)
https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 44 + = 51