Pemanfaatan Platfrom Digital sebagai Media Promosi Pariwisata Daerah

Perkembangan Informasi dan teknologi saat ini tidak terlepas dari pengaruh globalisasi. Teknologi menjadi sebuah candu baru, karena segala aktivitas manusia bahkan secara keseluruhan selalu mengkaitkannya dengan teknologi. Oleh karena itu, teknologi menjadi salah satu hal yang paling terpenting dalam siklus kehidupan.. Keuntungan bisa didapatkan jika pemanfaatannya dilakukan dengan baik. Berbanding dengan hal tersebut jika pemanfaatannya tidak dilakukan dengan maksimal maka akan menjadi boomerang dikemudian hari. Di era ketergantungan manusia dengan teknologi saat ini, pasti semua orang tidak asing lagi dengan yang namanya media sosial. Bahkan menurut Kominfo pengguna internet dan media sosial di Indonesia mencapai 141 Juta jiwa.


Dari data tersebut dapat kita lihat bagaimana teknologi berperan besar dalam menyasar sejumlah kelompok. Maka dari itu potensi pariwisata dapat kita kembangkan dalam kasus ini. Semakin banyak orang yang menggunakan media sosial ,maka semakin banyak pula peluang bagi kita untuk mempromosikan pariwisata daerah. Ketika sektor pariwisata berkembang maka akan mendatangkan banyak manfaat bagi industri lain. Namun yang menjadi pertanyaan kita sekarang , bagaimana cara dan startegi yang dapat kita lakukan dalam mempromusikan pariwisata daerah ?. Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan platform digital sebagai wadah promosi pariwisata, antara lain :


1. Optimalkan penggunaan media sosial
Setiap hari, manusia menghabiskan waktunya untuk membuka infomasi di media sosial, sekitar 8 jam atau bisa lebih. Disini kita dapat memanfaatkan hal tersebut untuk gencar mempromosikan pariwisata . Beberapa platfrom digital yang bisa digunakan adalah, Instagram, facebook, twitter, tik tok. Untuk itu pengelola harus bisa beradaptasi dan peka terhadap tren agar bisa dengan maksimalkan dapat memanfaatkan media sosial yang ada.


2. Membuat konten yang kreatif dan menarik
Untuk menarik perhatian wisatawan , usahakan membuat konten yang sedang tren , misalnya memperlihatkan keindahan, keunikan tempat di destinasi wisata tersebut. Dalam membuat konten usahakan jangan asal-asalan, informasi yang bermanfaat juga sangat diperlukan , seperti mengadakan promo, diskon, pembagian hadiah menarik secara berkala. Secara tidak langsung hal kecil yang dilakukan tadi bisa saja menimbulkan rasa penasaran dan ketertarikan .


3. Upload testimoni dari pengunjung lain
Testimoni atau kesan dari orang lain sangat penting untuk mempromosikan produk atau jasa kita termasuk promosi pariwisata. Teman-teman bisa memposting kesan dan cerita para pengunjung Ketika mengunjungi tempat pariwisata tadi. Testimoni dari para pengunjung dapat menjadi salah satu aspek terpenting dalam menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap calon wisatawan. Selain itu testimoni dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk apresiasi kita kepada para pengunjug yang telah berwisata di destinasi tersebut.


4. Menjalin relasi
Perlu kita tahu bahwa sektor pariwisata tidak dapat berjalan sendiri. Pariwisata sangat membutuhkan kalaborasi dengan sektor lainnya, agar dapat mendukung jalannya usaha tersebut. Untuk itu kita bisa membangun relasi dan mitra yang potensial agar dapat mengenalkan destinasi wisata kita, seperti menjalin hubungan dengan para infulencer terkenal, fotografer, travel vlogger, dan lain sebagainya.


5. Lakukan interaksi dengan para pengikut .
Cara lain yang dapat kita lakukan yaitu jalin interaksi dengan para pengikut atau followers di media sosial kita. Salah satu cara yang dapat dicontoh yaitu adakan kuis, pertanyaan yang seru dan menarik . dengan terjalinnya interkasi tersebut , maka akan menumbuhkan rasa kedekatan antar pelaku usaha dan calon pengnjung. Manfaat lain yang akan kita dapat kan jika hubungan itu telah terjalin yaitu, akan memudahkan kita untuk melakukan riset yang digunakan untuk memperbaiki pelayanan serta fasilitas yang ada.

Stategi dan penjelasan diatas merupakan salah satu cara kita untuk memanfaatkan sisi positif dari teknologi.Dalam menghadapi revolusi industry 4.0 tentunya keterampilan dalam mempromosikan pariwisata harus diberdayakan . Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memaksimalkan penggunaan internet dan platform digital salah satunya sebagai media branding atau promosi pariwisata. Semoga dengan adanya artikel ini dapat dalam mendukung dan mempercepat promosi dari pariwisata daerah di tempat kalian ya , gengs.


Link Youtobe : https://youtu.be/xi06ESrHkPw



You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 + 5 =