MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19

Apakah kalian tahu apa itu Sosial Media? Sosial Media adalah sebuah media yang digunakan untuk bersosialisasi antara satu dengan yang lainnya dengan dilakukan secara online atau maya yang memungkinkan setiap manusia untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Media sosial memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk membagikan konten yang di dalamnya terdapat foto, video, tulisan dan lain sebagainya.

Pada saat musim covid-19 seperti sekarang ini, berbagai kegiatan yang berada di luar rumah dialihkan untuk selalu berada di dalam rumah untuk sementara waktu, hal ini bertujuan untuk mengurangi angka covid-19 yang positif. Akan tetapi untuk sebenarnya bukan hanya kegiatan saja yang dihentikan, melainkan pembelajaran di sekolah maupun di kampus juga ikut dihentikan demi penyebaran covis-19 ini tidak merajalela.

Oleh karena itu, sebagai seseorang yang mementingkan pendidikan harus memiliki strategi yang tepat dalam menentukan sarana pembelajaran yang tepat karena segala sesuatu yang awalnya dilakukan dengan langsung atau tatap muka terpaksa dilakukan dengan maya yaitu dengan menggunakan sarana media sosial.

Berbagai sarana komunikasi yang diperlukan dalam pembelajaran akhirnya diperlukan dan dimanfaatkan secara optimal agar tetap memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan lebih optimal bagi seluruhnya. Sehingga peningkatan dalam penggunaan media sosial juga ikut naik. Hal ini menjadikan peluang untuk memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran untuk masa kini dan masa yang akan datang.

Sebagai pengguna media sosial kita dapat berlatih untuk dapat belajar meningkatkan keterampilan dalam berbahasa, baik dalam berkomunikasi maupun dalam berinteraksi. Penggunaan media sosial memiliki dampak positif terhadap keterampilan seseorang apabila seseorang tersebut menggunakan sosial medianya dengan baik dan benar. Dengan bimbingan dan arahan yang baik sesuai dengan keterampilan yang dimiliki, seseorang akan selalu merasa terbantu dalam mengidentifikasi dan meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa melalui media sosial.

Penggunaan media pembelajaran terdapat dari berbagai alurnya. Seperti pengunggahan materi serta tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh siswa yang kemudian bisa dilanjutkan dengan diskusi antar satu dengan yang lainnya. Selain itu, dipaparkannya media sosial bagi siswa juga digunakan untuk mengenalkannya terhadap isu akan hoax yang ada di dalam masyarakat. Pembelajaran yang dilakukan secara daring ini diharapkannya meminimalisirkan efek negatif dari penggunaan media sosial.

Perkembangan iptek memberikan pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang Pendidikan. Kemendikbud memberikan kebijakan bahwa proses pembelajaran harus dilakukan dirumah, yakni melalui pembelajaran jarak jauh. Dalam proses pelaksanaannya, Pendidikan jarak jauh dibebaskan untuk menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran. Aktivitas pembelajaran kemudian banyak dilakukan dengan pembelajaran daring yang memanfaatkan menggunakan berbagai aplikasi, platform atau media sosial, misalnya whatsapp group, zoom cloud meeting, google classroom, google form, email. Hal tersebut dilakukan sebagai partisipasi untuk ikut aktif mencegah penyebaran covid-19.

Aplikasi tersebut sangat cocok bagi daring pemula karena pengoprasianya sangat simpel dan sangat mudah untuk diakses. Tidak semua aplikasi pembelajaran daring bisa dipakai begitu saja. Namun harus dengan pertimbangan sesuai kebutuhan antara guru dan siswa, kesesuaian terhadap materi dan metode yang akan diajarkan kepada muridnya. Kreatifitas merupakan kunci sukses dari seorang guru untuk dapat memotivasi muridnya supaya tetap semangat dalam belajar secara online.

Link YouTube: https://youtu.be/Esrqw5uhVqU

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 + 3 =