Mengikuti Perkembangan Inovasi Teknologi dengan Dompet Digital

Kehadiran perkembangan teknologi yang maju pada zaman sekarang ini, memudahkan untuk kita sebagai masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari terasa cepat dan efisien. Inovasi yang selalu muncul sebagai bagian dari perubahan yang labih mutakhir pada teknologi, pastinya membawa dampak pada berbagai bidang, salah satunya pada bidang perekonomian negara. pengaruh positif yang dibawa oleh kemajuan teknologi ialah pada transformasi atau perubahan dalam metode pembayaran. Pergeseran dalam sistem pembayaran tentu dapat dirasakan oleh banyak orang saat ini, dimana dengan kemajuan teknologi banyak orang yang beralih menggunakan sistem pembayaran elektronnik daripada pembayaran cash uang tunai maupun penggunaan kartu ATM, debet, kredit, maupun transfer ATM. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan dari pembayaran elektronik ini kebanyakan dari pengguna yang sudah melek digital maupun generasi millenial serta daerah perkotaan yang menjadi pusat dari suatu wilayah.

Dengan dukungan dari kemajuan teknologi, sistem pembayaran yang banyak digemari masyarakat sekarang adalah melalui dompet digital. Dompet digital merupakan suatu suguhan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dalam menyimpan data dan sebagai alat pembayaran yang memudahkan penggunaanya dalam bertransaksi. Adapun menurut Sitomorang (2011) menjelaskan dompet digital ialah suatu alat yang digunakan sebagai tempat menyimpan uang untuk digunakan dalam kegiatan transaksi online, seperti pembayaran untuk belanja barang maupun makanan online serta pemesanan tiket penerbangan  melalui bentuk akun yang terkindungi oleh sandi (dalam Angelica, Laurensi :2022).

Dompet digital sebagai salah satu bentuk dari financial technology, memiliki kegunaan dalam menympan uang secara digital yang kemudian dapat digunakan dalam melakukan kegiatan transaksi baik offline aupun online melalui QR code. Bukan saja sebagai alat pembayaran, dompet digital ini juga dapat digunakan sebagai alat verifikasi pada aktivitas jual beli. Seperti pada pemenuhan kriteria pada usia pembeli dimana dalam membeli suatu produk dilakukan terlebih dahulu verifikasi usia.

Dalam perkembangannya banyak dompet digital yang kita temui di kehidupan sehari-hari, antara lain ShopeePay, OVO, GoPay, DANA, Sakuku dan masih banyak lagi. Penggunaan dari dompet digital di Indonesia berada pada tahap semakin tinggi, hal ini berdasar pada faktor setelah adanya pandemi Covid-19 yang mana banyak aktivitas hanya dilakukan secara daring atau online.seperti pada ulasan dataindonesia yang berdasarkan dari hasil survei Jakpat yaitu terdapat 52% responden Indonesia yang menggunakan layanan pembayaran digital pada semester I/2022. Yang mana bila dihitung presentase di tahun ini lebih tinggi dibanding dengan setahun sebelumnya dengan jumlah 40%. Sebanyak 94% responden yang menggunakan dompet digital untuk melakukan pembayaran digital, 54% lainnya menggunakan layanan perbankan bergerakatau mobike banking. Dan lainnya, sebanyak 48% responden menggunakan keduanya.

Untuk dapat menggunakan dompet digital ini, perlu bagi masyarakat untuk dapat membuat akun dompet digital yang secara umum dapat dilakukan dengan cara, yaitu

  1. Mengunduh aplikasi dompet digital yang ingin digunakan.
  2. Menyiapkan alamat email dan nomor ponsel pribadi yang aktif sebagai tempat tujuan informasi pelayanan nantinya.
  3. Memasukkan data pribadi yang berupa nama lengkap, alamat, nomor ponsel, email dan lain sebagainya.
  4. Kemudian klik daftar dan dapatkan kode OTP yang telah dikirimkan oleh pihak dompet digital dan kemudian lakukan verifikasi.

Jika dalam membuat sebuah akun dompet digital berhasil, maka dapt dikatakan bahwa akun tersebut dapat digunakan untuk berbagai transaksi.

Hadirnya dompet digital sebagai alat pembayaran secara online pastinya memiliki kelebihan tersendiri sebagai keuntungan para pengguna dalam menggunakan dompet digital, antara lain.

  • Cepat dalam bertransaksi

Penggunaan dompet digital dalam melakukan proses transaksi relatif lebih cepat dibandingkan daripada penggunaan mata uang koin atau kertas. Proses pembayaran yang disediakan hanya dengan melakukan pemindaian pada barcode yang telah disediakan, tanpa harus mengeluarkan uang dalam bentuk fisik untuk melakukan pembayaran dan kemudian harus menunggu kembalian dari hasil belanja.

  • Terhindar dari uang palsu

Dengan menggunakan dompet digital secara langsung akan menghindari pengguna dari pemalsuan uang tunai serta dompet digital ini berfungsi pula untuk mengurangi adanya peredaran uang palsu. Karena pada setiap transaksi yang dilakukan, pengguna tidak akan memikirkan untuk memberikan uang kembalian, hal ini disebabkan nominal yang telah ditransaksikan akan sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Aman dalam bertransaksi

Keamanan dalam melakukan kegiatan transaksi terjamin karena adanya pencegahan yang dilakukan sebelum membuat akun dompet digital yaitu dengan melakukan verifikasi data dengan identitas yang benar. Yang mana setelah itu, dilakukannya pengaktifan fitur keamanan yang harus dilakukan pengguna, seperti verifikasi PIN< sidik jari, bahkan pemindaian wajah.

  • Penggunaan tidak terbatas pada tempat dan waktu

Dompet digital sebagai bagian dari kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan segala transaksi kapan saja dan dimana saja. Sebagai contoh untuk membayar tagihan, pembelian makanan atau minuman, hingga inventasi melalui dompet digital.

  • Terdapat riwayat transaksi

Melalui penggunaan dompet digital ini emudahkan para penggunanya untuk memantau pemasukan serta pengeluaran keuangan, dimana terdapat fitur yang akan memberikan rincian transaksi yang dilakukan dengan mudah dan jelas.

  • Menyuguhkan berbagai promo

Kerjasama antara dompet digital dengan merchant akan memberikan sebuah keuntungan bagi para penggunanya dalam bentuk penyediaan diskon atau promo. Hal ini akan menjadikan daya tarik bagi dompet digital dalam menarik perhatian pelanggan sehingga nantinya semakin banyak orang yang menggunakan dompet digital tersebut.

Selain dari kelebihan yang disajikan oleh penggunaan dompet digital untuk masyarakat terdapat pula kekurangan yang perlu untuk diperhaitkan sebelum menggunakan dompet digital, seperti

  1. Terdapat biaya transaksi

Tidak banyak dari dompet digital akan mebebankan biaya administrasi kepada setiap pengguna dalam melakukan setiap kegiatan transaksinya dan setiap dari dommpet digital ini memiliki nominal biaya trasaksi yang berbeda-beda.

  • Menimbulkan perilaku konsumtif

Dengan segala kemudahan yang dihadirkan dalam mempercepat kegiatan pembelajaan menjadikan sebuah perhatian bagi masyarakat yang menggunakan dompet digital dimana banyak dari orang akan susah dalam menahan diri untuk belanja dan mengatur pengeluaran, yang kemudian menyebabkan penggunanya daya konsumtifnya lebih tinggi dan boros dari sebelumnya.

  • Kesulitan dalam mencairkan saldo

Terdapat beberapa jenis dompet digital yang tidak menyediakan layanan dalam mencairkan saldonya. Yang mana tujuan dari pembuatan dompet digital dalam pengalokasian uang ini hanya untuk transaksi pembelanjaan.

Pada saat ini, penggunaan dari dompet digital menjadi jauh lebih luas dari sekedar transfer uang, cakupan lebih luas seperti dapat menggunakannya untuk membayar tagihan listrik, air, telepon, dan lainnya. Selain itu, dompet digital juga dapat digunakan untuk layanan lain seperti asuransi dan investasi. Diharapkan dalam berjalannya waktu dompet elektronik akan berkembang menjadi dompet pintar yang dapat menyimpan identitas pribadi seperti KTP, SIM, cryptocurrency, bahkan aset NFT. Selain itu, masih ada potensi besar yang bisa dimanfaatkan oleh dompet digital di masa depan, seperti IoT (Internet of Things), teknologi blockchain, AI (artificial intelligence) dan pengembangan Metaverse. Karena financial technology terus berkembang dengan sangat pesat dan menghadirkan berbagai macam inovasi yang bisa digunakan pengguna.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 2 = 1