Pemanfaatan Internet dalam Pengembangan Sektor Ekonomi

Oleh : Nasta Safira Ramadhina

Perkembangan teknologi yang pesat harus diimbangi dengan kesiapan dan kecakapan untuk memanfaatkan teknologi dalam kehidupan menuju lebih bermartabat. Saat ini, telepon pintar atau smartphone sudah menjadi barang yang lumrah dimiliki oleh hampir setiap individu apalagi di kalangan pemuda. Penggunaan smartphone yang didukung dengan jaringan internet semakin mempermudah berbagai keperluan dan komunikasi, gawai atau smartphone ini akan membuka banyak kesempatan di berbagai bidang jika dimanfaatkan dengan tepat. 

Tanggung jawab setiap individu akan kehidupannya sendiri merupakan sebuah kewajiban. Era digital sekarang ini menciptakan banyak individu yang mampu mewujudkan sebuah perubahan yang positif. Pemanfaatan teknologi dalam sektor ekonomi akan sangat membantu membuka lapangan pekerjaan untuk diri sendiri bahkan orang lain. Dilansir dari CNBC Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan angka pengangguran Indonesia 8,42 juta orang pada periode Agustus 2022. Sedangkan lapangan pekerjaan terbatas jumlahnya. Maka dari itu, teknologi yang semakin pesat perkembangannya dapat dimanfaatkan dengan baik dalam sektor ini.

Masyarakat Indonesia sekarang ini telah banyak yang beranjak menggunakan internet untuk proses jual beli. Penyebab beranjaknya masyarakat dari jual beli secara langsung ke tidak langsung ini dikarenakan banyak hal, salah satunya adalah transaksi menggunakan internet lebih mudah dan praktis digunakan. Banyak sekali marketplace tempat transaksi yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Kita hanya perlu membuka akun dan melakukan proses transaksi. Akan tetapi, sebenarnya proses jual beli di internet tidak semudah kelihatannya. Persaingan yang ketat akan terjadi, maka diperlukan kekreativitasan yang tinggi untuk mengatasi dan unggul dalam persaingan ini. 

Untuk memenangi persaingan yang ketat ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya seperti menyajikan kemasan yang lebih menarik. Anak muda merupakan pembeli marketplace yang paling banyak. Dengan memperhatikan kemasan produk tentunya akan lebih menarik perhatian atau bisa disebut juga eye catching untuk anak muda dan akan membuat produk lebih unggul. Menyajikan kemasan yang menarik ini contohnya dengan menggunakan packaging yang lebih berwarna-warni atau modern. 

Jumlah pengangguran di Indonesia bisa turun secara konsisten jika semua masyarakatnya berusaha untuk mengembangkan diri sendiri dengan kreatif. Pemanfaatan teknologi yang maksimal menjadi cara yang dapat diambil dan lebih efisien. Menciptakan lapangan kerja sendiri tidak akan lagi terlihat mustahil dengan bantuan teknologi maju ini. Bahkan pemanfaatan teknologi dalam sektor ekonomi yang serius akan dapat membantu banyak SDM yang lain.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 29 − 27 =