Pengaruh Wattpad Terhadap Peningkatan Minat Baca Generasi Muda Indonesia

Indonesia adalah negara berkembang dengan budaya membaca yang masih rendah. Rendahnya minat baca generasi muda dikarenakan dari kecil anak anak tidak dibiasakan untuk membaca. Orang tua lebih suka mengajarkan anaknya untuk bermain gadget ataupun menonton televisi. Orang tua juga segan menemani anak membaca buku dikarenakan sibuk dengan urusan masing masing. Dampaknya, anak akan terbiasa bermain gadget dan tidak suka membaca. Hal tersebut juga akan berdampak pada perkembangan anak. Anak akan banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget dari pada membaca. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka bagaimana masa depan generasi muda. Kita semua perlu membenahi dan terus memperbaiki agar budaya membaca terus meningkat. Ketika budaya membaca meningkat, maka pengetahuan yang di dapat juga semakin banyak dan luas. Kualitas pendidikan Indonesia akan meningkat pula. Generasi muda akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. SDM yang berkualitas tersebut akan mempermudah bangsa dalam mencapai tujuan nya, salah satunya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Berdasarkan data dari Organisation for Economic Co-Operation and Development (EOCD) pada tahun 2015 menyebutkan bahwa tingkat literasi  masyarakat Indonesia berada pada posisi  rangking ke 62 dari sebanyak 70 negara. Sementara, CCSU World’s Most Literate Nations pada Maret 2016 menyebutkan bahwa negara Indonesia berada pada urutan ke 60 dari 61 negara. Data ini menunjukan betapa rendahnya minat baca di Indonesia. Maka dari itu kita semua perlu memperbaiki daya minat baca generasi muda agar  memiliki budaya baca yang tinggi.

Membahas mengenai budaya membaca, perkembangannya tidak terlepas dari tekhnologi. Perkembangan tekhnologi yang cepat bagaikan dua sisi mata pisau. Dimana memiliki dampak positif dan dampak negative. Dampak negativenya adalah generasi muda akan semakin terlena dengan berbagai kemudahan yang ada. Generasi muda akan menghabiskan waktu untuk bermain gadget. Kalau tidak ada yang mengontrol hal ini, maka bisa sangat merugikan kita semua. Mau dibawa kemana masa depan bangsa kita. Disisi lain, tekhnologi membawa dampak positif. Sekarang kita bisa mengakses apapun dan dimanapun. Salah satunya yaitu adanya aplikasi Wattpad. Wattpad adalah aplikasi berasal dari Toronto,Kanada yang diluncurkan pada tahun 2006. Aplikasi ini digunakan untuk membaca dan menulis sebuah karya, seperti artikel, cerpen, puisi, novel, dan sebagainnya. Setiap orang yang mau mengakses Wattpad harus mempunyai akun terlebih dahulu.Berbagai jenis bacaan bisa kita akses disitu. Kita juga bisa menulis dan membagikannya kepada khalayak umum. Berbagai jenis genre sudah tersedia. Sekarang generasi muda banyak yang mengakses aplikasi tersebut, hanya sekedar membaca ataupun menulis. Bahkan bisa menghabiskan waktu berjam jam demi menyelesaikan satu judul cerita. Dampak posisif yang bisa didapat yaitu meningkatkan keinginan untuk membaca. Dan membacanya pun bisa dimanapun dan kapanpun.

Dengan banyaknya fitur yang ada pada Wattpad, praktik-praktik membaca dan menulis yang dilakukan menggunakan aplikasi ini dinilai sangat positif dibandingkan membaca di perpustakaan (Bal, 2018). Membaca cerita fiksi seperti yang ada pada aplikasi Wattpad, dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif pembaca, karena pembaca terdorong mengikuti alur penulis sehingga imajinasi pembaca juga akan tertarik untuk membayangkan suasana atau kejadian dalam cerita (Ayu, 2017). Kemudian, berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh alexa.com pada bulan Oktober 2019 mengenai peringkat atau ranking sebuah situs dihitung dari jumlah pengunjung situs tersebut, saat ini Wattpad berada di peringkat 547 di dunia. Artinya bahwa Wattpad menduduki peringkat  ke-547 sebagai sebuah situs dengan jumlah pengunjung terbanyak di dunia. Indonesia sendiri berada  diperingkat kedua sebagai pengunjung situs Wattpad terbanyak di dunia dengan persentase 6,9%. Dengan adanya fakta bahwa Indonesia  berada  diperingkat kedua sebagai pengunjung situs Wattpad terbanyak di dunia. Maka ini membuktikan bahwa Wattpad sangat berpengaruh terhadap minat baca di Indonesia.

 Daftar Pustaka

https://www.kompasiana.com/restiherlismayanti7099/60755c568ede4852eb1b18d2/pengaruh-wattpad-terhadap-minat-baca-di-indonesia

Sa’diyah, I., Kristi, R. A., & Tazkiyah, I. (2021, November). Korelasi Antara Aplikasi Komiku dan Wattpad dengan Minat Baca Masyarakat saat Pandemik. In Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara (Vol. 2, pp. 17-22).

Link Youtube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 57 = 62